Delapan Fakta Menarik Seputar Mantan Pebasket Profesional Kobe Bryant




Sahabat Saya Sekalian | Kobe Bryant, yah bagi kamu yang merupakan NBA mania terutama penggemar LA Lakers, sudah pasti tidak asing dengan nama tersebut bukan?. Kobe Bryant, merupakan seorang pemain basket profesional Amerika, yang di akhir karirnya bermain untuk LA Lakers. 

Pria yang lahir pada 23 Agustus 1978 di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat ini, merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara, pasangan mantan pemain basket Philadelphia 76ers dan pelatih Los Angeles Sparks, yaitu Joe "Jellybean" Bryant, dengan Pamela Cox Bryant. 

Orang tua Bryant memberi nama 'Kobe', berasal dari menu daging asal Jepang, yang terkenal di sebuah restoran yang mereka lihat. Meskipun Bryant lahir di Amerika, ia sangat fasih berbahasa Italia dan Spanyol, karena ayahnya pernah mengajaknya pindah ke Italia setelah pensiun dari dunia bola basket. 

Darah basket yang mengalir di dalam tubuh seorang Kobe ini, membuatnya mengikuti jejak sang ayah. Ia kemudian menjadi pemain bola basket, dimana ia mengawali kariernya sebagai pemain basket sekolah, di Lower Merion High School, Pennsylvania.

Pria yang memiliki julukan Black Mamba ini, pertama kali menjadi pemain profesional di NBA pada musim kompetisi 1996, dan telah membawa Los Angeles Lakers lima kali juara NBA. Selain itu, ada beberapa fakta yang patut kamu ketahui, seputar pemain basket profesional ini.

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta seputar mantan pebasket profesional Kobe Bryant, yang pada akhir karirnya membela klub basket La Lakers. Tanpa membuang lebih banyak waktu lagi. Berikut ini ulasannya :
- Karir Dan Prestasi Kobe Bryant

Salah satu prestasi individu Kobe Bryant adalah pada saat ia mencetak 81 angka, saat melawan Toronto Raptors pada tanggal 22 Januari 2006 yang merupakan angka kedua terbanyak dibawah Wilt Chamberlain dalam sejarah NBA yang dicetak dalam 1 pertandingan oleh seorang pemain. Wilt Chamberlain sendiri pernah mencetak 100 angka dalam 1 pertandingan.

- Penghargaan yang Pernah Diraih Kobe Bryant

Pemain basket profesional ini pernah meraih beberapa penghargaan diantaranya Juara NBA Slam Dunk Contest tahun 1997, 
- Gelar MPV NBA yang diraihnya pada musim 2007/2008, 
- Penghargaan MVP Final NBA pada tahun 2009 dan 2010, 
- Medali emas Olimpiade pada tahun 2008 dan 2012, 
- Leading scorer pada musim 2005/2006 dan 2006/2007, 
- Penghargaan MVP All-Star pada tahun 2002, 2007, 2009, dan 2011, 
- Gelar juara NBA yang diraih bersama LA Lakers pada tahun 2000 hingga 2002 dan 2009 hingga 2010, 
- Tujuh kali tampil di Final NBA: 2000-2002, 2004, 2008-2010,
- NBA Most Valuable Player: 2008,
- Tiga belas kali tampil di NBA All-Star: 1998, 2000-2011,
- Empat kali tampil di NBA All-Star Game MVP: 2002, 2007, 2009, 2011.

- Pemain Termuda NBA Yang Berhasil Melewati 30.000 Poin

Kobe Bryant menjadi pemain termuda sepanjang sejarah NBA yang mampu mencetak lebih dari 30.000 poin, pada saat mencapainya Bryant berusia 34 tahun 104 hari. Rekor ini memecahkan rekor Wilt Chamberlain sebagai pemain NBA termuda yang meraih 30.000 poin ketika usianya 36 tahun 164 hari.

- Catatan Sejarah Baru NBA Yang Ditorehkan Bryant

Kobe Bryant mencatatkan sejarah baru di kompetisi National Basketball Association  atau NBA. Shooting guard Los Angeles Lakers itu menjadi pemain pertama yang menorehkan 6.000 assist sepanjang sejarah NBA, serta mencatat 32.122 poin.

Rekor tersebut ditorehkan Bryant saat membawa LA Lakers menang atas Toronto Raptors 129-122 di Staples Center, Los Angeles, pada Minggu 30 November 2014 atau Senin pagi WIB. Bryant mencatat triple-double ke-20 sepanjang kariernya dalam pertandingan tersebut, dengan rincian 31 poin, 12 assist, dan 11 rebound.

Tambahan poin tersebut mencatatkan nama Bryant sebagai pemain produktif ke-2 setelah Michael Jordan yang mencatat 32.292 sepanjang kariernya. Rata-rata Kobe mencetak 26,4 poin setiap pertandingan.

- Kisah Cinta Kobe Bryant

Pada November 2009, Bryant yang masih berusia 21 tahun berpacaran dengan Vanessa Laine yang baru menginjak usia 17 tahun dan masih penjadi pelajar di Marina High School. Saat itu Laine juga bekerja sebagai seorang penari latar untuk Tha Eastsidaz. 

Mereka akhirnya menikah dua tahun kemudian tanpa adanya persetujuan dari orang tua Bryant. Orang tua Bryant menganggap Laine masihlah terlalu muda untuk dinikahi, terlebih dia bukanlah seorang Afro-Amerika. 

Kelahiran anak pertama Bryant pada 19 Januari 2003 yang bernama Natalia Diamante Bryant akhirnya dapat meluluhkan hati orang tua Bryant dan mereka pun akhirnya menerima Laine.

- Duet Nyanyi Kobe Bryant dan Jay Chou

Di luar kehidupan basketnya, Bryant pernah berkolaborasi bersama penyanyi asal Taiwan yaitu Jay Chou. Hasil penjualan dari lagu yang berjudul "The Heaven and Earth Challenge" tersebut digunakan untuk mengembangkan fasilitas dan peralatan basket. Bryant juga merupakan anggota resmi dari organisasi non-profit yang bergerak untuk membantu biaya sekolah anak-anak di Amerika.

- Penggemar FC Barcelona

Selain menyukai dunia olah raga bola basket, ternyata Bryant juga sangat menyukai olah raga sepak bola. Ia merupakan seorang penggemar klub sepak bola yang merupakan raksasa Spanyol FC Barcelona. 

Pada saat Barcelona menggelar latihan di StubHub Center, Los Angeles pada Senin tanggal 20 Juli 2015 lalu, Bryant pun datang untuk melihat sesi latihan tersebut dan berfoto dengan sejumlah pemain Barcelona serta 3 trofi raihan Barcelona musim sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bryant mengisyaratkan keinginannya untuk dapat diundang ke Camp Nou. Ia mengaku belum pernah sekali pun menonton pertandingan sepak bola di Camp Nou, Bryant juga menambahkan bahwa mantan rekan 1 timnya yaitu Pau Gasol selalu mengirimi dia pesan untuk berkunjung ke Camp Nou.

- Pertandingan Terakhir Kobe Bryant

Kobe Bryant mengakhiri karir bola basketnya, setelah bergelut dalam dunia bola basket selama kurang lebih 20 tahun. Dalam pertandingan terakhirnya, Bryant bermain dengan begitu mengagumkan. 

Dia berhasil mencetak 60 angka, untuk membantu LA Lakers kembali dalam permainannya secara dramatis dalam pertandingan melawan Utah Jazz di Los Angeles pada Rabu 13 April 2016 yang lalu atau Kamis pagi WIB.

Pertandingan tersebut pun berakhir dengan kemenangan LA Lakers atas Utah Jazz dengan angka akhir 101-96. Raihan 60 angka dalam pertandingan terakhirnya menjadikan Bryant sebagai pebasket pertama yang bisa mengemas lebih dari 30 poin pada laga terakhirnya menjelang pensiun.

Baca Juga : Tiga Kisah Unik Dari Sosok Muhammad Ali Yang Jarang Diketahui

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai delapan fakta menarik seputar Kobe Bryant, sang mantan megabintang dari LA Lakers. Fakta-fakta tersebut, semoga dapat menjadi sebuah inspirasi bagi kita, terutama bagi kamu yang begitu mencintai bola basket, untuk terus berjuang dalam menggapai cita-cita. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: