Inilah Enam Perkara Yang Dapat Menghancurkan Karirmu




Sahabat Saya Sekalian | Di dunia ini, banyak sekali perkara yang dapat menghancurkan karir seseorang dengan sangat mudah, bahkan berlaku juga bagi mereka para pekerja keras. Kesalahan kecil sekali pun, bisa saja mengantarkan kamu pada sebuah konsekuensi terbilang cukup fatal, atau bahkan dapat berujung pada kehilangan pekerjaanmu.

Kita bisa menemukan contoh yang terbilang mengerikan, seperti halnya ketika Talia Jane membentak karyawannya, kemudian menjadi viral di internet. Terutama setelah Blistering Post, membuat sebuah tulisan yang mengkritik hal tersebut. Bahkan tidak ada yang terkejut, ketika mendapati Talia Jane tidak lama berselang, mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Tidak seperti Talia Jane, kebanyakan orang tetap mengalami kehancuran pada karirnya, meski dengan cara yang halus atau dengan cara yang kurang baik. Hal tersebut justru akan menorehkan rasa malu jika terjadi berulang kali.

Sebuah survey dari VitalSmart menemukan bahwa, 83% orang-orang mengenal seseorang yang pernah membuat kesalahan, dan berbuah bencana pada karir mereka, reputasi mereka, bahkan bisnis mereka. Dan 69% diantaranya mengaku bahwa tidak hanya orang lain, tetapi diri mereka sendiri pun pernah melakukan sesuatu, yang menyebabkan karir mereka hancur. Adapun diantaranya mereka mengaku hancur karena :

- 31% diantaranya mengatakan bahwa karir mereka hancur, akibat meminta adanya promosi, atau bahkan meminta kenaikan gaji.

- 27% diantaranya, mengatakan bahwa karir mereka hancur, akibat adanya pemutusan hubungan kerja.

- 11% sisanya, mengatakan bahwa karir mereka hancur, sebab reputasinya hancur akibat ulah dirinya sendiri.

Beberapa faktor berikut ini, memperlihatkan bagaimana kamu dapat menghancurkan karir sendiri, jika kamu tidak berhati-hati. Hal-hal yang kecil sekalipun, dapat membuat karir kamu bertahan, tetapi juga dapat mengakhirinya dalam waktu sekejap. Kabar baiknya, adalah bahwa jika kamu dapat menyadari hal-hal tersebut, maka kamu dapat mengontrol dengan baik sebelum mereka merusak karir kamu.

Berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas untuk kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa perkara yang dapat menghancurkan karir kamu. Tanpa membuang lebih banyak waktu lagi. Berikut ini ulasannya :

Inilah Enam Perkara Yang Dapat Menghancurkan Karirmu

- Terlalu Banyak Berjanji, Tanpa Ada Hasil

Jangan terlalu menjanjikan hal yang begitu besar kepada rekan-rekan kerja atau klien, terutama ketika kamu merasa bahwa kamu merupakan seorang pekerja keras, sehingga kamu percaya dapat menyelesaikannya dengan sempurna. Hal Tersebut dikarenakan, jika kamu menjanjikan sesuatu yang begitu besar, hal tersebut justru dapat membuat kamu terlihat buruk. 

Alasannya ialah ketika kamu menjanjikan sesuatu yang cukup besar, dengan tenggat waktu yang cukup cepat, namun pada akhirnya kamu terlambat dalam menyelesaikannya, orang yang telah kamu beri janji tersebut akan merasa kecewa kepadamu. Hal tersebut dapat terjadi, karena mereka pasti berharap besar, agar kamu dapat menyelesaikannya tepat pada waktunya. Pada akhirnya, kamu hanya membahayakan reputasi dirimu sendiri. 

Ini adalah salah satu situasi, yang memperlihatkan bahwa masalah persepsi atau kepercayaan, lebih utama dibandingkan dengan hasil. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu bersikap lebih realistis dalam pekerjaan kamu.

- Sombong

Keberhasilan merupakan hal yang bagus. Itu pastinya akan meningkatkan karir, serta kepercayaan diri kamu, dan rasanya pasti benar-benar menyenangkan. Akan tetapi, hal tersebut juga dapat menjadi sebuah bumerang untuk karir kamu. Terutama ketika keberhasilan tersebut, mengantarkan kamu pada rasa percaya diri yang terlalu tinggi, dan menyebabkan kamu menjadi seorang yang sombong.

Kamu mungkin akan mulai berpikir, bahwa keberhasilan akan bertahan untuk selamanya, dan kamu merupakan orang yang berhak untuk itu. Jangan pernah merasa puas dengan keberhasilan kamu tersebut, sekali kamu terjerumus pada kesombongan akan keberhasilan yang kamu raih tersebut, sebenarnya kamu sedang berjalan kearah kegagalan yang sangat menyakitkan.

- Berpikir Negatif

Terkadang ketika kamu sedang merasa terpuruk atau otak kamu sedang dipenuhi pikiran negatif, tanpa sadar hal tersebut juga dapat berdampak pada orang lain disekitarmu, meskipun kamu sebenarnya tidak berniat seperti itu sekali pun.

Orang-orang seperti itu, akan menyebarkan hawa negatif di lingkungan kerjanya. Biasanya hawa negatif tersebut menyebar, dengan cara sering mengeluhkan tentang pekerjaan, atau masalah-masalah yang rumit kepada orang lain. Kamu sebenarnya dipekerjakan, untuk membantu pekerjaan bos dan rekan-rekanmu di kantor, bukan justru menambah beban mereka.

- Menganggap Sepele Kesalahan Kecil

Kebanyakan orang menganggap bahwa, mereka hanya akan merusak karir yang mereka bangun, dengan melakukan kesalahan besar semata. Padahal, itu merupakan sebauh kesalahan. Karena pada kenyataannya, justru biasanya rusaknya karir seseorang bukan berdasarkan kesalahan besar semata, tetapi kesalahan kecil yang pernah dilakukannya pun menjadi sebuah pertimbangan.

- Menjilat Atasan

Banyak orang yang menganggap bahwa dengan menjilat sang bos, maka hal tersebut akan mempermudah karirnya untuk menanjak, meskipun pada kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Dalam hubungan, yang dibangun atas dasar saling menghargai, menjilat yang merupakan hal licik dan curang sebenarnya tidak diperlukan. 

Dengan adanya usaha menjilat bos, mungkin kamu akan membuat hubungan dengan bos kamu dapat terjalin, tetapi hal tersebut justru dapat merusak hubungan kamu dengan rekan-rekanmu. Adapun kuncinya ialah hubungan yang terjalin antara bos dan karyawannya dalam bekerja, harus berdasarkan rasa saling menghargai dan mempercayai, meskipun hal tersebut nantinya tidak menghasilkan apapun untuk jangka waktu yang dekat.

- Terjun Dalam Dunia Politik

Bekerja keras untuk membangun hubungan yang kuat, merupakan hal yang sangat berbeda, dengan membela salah satu sisi, menciptakan konflik, saling menjatuhkan, menyebarkan desas-desus, dan hal-hal lain. Biasanya hal semacam itu, berkaitan dengan dunia politik. Sekali lagi, bahwa hubungan kerja harus berdasarkan pada, saling percaya satu sama lain.

Itulah ulasan mengenai enam perkara yang dapat menghancurkan karir kamu, sahabat sekalian. Kita harus bisa bercermin, bukan hanya dari apa yang kita alami, tetapi juga dari apa yang orang lain alami. Maka pahamilah perkara-perkara tersebut diatas, bila suatu saat ada diantara perkara tersebut yang kamu rasa ada pada diri kamu, sebaiknya kamu secepatnya memperbaiki hal tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: