Berikut Enam Festival Paling Unik Di Berbagai Belahan Dunia




Sahabat Saya Sekalian | Seperti yang kamu ketahui, bahwa setiap negara memiliki budaya dan tradisi, yang sangat beragam dan patut untuk dilestarikan. Amat sangat disayangkan, apablia sebuah budaya atau tradisi hilang begitu saja akibat tergerus oleh zaman, dan membuat kemeriahannya tidak bisa dinikmati kembali dikemudian hari.

Sebuah festival, biasanya diadakan sebagai bentuk penghormatan, terhadap budaya atau tradisi yang ada di masyarakatnya. Selain itu diadakannya sebuah festival, biasanya bertujuan untuk menarik wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. 

Festival sendiri, berasal dari bahasa latin yang berarti pesta. Festival berarti pesta besar atau sebuah acara meriah, yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu hal, dan biasanya diadakan pada hari-hari besar pula.

Ada banyak sekali festival-festival unik di seluruh dunia ini, yang selalu menghadirkan kemeriahan dan juga mengundang minat, dari banyak wisatawan untuk menyaksikannya. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa festival paling menarik di seluruh dunia.

Festival-festival tersebut, sudah menjadi sebuah budaya turun temurun, yang setiap pergelarannya selalu menarik perhatian banyak orang, bukan hanya warga lokal semata tetapi juga menarik perhatian dari mata dunia juga. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang festival-festival apa sajakah itu?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Empat Tantangan Cukup Gila Ini Pernah Jadi Viral Di Dunia Maya

- Festival Pura-Pura Mati Di Spanyol

Berikut Enam Festival Paling Unik Di Berbagai Belahan Dunia

La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme, merupakan sebuah event tahunan yang diadakan di Las Nieves, sebuah kota kecil di bagian barat laut Spanyol. Ritual unik dalam festival ini, ialah pura-pura mati yang kini telah menjadi bagian, dari budaya lokal di Las Nieves. La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme ini sendiri, digelar pada tanggal 29 Juli setiap tahunnya.

Dalam festival ini, beberapa orang akan ditidurkan dalam sebuah peti mati, dan kemudian diarak keliling kota. Mereka bahkan berakting seolah benar-benar telah meninggal. Setiap tahunnya, Festival unik satu ini, berhasil menarik ribuan wisatawan untuk datang. Para wisatawan tersebut, mulai memadati jalanan Les Nieves sejak pukul 10 pagi, demi menyaksikan arak-arakan dari orang-orang, yang berpura-pura mati tersebut.

- Monkey Buffet Festival Di Thailand

Berikut Enam Festival Paling Unik Di Berbagai Belahan Dunia

Ini adalah festival buffet atau makan sepuasnya. Tetapi Yang membedakannya ialah, makanan-makanan tersebut, disediakan khusus untuk para monyet. Festival unik satu ini, diadakan setiap tahun di Thailand pada Sabtu terakhir di bulan November, dan dilaksanakan di sebuah kelenteng bernama Pra Prang Sam Yot di Lopburi. 

Ribuan kilo buah-buahan di kumpulkan, untuk menjadi sebuah suguhan atau buffet, yang diperuntukkan bagi para monyet. Anehnya monyet yang biasanya memiliki tabiat nakal, bisa berperilaku baik tatkala mengikuti festival tersebut, sehingga bisa bermain-main dengan para turis dan orang-orang yang mau mengambil foto mereka.

- Up Helly Aa Di Skotlandia

Berikut Enam Festival Paling Unik Di Berbagai Belahan Dunia

Pada setiap tahunnya, ribuan warga Skotlandia berkumpul untuk merayakan sebuah festival, yaitu festival api bangsa Viking yang juga sering disebut dengan Up Helly Aa. Festival ini digelar di Lerwick, sebuah Pulau di Shetland, Skotlandia. Festival ini bertujuan untuk menghormati warisan budaya dari bangsa Viking.

Perayaan tahunan ini dirayakan dengan cara, para warganya memakai kostum Viking, dan melakukan parade obor serta pembakaran perahu Viking. Setidaknya ada 5 ribu wisatawan yang datang setiap tahunnya, untuk menyaksikan lebih dari seribu orang, memakai kostum Viking membawa obor, tameng, helm, kapak lengkap dengan perisai milik bangsa Viking.

Pulau Shetland di Skotlandia menyimpan banyak warisan bangsa Viking. Setelah Perang Napoleon, Lerwick menjadi rumah bagi para tentara dan pelaut. Up Helly Aa dirayakan secara resmi pertama kali pada tahun 1880, dan setiap tahun dirayakan.

- Festival Krakatau Di Indonesia

Berikut Enam Festival Paling Unik Di Berbagai Belahan Dunia

Festival Krakatau adalah festival tahunan yang diselenggarakan di Lampung, diadakan untuk merayakan munculnya sebuah pulau vulkanik bernama sama, yaitu Krakatau. Gunung Krakatau meletus pada tahun 1927, letusan itu kemudian menghasilkan pulau-pulau kecil baru, yang diberi nama Anak Krakatau. 

Selama festival, pengunjung dapat menikmati berbagai macam pertunjukkan, seperti Karnaval Tuping yaitu Karnaval Topeng Lampung, atraksi gajah, serta berbagai macam tarian khas dari Lampung, dan kota-kota sekitarnya. Akhir dari rangkaian acara pada festival ini, adalah kunjungan ke pulau vulkanik tersebut.

- Gulat Unta Di Turki

Berikut Enam Festival Paling Unik Di Berbagai Belahan Dunia

Gulat unta, adalah olahraga tradisional yang sangat populer di pantai barat Turki. Dalam festival tersebut, para unta jantan dari desa-desa setempat, berlomba dalam sebuah stadion. Tradisi kuno ini sangat populer di kalangan warga Turki. Sebelum bertanding, unta-unta itu dihiasi terlebih dulu dengan kain bercorak, pelana yang diukir, dan lonceng.

Acara gulat unta biasanya juga disertai dengan musik dan tari. Bukan hanya untanya yang dihias, para pemilik unta juga berdandan dengan memakai topi, syal, jaket, celana dan sepatu bot. Pada malam sebelum turnamen, panitia menggelar sebuah pesta, yang diperuntukan bagi para pemilik unta dan para pecinta gulat unta.

Festival ini biasanya diselenggarakan selama musim kawin para unta, ketika unta jantan sangat agresif, dalam berlomba untuk memenangkan perhatian betinanya. Untuk membuat unta jantan bergulat, seekor unta betina akan dipertontonkan disana. Pertandingan yang berlangsung, biasanya tidak lebih dari 10 menit, dan tidak meninggalkan cedera serius pada tubuh sang unta.

- Festival UFO Di Meksiko

Berikut Enam Festival Paling Unik Di Berbagai Belahan Dunia

Diadakan pada setiap tanggal tiga hingg enam Juli, penggemar UFO akan meramaikan festival unik satu ini, dengan kostum-kostum alien mereka yang cukup aneh. Asal mula kemunculan festival ini, ternyata karena adanya sebuah piring terbang yang jatuh, pada tahun 1947 di sebuah peternakan. Banyak acara yang diadakan dalam festival ini. Seperti halnya Parade Lampu UFO, nonton film UFO bersama-sama, dan kegiatan lain yang serupa.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai enam festival unik dari berbagai belahan dunia. Festival-festival tersebut hingga kini masih dipertahankan, dan justru menjadi salah satu daya tarik yang kuat bagi para wisatawan. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: