Enam Fakta Seputaran Fenomena Gempa Bumi Yang Jarang Diketahui




Sahabat Saya Sekalian | Ketika alam mulai menunjukan kemarahannya, tiada apapun yang dapat menghalau kerusakan, yang dapat diakibatkan olehnya. Siapa pun itu, tidak akan berdaya sedikitpun, ketika dihadapkan dengan sebuah bencana alam.

Salah satunya ialah kekuatan dari gempa bumi, yang kebanyakan dari fenomena tersebut, memiliki daya hancur yang sangat besar. Sehingga, pastinya membuat kita lebih takjub lagi, dengan kekuatan yang dimiliki oleh alam.

Nah berbicara tentang gempa bumi, ada beberapa fakta unik tentang fenomena ini, yang pastinya menarik untuk diketahui. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta unik seputaran fenomena gempa bumi, yang sebaiknya kamu ketahui.

Fakta-fakta ini, mungkin dapat menjelaskan sedikit banyak, tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul, mengenai fenomena gempa bumi. Mulai dari fakta tentang gempa berkekuatan terbesar, tempat yang sering mengalami gempa, hingga jenis gempa yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya, ada dalam tulisan ini.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai fakta-fakta apa sajakah yang bisa kita gali seputaran fenomena gempa bumi?. Berikut ini ulasannya :

Enam Fakta Seputaran Fenomena Gempa Bumi Yang Jarang Diketahui

- Gempa Berkekuatan Paling Besar Yang Pernah Tercatat

Gempa dengan kekuatan paling besar yang pernah tercatat, melanda daerah dekat Valdivia di sebelah Selatan Chili, yang terjadi pada tanggal 22 Mei 1960. United States Geological Survey mencatat, kekuatan gempa tersebut mencapai 9,5 Skala Richter. Bencana dahsyat tersebut, menimbulkan kerugian mencapai US$ 500 juta, dan tercatat lebih dari 1.500 jiwa meninggal dunia.

- Alaska Merupakan Tempat Yang Paling Banyak Mengalami Gempa

Antara tahun 1974-2003, di Alaska terjadi lebih dari 1.000 kali gempa bumi, setiap bulannya. Bila dibandingkan dengan California, yang juga merupakan daerah rawa gempa, Alaska tercatat mengalami fenomena gempa bumi tiga kali lipat lebih banyak.

- Negara Cina Pernah Mengalami Gempa Yang Mematikan

Diperkirakan, jumlah korban meninggal dunia akibat bencana gempa bumi di Cina, mencapai lebih dari 830.000 jiwa. Gempa mematikan ini terjadi pada tahun 1556, dengan kekuatan gempa yang mencapai 8 Skala Richter.

- Cuaca Tidak Menyebabkan Gempa Bumi

Yah, cuaca bukanlah penyebab gempa terjadi. Bahkan, bencana kekeringan atau badai sekali pun, tidak pernah menyebabkan terjadinya sebuah gempa bumi. Adapun yang menyebabkan gempa terjadi, adalah karena adanya pergeseran lempengan tanah, yang terjadi jauh di dalam perut bumi.

- Pernahkah Kamu Mendengar Gempa Es?

Hal ini sering sekali terjadi di wilayah Arktik, yang memiliki iklim layaknya di Antartika. Dan gempa yang terjadi di sana, tidak jauh berbeda dengan gempa bumi pada umumnya.

- Kita Tidak Bisa Mendengar Gempa Bumi

Gempa bumi hanya dapat kita rasakan, fenomena ini tidak dapat kita dengar. Suara gemuruh yang pada umumnya terdengar oleh orang-orang, tidak lain hanyalah efek suara yang dihasilkan oleh pergeseran tanah, yang terjadi di dalam perut bumi.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai enam fakta menakjubkan seputar fenomena gempa, yang jarang diketahui. Gempa bumi merupakan sebuah fenomena alam, yang sulit diterka kedatangannya. Maka dari itu kita harus selalu berhati-hati, karena kita tidak pernah tahu kapan gempa dengan skala yang cukup besar, dapat terjadi. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: