Lima Tips Berikut Berguna Tuk Cegah Timbulnya Penyakit Pikun




Sahabat Saya Sekalian | Pernahkah kamu mengalami kondisi, di mana saat sedang melakukan sesuatu, tetapi tiba-tiba kamu lupa mengenai apa yang ingin kamu lakukan?. Hal tersebut, bukanlah merupakan hal biasa, terlebih jika kamu sering mengalaminya. Kejadian seperti itu harus kamu wapadai, karena bisa saja merupakan gejala awal dari penyakit Pikun.

Ada beberapa faktor, yang bisa menyebabkan munculnya penyakit ini. Namun, sebelum kita beranjak pada tips, agar tidak cepat lupa atau pikun. Kita harus tahu terlebih dahulu, mengenai apa yang menjadi penyebab penyakit Pikun ini. Adapun beberapa faktor penyebabnya adalah sebagai berikut :

- Kurang Tidur

Kurang tidur, dapat menyebakan mata kamu mengantuk keesokan harinya, serta membuat pikiran kamu tidak focus. Hal tersebut, dapat menyebabkan kamu mudah melupakan sesuatu atau Pikun.

- Gangguan Fisik

Ketika kamu mengalami sebuah kejadian, yang membuat kepala kamu terbentur dengan keras. Kejadian tersebut, mungkin dapat membuat kamu sering lupa, atau bahkan menderita amnesia.

- Narkoba Dan Alkohol

Ketika kamu mabuk, maka kamu akan kehilangan kontrol terhadap pikiranmu. Terlebih lagi apabila kamu menjadi pecandu narkoba. Karena dengan mengonsumsi narkoba, sel-sel otak kamu akan melemah sehingga tidak terkontrol lagi, dan daya ingat pun akan menurun.

- Alzheimer

Munculnya penyakit ini, di awali dengan mudah cemas, kesal, sering marah, pikiran kacau, dan mudah lelah. Sehingga, sedikit demi sedikit penyakit ini akan membuat kamu bingung, dan menderita mudah lupa. 

Bahkan penyakit satu ini, juga dapat membuat kamu menjadi Pikun. Seperti halnya, membuat kamu melupakan siapa saja nama-nama anggota keluargamu, serta apa yang setiap hari kamu lakukan.

Lima Tips Berikut Berguna Tuk Cegah Timbulnya Penyakit Pikun

Nah, setelah kita tahu beberapa faktor yang dapat menyebabkan, terjadinya penyakit sering lupa atau pikun ini. Pada kesempatan kali ini, kita juga akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips tuk cegah penyakit Pikun. Tanpa membuang lebih banyak waktu lagi. Berikut ini ulasannya :

- Lakukan Senam Otak

Senam otak, dapat kamu lakukan dengan cara melatih otak kamu, untuk mengingat sesuatu. Seperti halnya, mengingat judul-judul lagu yang kamu sukai, atau hal-hal lainnya yang bisa kamu tentukan sendiri. Intinya, kamu harus berusaha mengingat sesuatu, yang sudah kamu ketahui sebelumnya.

- Istirahatkan Otak

Hal ini dapat dilakukan dengan cara tidur yang cukup. Tidur berfungsi untuk mengistirahatkan, dan meregenerasikan otak kamu. Sehingga ketika bangun, otak kamu akan menjadi lebih fresh, dan segar kembali.

- Rilekskan Otak

Rilekskan otak kamu, ketika kamu telah berpikir dengan keras, terlebih apabila kamu sudah mengalami pusing di kepala. Melakukan aktifitas yang kamu sukai ketika sedang dilanda stress, merupakan salah satu cara untuk merilekskan otak kamu.

- Asah Otak Kamu

Permainan asah otak yang dimaksud adalah, dengan mengisi teka-teki silang yang bisa kamu dapatkan di toko buku terdekat, atau pun di dalam surat kabar.

- Minum Cukup Air Putih

Minumlah air putih, sedikitnya enam hingga delapan gelas setiap harinya. Air putih diperlukan oleh tubuh, untuk membantu seluruh fungsi organ dalam tubuh kita, agar bekerja lebih optimal. Salah satunya ialah, membantu otak kamu untuk dapat berfungsi lebih baik lagi.

Baca Juga : Inilah Minuman Yang Berkhasiat Untuk Tingkatkan Daya Ingat

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai lima tips pencegahan penyakit Pikun. Penyakit Pikun ini merupakan hal yang menyusahkan, untuk itu ada baiknya kamu mengaplikasikan tips-tips tersebut, sebelum benar-benar terkena penyakit satu ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: