Lima Tanda Kecanduan Makanan Yang Tak Boleh Kamu Abaikan




Sahabat Saya Sekalian | Apakah kamu sering merasa kesulitan untuk berhenti makan, terutama ketika kamu menyantap makanan yang kamu sukai?. Jika memang benar, ada baiknya kamu membaca artikel ini hingga habis, untuk mengetahui beberapa ciri atau tanda kecanduan makanan, yang mungkin sedang kamu alami saat ini.

Yah, kecanduan makanan merupakan suatu kondisi medis yang terbilang serius, dimana orang-orang dari segala usia dan jenis kelamin, dapat menderita kecenderungan tersebut. Biasanya, ketika kita sedang mengonsumsi makanan secara berlebih, tak ada sedikitpun pikiran bahwa hal ini merupakan hal yang cukup serius bukan?. Namun, terdapat perbedaan yang besar antara makan berlebihan sesekali, dengan kecanduan makanan.

Kecanduan makanan, dapat menghambat kegiatan kita sehari-hari, serta dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ada beberapa masalah kesehatan yang dapat kamu alami, ketika kamu makan berlebih terutama jika berlangsung sesering mungkin. Gangguan kesehatan yang dimaksud, seperti halnya obesitas, gangguan pencernaan, masalah pada jantung, kolesterol tinggi, dan lain sebagainya.


Dan ketika kamu mengalami kecanduan makanan, yang notabene merupakan bentuk ekstrim dari makan berlebih, dapat menimbulkan masalah-masalah kesehatan yang lebih serius lagi. Gejala-gejala kecanduan makanan, tidak terlalu berbeda dengan makan berlebih biasa. Oleh karenanya, sangat penting untuk kamu mengetahui, apa yang menjadi perbedaan dari kedua kondisi tersebut.

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa ciri seseorang sedang alami kecanduan makanan, yang sebaiknya jangan pernah kamu abaikan. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :
- Kelelahan

Efek samping dari makan berlebih, terutama yang berlangsung secara terus-menerus atau kecanduan makanan ini, ialah dapat menyebabkan tubuh kamu mengalami kelelahan. Biasanya hal kelelahan tersebut terjadi tepat setelah kamu makan, dan itu semua akibat kamu mengonsumsi jumlah makanan, yang terbilang banyak. Terlebih lagi, pada saat kamu mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, hal tersebut dapat membuatmu merasakan kembung dan kelelahan.

- Mual

Salah satu gejala yang menunjukan kamu mengalami kecanduan makanan, adalah makan hingga kamu merasa mual, dan sakit pada perutmu. Karena biasanya, orang-orang yang memiliki kecenderungan kecanduan terhadap makanan, akan sulit untuk berhenti makan sehingga mereka akan makan hingga merasa kekenyangan.

- Cenderung Makan Sendirian

Gejala dari kecanduan makanan, melibatkan enggan makan bersama dengan orang-orang. Karena apabila mereka makan dikeramaian, kemungkinan orang-orang akan menilai mereka sebagai orang yang rakus, akibat kebiasaan makan berlebihannya yang mereka anggap sudah biasa.

- Pengendalian Diri Yang Kurang

Gejala dari kecanduan makanan, adalah kurang bisa untuk mengendalikan diri, terutama ketika menghadapi makanan. Bahkan meski orang tersebut mengetahui efek samping dari kebiasaan makan berlebih.

- Gangguan Pencernaan

Orang-orang yang memiliki masalah kecanduan makanan, memiliki kecenderungan sering menderita gangguan pencernaan, obesitas, dan kondisi lain yang terkait. Dan itu merupakan salah satu gejala kecanduan makanan yang utama.


Itulah ulasan mengenai lima ciri kamu alami kecanduan makanan, sahabat sekalian. Mungkin memang akan sedikit sulit bagi kamu, yang memiliki kecenderungan ini untuk menghentikannya. Namun kamu pastinya dapat sedikit demi sedikit memangkas kebiasaan tersebut, dengan mencoba menahan keinginan besar untuk makan, yang muncul terutama saat melihat makanan, Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: