Inilah Alasan Utama Mengapa Hari Libur Jatuh Pada Hari Minggu




Sahabat Saya Sekalian | Hari Minggu, merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang, terutama bagi mereka yang masih berada di usia sekolah. Hal tersebut dikarenakan, hari minggu merupakan hari dimana kita dapat mengistirahatkan tubuh kita, dari padatnya kesibukan kita sehari-hari.

Namun pernahkah terlintas dalam benakmu, sebuah pertanyaan mengenai alamsan mengapa hari Minggu, dapat menjadi hari libur untuk segala kesibukan dan aktivitas, baik itu dalam dunia pekerjaan ataupun dunia pendidikan?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai alasan mengapa hari Minggu menjadi hari libur. Berikut ini ulasannya :

Inilah Alasan Utama Mengapa Hari Libur Jatuh Pada Hari Minggu

Ternyata, awal mula sejarah ditetapkannya hari Minggu sebagai hari libur, berasal dari Romawi kuno di negeri pizza Italia. Menurut bangsa Romawi sendiri, hari yang mengawali setiap pekan adalah Minggu, bukannya Senin.

Dahulu kala orang dari bangsa Romawi kuno, melakukan kegiatan peribadatan pada hari Minggu. Dan saking tidak inginnya melewatkan ibadah, mereka kemudian menghentikan segala kegiatan atau kesibukannya sehari-harinya hanya untuk beribadah, dan menandai hari Minggu dengan warna merah. Oleh sebab itu pula, hari Minggu ditetapkan sebagai hari libur, dan ditandai dengan warna merah.

Selain itu pada saat yang bersamaan, bangsa Romawi kuno juga banyak menguasai berbagai negara-negara di Eropa, seperti Inggris, Jerman, Perancis, Belanda, dan juga negara-negara lainnya. Dan karena itulah, tradisi libur pada hari Minggu juga diwariskan kepada negara-negara tersebut, serta kepada negara-negara jajahan mereka, seperti halnya Indonesia yang merupakan jajahan Belanda.

Baca Juga : Inilah Empat Alasan Mengapa Hari Senin Dianggap Sangat Menyebalkan

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai asal muasal hari Minggu dijadikan hari libur. Ternyata penetapan hari Minggu sebagai hari libur, bukan benar-benar berasal dari ide atau gagasan asli dari bangsa Indonesia, melainkan berdasarkan sejarah opanjang dari masa lalu, yang dibawa ke Indonesia melalui Belanda sebagai negara yang pernah menjajah. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: