Inilah Tiga Penyebab Bau Mulut Yang Mungkin Belum Kamu Tahu




Sahabat Saya Sekalian | Coba kamu bayangkan, ketika kamu sedang berbicara dengan seorang teman, yang memiliki napas berbau kurang sedap?. Mungkin kamu akan berpikir untuk memberitahukan tentang masalah tersebut. Namun di sisi lain, kamu juga akan merasa takut hal tersebut, dapat menyinggung perasaannya. Bukankan begitu sahabat?.

Yah, tentu saja kebanyakan dari kita akan merasa canggung, untuk mengatakan kepada teman bahwa napasnya berbau kurang sedap. Karena kita tahu bagaimana rasanya, ketika ada seseorang mengatakan pada kita, bahwa mulut atau napas kita berbau tidak sedap. Itu pasti akan sedikit memalukan tentunya.

Memiliki napas atau mulut yang berbau tidak sedap, akan berdampak pada sulitnya kamu berkomunikasi dengan orang lain, karena orang lain pun akan merasa malas untuk berbicara denganmu. Napas yang berbau, juga dapat menjadi tanda, bahwa kamu kurang memperhatikan kebersihan mulutmu.

Tidak menjaga kebersihan mulutmu dengan baik, tidak menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari, tidak membersihkan rongga mulut, dan tidak pernah berkumur menggunakan obat kumur dengan baik dan teratur. Hal-hal tersebut, dapat menjadi penyebab utama napas kamu berbau tidak sedap.

Selain hal-hal tersebut, ternyata ada beberapa penyebab lain dari napas berbau, yang jarang diketahui orang-orang. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa penyebab bau mulut yang tak banyak orang tahu. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :


- Mengonsumsi Makanan Yang Kaya Protein Secara Berlebihan

Diketahui, bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan, yang kaya akan protein secara berlebihan. Atau mengonsumsi suplemen protein, yang dapat membantu proses pembangunan otot tubuhmu, dapat menyebabkan mulut berbau tidak sedap. Untuk itu, ketika kamu sudah mengalami bau mulut, disarankan agar kamu lebih membatasi konsumsi makanan, yang banyak mengandung protein. 

- Melewatkan Sarapan

Sebuah penelitian menerangkan, bahwa ketika kamu melewatkan sarapan, akan menyebabkan kelenjar air liur tidak bekerja dengan baik. Hal tersebut dapat menyebabkan mulut kamu kering. Pada saat mulut kering, secara otomatis dapat membuat napasmu berbau tidak sedap. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memastikan diri untuk tidak melewatkan sarapan, terutama sarapan yang sehat pada pagi hari.

- Tidak Melakukan Flossing Pada Gigimu

Kita mungkin sudah berusaha sesering mungkin untuk menyikat gigi, dan berkumur menggunakan obat kumur. Namun, sering pula kita lupa untuk membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel pada gigi, atau yang biasa di sebut Flossing. 

Ada banyak sekali partikel makanan dan plak, yang terjepit pada sela-sela diantara gigi. Sisa makanan dan plak yang tidak dibersihkan tersebut, dapat membantu pertumbuhan bakteri dalam mulut, yang dapat menyebabkan bau mulut.

Saat menyikat gigi, bulu sikat yang kita pakai tersebut, tidak dapat menjangkau bagian sela diantara gigi. Untuk itu sangat penting untuk kamu melakukan Flossing secara teratur, guna menghindari masalah napas atau mulut berbau tidak sedap.


Itulah ulasan mengenai tiga penyebab bau mulut yang jarang diketahui, sahabat sekalian. Maka dari ingat baik-baik semua sebab tersebut, dan jaga kebersihan mulutmu, agar kamu dapat terhindar dari rasa malu yang dapat muncul akibat bau mulut. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: