Berikut Tujuh Bahan Kimia Berbahaya Yang Ditemukan Dalam Rokok




Sahabat Saya Sekalian | Kebanyakan dari kita, sekarang ini mengetahui mengenai fakta-fakta berbahaya dari kebiasaan merokok, dan bagaimana kebiasaan ini dapat berujung pada, kecanduan yang sulit dihentikan. Jika kamu seorang perokok atau memiliki seorang kenalan perokok, kamu pasti dapat merasakan bagaimana kebiasan ini, begitu tidak sehat bagi tubuh.

Secara global, kebiasaan merokok diketahui sebagai penyebab kematian ratusan orang, setiap tahunnya. Selain itu para peneliti juga memperkirakan, bahwa mereka yang sudah terbiasa merokok, cenderung 20 kali lebih mudah terkena penyakit paru-paru dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Studi penelitian juga menemukan, bahwa rokok mengandung lebih dari 7000 bahan kimia, yang setidaknya 250 bahan kimia diantaranya, merupakan penyebab penyakit Kanker. Merokok menjadi sebuah kegiatan yang adiktif akibat efek dari nikotin. Nikotin sendiri merupakan zat psikoaktif, yang ditemukan dalam rokok.

Nikotin, masuk melalui aliran darah hingga ke otakmu, yang kemudian menciptakan adrenalin. Hal inilah yang menyababkan kebanyakan orang menjadi kecanduan berat pada rokok. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, kebiasaan merokok dapat menyebabkan beragam komplikasi kesehatan, seperti halnya radang paru-paru serta kanker paru-paru.

Namun tidak banyak dari kita yang mengetahui, tentang bahan-bahan berbahaya apa sajakah, yang terdapat dalam rokok. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam rokok. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :

- Benzena

Benzena, merupakan salah satu bahan kimia berbahaya, yang ditemukan dalam rokok. Selain dalam rokok, bahan kimia satu ini juga sering ditemukan, dalam semen dan karet. Bahan kimia satu ini, merupakan karsinogen mematikan, yang sering dikaitkan dengan penyakit Leukemia.

- Formaldehida

Formaldehida yang ditemukan dalam rokok, merupakan cairan pembalseman yang umumnya digunakan, untuk mengawetkan mayat. Bahan kimia satu ini, dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti halnya Kanker kulit dan perut, serta penyakit lain yang berhubungan dengan perut.

- Aseton

Aseton, pada umumnya digunakan sebagai cairan pembersih, serta penghilang cat kuku. Ketika kamu menghirup bahan kimia berbahaya ini melalui rokok, hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya beragam jenis penyakit kulit, serta gangguan pada otak.

- Tar

Tar, juga merupakan salah satu bahan kimia, yang ditemukan dalam rokok. Tar sendiri, diketahui dapat menyebabkan, terjadinya penyumbatan pada paru-parumu. Selain itu, bahan ini juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti Bronkitis kronis, Emfisema, dan Kanker paru-paru.

- Karbon Monoksida

Karbon Monoksida, merupakan salah satu zat kimia yang sangat berbahaya, dan ditemukan ada dalam rokok. Zat kimia satu ini, dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual, serta gangguan pada jantung.

- Arsenik

Bahan kimia satu ini, merupakan bahan utama untuk racun tikus, sehingga kamu pasti dapat membayangkannya sendiri, betapa berbahayanya bahan kimia satu ini ketika dihirup. Arsenik juga terkait dengan Kanker kandung kemih dan Kanker paru-paru.

- Amonia

Amonia, merupakan salah satu bahan kimia, yang juga ditemukan ada dalam rokok, sebagai bahan untuk meningkatkan efek kecaduan. Bahan kimia satu ini, sering dikaitkan dengan penyakit Bronkitis dan penyakit paru-paru lainnya.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai tujuh bahan kimia mematikan yang ditemukan dalam rokok. Mungkin pembahasan tersebut tidak terlalu berpengaruh, bagi kamu yang sudah kecanduan merokok, namun tetap dapat menjadi pengingat, akan bahaya dari kebiasaan tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.boldsky.com

www.katasaya.net
loading...

Subscribe to receive free email updates: