Inilah Enam Gunung Yang Memiliki Puncak Paling Tinggi Di Indonesia




Lorongperihal.id | Gunung merupakan sebuah gundukan tanah yang sangat besar dan tinggi, lebih besar dan lebih tinggi dari bukit. Yang termasuk kedalam golongan gunung, adalah gundukan tanah yang memiliki tinggi, mencapai lebih 600 meter diatas permukaan laut.  

Dan negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia ini, tentunya memiliki banyak sekali gunung-gunung, yang memiliki ketinggian terbilang cukup tinggi. Dimana kesemuanya, tersebar mulai dari Sabang hingga Merauke. 

Diantara gunung-gunung yang terdapat di Indonesia, Gunung Puncak Jaya yang terletak di Pulau Papua, merupakan Gunung tertinggi di Indonesia. Yang mana ketinggian dari gunung satu ini, mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Selain itu, Puncak Jaya juga termasuk salah satu dari tujuh Puncak Dunia, atau dikenal dengan istilah Seven Summits. 

Tidak hanya Puncak Jaya saja, tetapi beberapa gunung di Indonesia tercatat memiliki ketinggian, yang juga tidak kalah tingginya. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai gunung-gunung tertinggi di Indonesia. Tanpa membuang lebih banyak waktu lagi. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Lima Letusan Gunung Api Indonesia Terdahsyat Yang Pernah Tercatat

- Puncak Jaya Di Papua

Inilah Enam Gunung Yang Memiliki Puncak Paling Tinggi Di Indonesia

Puncak Jaya atau lebih dikenal dengan Cartensz Pyramid berada di kawasan pegunungan Jaya Wijaya, merupakan gunung karang (limestone), yang terdapat hamparan salju abadi dibeberapa daerah di pegunungan satu ini. 

Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut, untuk itu Indonesia patut berbangga diri karena Puncak Jaya termasuk kedalam seven summit atau tujuh puncak tertinggi di setiap benua di dunia. Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania.

- Puncak Mandala Di Papua

Inilah Enam Gunung Yang Memiliki Puncak Paling Tinggi Di Indonesia

Puncak Mandala memiliki ketinggian 4.760 meter di atas permukaan laut. Puncak Mandala ini masih terletak di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Pada masa penjajahan Belanda, gunung ini dikenal sebagai Julianatop atau Puncak Juliana.

- Gunung Kerinci Di Jambi

Inilah Enam Gunung Yang Memiliki Puncak Paling Tinggi Di Indonesia

Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang berada di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Pegunungan Bukit Barisan, Provinsi Jambi Pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, dan terletak sekitar 130 kilometer sebelah selatan Kota Padang. 

Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut, di sini pengunjung dapat melihat bentangan pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. 

Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, di belakangnya terdapat Gunung Tujuh dengan kawah yang sangat indah.

- Gunung Rinjani Di Nusa Tenggara Barat.

Inilah Enam Gunung Yang Memiliki Puncak Paling Tinggi Di Indonesia

Gunung Rinjani adalah gunung yang terletak di Pulau Lombok bagian Utara, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. 

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 hektar. Pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut terdapat kaldera yang membentuk danau Segara Anak. Di tengah-tengah terdapat gunung Barujari yang masih aktif.

- Gunung Semeru Di Jawa Timur

Inilah Enam Gunung Yang Memiliki Puncak Paling Tinggi Di Indonesia

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung Semeru termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan letaknya berdekatan dengan Gunung Bromo. 

Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Gunung ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik bagi para pendaki, yaitu letusan vulkanis setiap 10 menit yang menyembur dari kawah Jonggring Saloko. Selain itu dipertengahan jalur pendakian terdapat danau Ranu Kumbolo dengan luas sekitar 5 hektar yang memberi kesan tersendiri bagi pendaki Semeru.

- Gunung Slamet Di Jawa Tengah

Inilah Enam Gunung Yang Memiliki Puncak Paling Tinggi Di Indonesia

Gunung Slamet memiliki ketinggian mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut, gunung ini merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di Pulau Jawa. Gunung Semeru berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. 

Gunung Slamet ini adalah gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah serta gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Di kaki Gunung Slamet terdapat kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Purwokerto.

Baca Juga : Inilah Tujuh Objek Wisata Pantai Paling Indah Di Indonesia

Itulah ulasan mengenai enam gunung tertinggi di Indonesia, sahabat sekalian. Buat kamu yang suka sekali naik gunung, mungkin bisa jadi referensi pendakian selanjutnya. Namun ingat, bila kamu berencana untuk mendaki gunung manapun itu, tetap jaga kebersihan di sana oke. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: