Manfaat Mengkonsumsi Delapan Hingga Dua Belas Gelas Air Putih Setiap Hari




Sahabat Saya Sekalian | Kira-kira 60% hingga 70% tubuh manusia terdiri dari air, bahkan ada beberapa bagian atau organ dalam tubuh kita yang memiliki kadar air lebih dari segitu, seperti halnya Otak dan Darah. Dengan mengkonsumsi air yang kurang, tubuh kamu dapat dengan mudah terserang penyakit. 

Secara umum orang dewasa membutuhkan 8 hingga 12 gelas air putih setiap harinya untuk di konsumsi, untuk perkiraan berat badan, manusia membutuhkan air 1/2 once untuk setiap pound berat badan.

satu kg = 2,20462262 pound 
satu pound = 16 once"

Contohnya :
- berat badan 50kg, 16 x 50% =  delapan atau setara dengan delapan gelas setiap harinya 
- berat badan 60 kg, 16 x 60% = 9,6 atau setara dengan 10 gelas perharinya
- berat badan 70 kg, 16 x 70% = 11,2 atau kira-kira 11 gelas perharinya

Yang artinya kamu membutuhkan konsumsi air putih delapan hingga 12 gelas setiap harinya sesuai dengan berat badan yang kamu miliki.

Hal ini disebabkan karena setiap hari, tubuh kamu banyak mengeluarkan air melalui kulit yang disebut keringat, paru-paru, usus, dan ginjal. Air yang dikeluarkan oleh tubuh tersebut haruslah diganti agar tubuh kamu tidak mengalami dehidrasi.

http://infosaya21.blogspot.co.id/2016/09/manfaat-konsumi-delapan-gelas-air-putih.html

Ada beberapa tanda ketika tubuh kamu mengalami dehidrasi atau kurang cairan, diantaranya yaitu sakit kepala, kelelahan, pegal, air seni yang pekat, tidak tahan terhadap panas, serta mulut dan mata yang kering.

Sebaiknya jangan menunggu  hingga kamu merasa haus untuk minum, karena ketika kamu merasa haus tersebut kemungkinan besar tubuh kamu telah mengalami dehidrasi ringan. Sebaiknya biasakanlah minum delapan hingga 12 gelas air putih setiap harinya, meski kamu tidak merasa haus bila konsumsi air putih masih kurang dengan ketentuan tersebut dalam sehari lebih baik kamu tetap minum untuk memenuhinya.

Selain semua itu apakah masih ada manfaat lain dari mengkonsumsi air putih sebanyak minimal delapan hingga 12 gelas setiap harinya?, nah untuk itu pada kesempatan kali ini sahabat, kita akan membahas untuk kamu sekalia mengenai manfaat mengkonsumsi air putih delapan hingga 12 gelas setiap harinya. Berikut ini ulasannya :

- Mengganti Cairan Tubuh Yang Hilang

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa dalam satu hari, banyak cairan dalam tubuh kamu yang terbuang. Seperti halnya melalui keringat, buang air kecil, buang air besar dan sebagainya. Untuk itu, minum air putih 8 hingga 12 gelas dalam satu hari sangat penting untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang terbuang tersebut.

- Memperlancar Sistem Pencernaan

Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari, yaitu sekitar 8 hingga 12 gelas dapat memperlancar pencernaan kamu. Terutama dapat mencegah penyakit maag dan juga sembelit. 

- Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Air dapat menjadi sarana mengeluarkan racun dalam tubuh. Air dapat menyerap racun yang melekat di setiap anggota tubuh dan mengeluarkannya bersamaan ketika kita buang air, dengan konsumsi air yang cukup setiap harinya membuat proses pembuangan pun menjadi lancar. 

- Memiliki Tubuh Ideal

Minum air putih yang cukup, tentu saja dapat mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu, minum air putih sekitar 8 hingga 12 gelas setiap harinya, merupakan salah satu cara yang sangat cocok untuk membantu proses penurunan berat badan kamu. Sehingga kamu dapat memiliki tubuh ideal. Tetapi dalam upaya menurunkan berat badan, sebaiknya kamu usahakan untuk minum air putih hangat.

- Kebahagiaan

Organ tubuh yang berfungsi dengan baik, hidup kamu yang lebih sehat, serta tubuh kamu yang ideal. Tentu saja akan berdampak pada timbulnya rasa bahagia yang akan kamu rasakan.

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai alasan kita harus minum air putih delapan hingga dua belas gelas setiap harinya, semoga kamu dapat memahaminya serta dapat menerapkannya dalam kehidupan kamu sehingga tubuh yang sehat akan kamu peroleh. Tetapi ingat, tetap tidak boleh berlebihan semua ada aturannya, karena bisa-bisa jika kamu berlebihan mengkonsumsi hal yang baik justru akan berbalik dan berakibat buruk. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: