Berikut Beberapa Penyebab Serta Cara Mengatasi Bau Mulut




Sahabat Saya Sekalian | Mulut yang berbau tak sedap, tentunya akan sangat mengganggu aktivitasmu. Hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri kamu, ketika berbincang atau melakukan aktivitas, bersama dengan orang lain. 

Bau mulut juga, dapat memunculkan image negatif dari orang lain, terhadap kamu yang memiliki masalah bau mulut. Di mana image berupa pandangan, bahwa kamu merupakan seorang yang jorok, dan tidak suka menjaga kebersihan. 

Kemudian timbul pertanyaan, apa sebenarnya yang menyebabkan bau mulut?. Nah, sebelum kita membicarakan mengenai cara menghilangkan bau mulut, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu beberapa penyebab mulut berbau tidak sedap. Berikut ini beberapa penyebabnya :

- Kurang Menjaga Kebersihkan Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah, pola hidup yang kurang sehat, seperti halnya malas menggosok gigi secara rutin sedikitnya dua kali sehari. Hal ini dapat mengakibatkan, kebersihan mulut kamu tidak terjaga dengan baik. Kebiasan tidak baik ini, dapat juga menyebabkan mulut kamu, mengelurkan bau tak sedap.

- Memakan Makanan Yang Berbau Tidak Sedap

Penyebab lainnya dari bau mulut, adalah karena kamu memakan makanan yang berbau tidak sedap, seperti halnya jengkol, petai dan lain sebagainya. Mungkin bagi sebagian orang, jengkol dan petai adalah makanan yang wajib dihindari. Namun bagi sebagain orang lain, justru jengkol dan petai merupakan makanan yang sangat lezat, walaupun dapat membuat nafas berbau tidak sedap.

- Merokok

Selama ini kita mengetahui, bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit-penyakit ganas, seperti halnya kanker, gangguan kehamilan dan lain sebagainya. Namun ternyata, rokok juga merupakan salah satu penyebab dari bau mulut.

- Sariawan

Kamu pasti pernah merasakan, bagaimana sakitnya saat kamu terkena sariawan di mulut. Sariawan sendiri, disebabkan oleh adanya infeksi pada mulut kamu, dan hal ini juga merupakan salah satu penyebab dari bau mulut.

- Ada Gigi yang Berlubang

Gigi yang berlubang, juga dapat menjadi salah satu penyebab, mulut kamu berbau tidak sedap.

Berikut Beberapa Penyebab Serta Cara Mengatasi Bau Mulut
Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut, tidak harus selalu menggunakan obat kumur. Karena ada juga cara alami, yang bisa kamu coba, untuk menghilangkan bau mulut. Untuk itu pada kesempatan kali ini, kita juga akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa cara yang ampuh tuk atasi masalah bau mulut yang kamu derita. Tanpa membuang lebih banyak waktu. Berikut ini ulasannya :

- Mengunyah Beras

Orang-orang zaman dulu, percaya bahwa bau mulut dapat dihilangkan, dengan cara mengunyah beras mentah. Oleh sebab itu, ketika mulut kamu sudah terasa tidak nyaman karena bau mulut, kamu dapat mengambil segenggam beras kemudian mengunyahnya. Tidak perlu sampai ditelan, apabila beras tersebut sudah halus, kamu bisa membuangnya.

- Minum Kopi Hitam

Kopi hitam, juga merupakan salah satu alternatif yang ampuh dan praktis, untuk menghilangkan bau mulut yang kamu derita. Kamu bisa meminum, atau pun bisa langsung memakan bubuk kopi hitam, tanpa harus menyeduhnya terlebih dahulu. Memang akan terasa pahit, namun sangat ampuh untuk mengatasi bau mulut.

- Minum Susu

Ternyata selain tinggi kalsium, susu juga ampuh untuk mengatasi bau mulut. Susu yang bisa menghilangkan bau mulut yaitu susu kental manis. Kandungan-kandungan yang ada pada susu, akan membuat gigi sehat, serta akan melindungi gigi dari kerusakan. Saat gigi sehat, maka kamu tidak akan menderita bau mulut. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyeduh susu kental manis, kemudian minum secara rutin.

- Perbanyak Makan Buah-Buahan

Apabila bau pada mulut kamu disebabkan oleh sariawan, maka langkah tepat yang dapat kamu lakukan, adalah memperbanyak makan buah-buahan. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C, bisa memenuhi kebutuhan vitamin dalam mulut, dan bisa membantu menghilangkan bau mulut yang kamu derita.

- Menggosok Gigi Secara Teratur

Sebelumnya sudah dijelaskan, mengenai beberapa hal yang menjadi penyebab, mulut kamu menjadi bau. Dan hampir semuanya, berkaitan dengan kebersihan mulut. Untuk itu, menggosok gigi merupakan cara umum, yang dipercaya bisa menghilangkan bau mulut yang kamu derita. 

Seperti halnya dengan rajin menggosok gigi 2x sehari, yaitu pada saat bangun tidur di pagi hari, dan sebelum tidur pada malam hari. Malahan jika memang perlu, kamu bisa menggosok gigi, setiap setelah kamu makan.

- Berhenti Merokok

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa salah satu penyabab bau mulut, adalah karena kamu merokok. Maka dari itu dengan kamu berhenti merokok, merupakan salah satu solusi yang paling tepat, untuk menghilangkan bau mulut yang kamu derita.

- Berkumur

Saat mulut kamu mengeluarkan bau tidak sedap yang menyengat, cara praktis untuk mengatasinya, adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirih, Moutwash atau Antiseptik. Bisa juga menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Caranya ialah, dengan berkumur-kumur menggunakan salah satu, diantara semua bahan yang telah disebutkan.

- Jangan Lupa Sarapan Pagi

Selain dapat menjegah masuk angin, sarapan pagi juga dapat mencegah timbulnya bau mulut. Sebab dengan kamu sarapan pagi, bakteri penyebab bau mulut yang ada pada mulut kamu, akan mati karena produksi air liur dalam mulut meningkat.

- Mengunyah Permen Karet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa di dalam mulut kita terdapat bakteri penyebab bau mulut, yang dapat mati oleh air liur yang dihasilkan oleh mulut. Jadi tujuan mengunyah perment karet disini, adalah untuk merangsang produksi air liur pada mulut kamu.

Baca Juga : Tujuh Tips Berikut Dapat Membantu Menghilangkan Bau Badan

Itulah ulasan mengenai penyebab serta cara mengatasi bau mulut, sahabat sekalian. Apabila kamu sudah mencoba semua cara yang disampaikan diatas, tetapi bau mulut kamu tetap tidak hilang, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter spesialis. Sehingga kamu dapat bertanya lebih banyak, seputar solusi untuk mengatasi bau mulut yang kamu derita. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: