Bersihkan Telinga Dengan Lima Metode Paling Baik Berikut




Sahabat Saya Sekalian | Kamu pasti sudah tahu, bahwa telinga merupakan salah satu organ vital dari sistem sensori, yang ada pada tubuh manusia. Telinga sendiri, ialah organ pendengaran yang bertanggung jawab, sebagai indera untuk mendengar atau menangkap suara. Fungsi utama telinga sendiri, ialah untuk menerima gelombang suara, dan mengirimkannya ke otak manusia. 

Melalui cara inilah, kamu dapat mendeteksi dan menginterpretasikan, jenis-jenis suara yang berbeda-beda. Selain berfungsi sebagai organ pendengaran, telinga juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuhmu. Lalu pernahkah kamu mengalami gatal di telingamu, yang membuat kamu ingin sekali menggaruk, serta membersihkannya?. 

Namun tahukah kamu, bahwa terlalu sering membersihkan telinga, merupakan hal yang tidak baik untuk kesehatan telingamu?. Hal tersebut karena, ditakutkan akan menyebabkan luka dan infeksi, di dalam telinga. Terlalu sering membersihkan telinga saja, merupakan hal yang tidak baik. Terlebih lagi apabila kamu membersihkannya dengan metode yang kurang benar. 

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa metode paling baik tuk bersihkan telinga. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena kamu juga sepertinya sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang metode-metode seperti apa yang dimaksud. Berikut ini ulasannya : 

- Bersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud

Bersihkan Telinga Dengan Lima Metode Paling Baik Berikut

Cara membersihkan telinga yang pertama, yaitu dengan menggunakan cotton bud. Selain mudah didapat, cotton bud juga terbuat dari bahan kapas yang lunak, serta steril. Namun sebaiknya kamu menggunakan cotton bud, yang memiliki ukuran diameter kecil, sehingga mudah masuk ke dalam telinga. Selain itu, tidak mudah mencederai telingamu. Usahakan, untuk membersihkan dinding bagian luarnya, serta bagian leher telinga saja.

- Bersihkan Telingan Menggunakan Baby Oil

Bersihkan Telinga Dengan Lima Metode Paling Baik Berikut

Sering kali, terdapat bagian kasar seperti tumpukan kulit mati, pada daun telinga. Bagian itu biasanya terasa keras, dan bila dipaksa untuk dibersihkan, akan tersa sakit akibat lecet. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk membersihkan tumpukan sel kulit mati, dan kotoran yang menempel di daun telinga itu gunakanlah baby oil

Baby oil yang lembut, akan membuat kulit tidak mengalami luka lecet, yang berlebihan. Kamu juga bisa menggunakan minyak kayu putih, namun akan terasa panas saat dipakai. Selain itu, kamu bisa meneteskan baby oil ke dalam telinga sebanyak dua tetes sebelum tidur, biarkan selama kamu tidur dan bersihkan saat bangun. Baby oil akan mengurangi kotoran, yang menumpuk di dalam telingamu.

- Bersihkan Telinga Menggunakan Air Hangat

Bersihkan Telinga Dengan Lima Metode Paling Baik Berikut

Selain menggunakan baby oil, kamu juga bisa menggunakan air hangat, untuk membersihkan telingamu. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mencelupkan kapas kedalam air hangat, kemudian memelintirnya hingga mengerucut, dan masukkan  ke dalam telinga untuk membersihkannya. Jangan sampai kapas tadi mencapai gendang telinga, karena gendang telinga adalah selaput yang tipis, sehingga dapat beresiko pecahnya gendang telingamu.

- Bersihkan Telinga Menggunakan Kain Basah

Bersihkan Telinga Dengan Lima Metode Paling Baik Berikut

Membersihkan telinga, juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan kain basah. Cara ini efektif untuk membersihkan kotoran, yang ada di luar telinga. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokkan kain yang sudah di basahi, pada daun telinga dan lubang telinga bagian luar. Lakukan secara rutin, sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk pada daun telingamu.

- Bersihkan Telinga Menggunakan Ear Candle Atau Lilin Telinga

Bersihkan Telinga Dengan Lima Metode Paling Baik Berikut

Cobalah menggunakan ear candle, untuk membersihkan kotoran di telinga. Meski tidak bisa digunakan secara rutin, namun ear candle merupakan salah satu cara yang jitu, untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telingamu. 

Caranya ialah, dengan memasukkan batang ear candle ke dalam telinga, kemudian bakar lilin tersebut. Angkatlah ketika lilin tersebut telah habis. Sebaiknya kamu minta bantuan temanmu, dan jangan lakukan sendiri.


Itulah ulasan mengenai lima metode paling baik tuk bersihkan telingamu, sahabat sekalain. Jadi, setelah kamu mengetahui mengenai metode-metode tersebut, ada baiknya kamu menggunakannya untuk membersihkan telingamu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: