Inilah Lima Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api yang Jarang Diketahui




Sahabat Saya Sekalian | Kamu semua tahu bukan, bahwa kereta api memerlukan lintasan untuk dapat melaju, dan pergi ke suatu tempat?. Tidak seperti mobil atau pun motor, yang memerlukan lintasan aspal untuk melaju, kereta api sendiri memelukan rel untuk melaju dan pergi ke suatu tempat.

Rel kereta api sendiri, merupakan sebuah lintasan yang khusus dipergunakan oleh kereta api untuk berjalan, tanpa terhalang oleh kendaraan yang lain. Sehingga kereta api ini, selayaknya sebuah kendaraan yang istimewa, karena tidak akan terhalang oleh adanya kemacetan atau pun antrian lainnya.

Namun pernahkah kamu memperhatikan rel kereta api?, biasanya rel kereta api dipenuhi oleh batu-batu kerikil dibawahnya, bukan?. Lalu apakah kegunaan kerikil-kerikil tersebut?. Berdasarkan hal tersebut pada kesempatan kali ini sahabat, kita akan bahas buat kamu sekalian, mengenai beberapa alasan utama rel kereta api selalu dipenuhi oleh batu kerikil

http://infosaya21.blogspot.co.id/2016/09/fungsi-kerikil-pada-rel-kereta-api.html

Tanpa membuang lebih banyak waktu lagi, kerena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tetang apa saja fungsi dari batu kerikil pada rek kereta api tersebut?. Berikut ini ulasannya :

- Bantalan Pemberat

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan bantalan pemberat rel kereta api, adalah bahwa batu kerikil dapat berfungsi sebagai alat pemberat. Tentunya, fungsi ini bermaksud agar rel kereta api tetap stabil. Dengan begitu, kereta api yang melintas diatasnya pun, dapat berjalan dengan baik dan stabil pula.

- Menyerap Getaran

Saat kereta api melintas, pastilah menghasilkan getaran atau goncangan yang cukup keras, yang merupakan hasil dari kesecapatan laju kereta api tersebut. Akan tetapi, goncangan yang dihasilkan kereta api tersebut dapat berkurang, karena adanya batu-batu kerikil di bawahnya. Sehingga berkat batu-batu kerikil tersebut, rel kereta api pun dapat awet dan tahan lama.

- Memperlancar Aliran Air Saat Hujan

Saat musim penghujan tiba, sering kali menimbulkan genangan air hujan dimana pun itu, seperti halnya di dalam rel kereta api. Akan tetapi, karena di dalam rel kereta api penuh dengan batu-batu kerikil, sehingga tidak akan ada genang air yang dihasilkan dari air hujan di dalam rel tersebut.

- Menghindari Pengikisan Tanah Maupun Erosi

Dengan lancarnya aliran air saat hujan turun, karena adanya batu-batu kerikil di dalam rel kereta api, sehingga dapat menghindarkan terjadinya pengikisan tanah maupun erosi di sekitar rel kereta api tersebut.

- Menghambat Tumbuhnya Rumput Liar

Rumput liar biasanya tumbuh dimana pun dan kapan pun, di tempat yang memiliki unsur tanah yang subur. Dengan adanya batu-batu kerikil akan menghambat tumbuhnya rumput-rumput liar, sehingga perjalanan kereta api pun tidak akan terganggu akibat tumbuhnya rumput-rumput liar di sekitar rel kereta api.

Itulah ulasan mengenai lima alasan rel kereta api selalu dipenuhi batu kerikil, sahabat sekalian. Bagi kamu yang biasa naik kendaraan umum seperti kereta api, jangan lupa berdo’a, selalu berhati-hati, serta periksa kembali barang bawaanmu sebelum turun. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: