Alasan Sebaiknya Kamu Konsumsi Buah Sebelum Konsumsi Makanan Berat




Sahabat Saya Sekalian | Buah-buahan, merupakan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan, kandungan-kandungan dalam buah yang baik bagi kesehatan, terutama bila kamu mengonsumsinya secara teratur.

Kemudian timbul pertanyaan, kandungan apa saja yang ada dalam buah-buahan, dan baik untuk kesehatan tubuh kita tersebut?. Berikut ini, beberapa kandungan buah yang sangat baik bagi kesehatan :

- Air

Jadi, jika kamu mengkonsumsi air kurang dari dua liter setiap harinya, kamu masih dapat memenuhi kebutuhan air ini dengan mengkonsumsi buah-buahan. Terlebih lagi, apabila kamu mengonsumsi buah-buahan, yang memang mengandung banyak air.

- Vitamin Dan Mineral

Sebagian besar buah, mengandung Vitamin yang bermanfaat bagi tubuh kita, seperti halnya Vitamin C, dan E. Sedangkan Mineral yang terkandung dalam buah, misalnya Kalsium, Zink, serta Mangan. Vitamin dan Mineral, adalah zat yang dapat membantu metabolisme tubuhmu. Kekurangan Vitamin dan Mineral, dapat menyebabkan metabolisme tidak berjalan dengan baik, sehingga dapat mengganggu kesehatan atau kesegaran tubuhmu.

- Serat

Tubuh membutuhkan Serat, karena Serat sangat berguna dalam proses pencernaan. Dengan adanya Serat, maka proses penyerapan gula dan lemak jahat dalam saluran cerna, dapat dihambat dengan baik.

- Antioksidan

Antioksidan, merupakan Zat yang dapat menangkal radikal bebas, yang masuk kedalam tubuhmu. Radikal bebas sendiri, merupakan Zat yang terdapat dalam polusi, asap rokok, dan asap kendaraan.

- Karbohidrat

Karbohidrat berguna sebagai sumber tenaga bagi tubuh, sehingga kamu dapat melakukan aktivitas dengan baik. Walaupun tidak banyak, tetapi buah memiliki karbohidrat kompleks, yang terdiri dari Glukosa, dan Fruktosa.

Fruktosa yang masuk, tidak membutuhkan hormon Insulin untuk mengolahnya, sehingga tidak membebani kinerja Pankreas. Pankreas sendiri apabila rusak, dapat menyebabkan penyakit Diabetes. Hal tersebut akan sangat berbeda, apabila kamu mengkonsumsi gula berlebih.

Pada umumnya, masyarakat Indonesia beranggapan bahwa buah-buahan, merupakan makana pencuci mulut, yang mereka santap setelah makan makanan berat. Biasanya, buah-buahan yang sering dihidangkan setelah makan, ialah Cau atau Jeruk.

Namun ternyata, makan buah setelah makan berat sebenarnya tidak mempunyai manfaat apa-apa, bagi kesehatan tubuhmu. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini, kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai waktu yang tepat menyantap buah-buahan, berserta alasannya. Tanpa membuang waktu lebih lebih lama. Berikut ini ulasannya :

Alasan Sebaiknya Kamu Konsumsi Buah Sebelum Konsumsi Makanan Berat

- Waktu yang paling tepat, untuk mengkonsumsi buah-buahan adalah sekitar 20 hingga 30 menit, sebelum makan makanan berat. Alasannya, karena buah mengandung gula alami, yang digunakan untuk memasok energi.

Tetapi jika kamu ingin mengkonsumsi buah setelah makan, sebaiknya makan buah tiga jam, setelah kamu makan makanan berat. Hal tersebut, agar memberikan tubuh kamu waktu, dalam mencerna makanan berat yang sebelumnya kamu konsumsi.

- Buah sangat baik bila dikonsumsi sebelum kamu sarapan pagi. Saat mengistirahatkan tubuh, selama delapan hingga sembilan jam dalam tidur, kamu akan kehilangan kadar gula dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah, kamu akan mengembalikan kadar gula, yang hilang selama kamu tidur.

Selain itu, dengan makan buah sebelum sarapan, tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi penting yang terdapat dalam buah. Dan yang terakhir, dengan makan buah sebelum sarapan, akan memberikan energi baru di pagi hari.

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai alasan makan buah sebaiknya dilakukan sebelum makan makanan berat. Dengan begitu, penyerapan Vitamin dan Mineral yang terdapat dalam buah pun, bisa berlangsung dengan sangat baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.katasaya.net
loading...

Subscribe to receive free email updates: