Inilah Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Manusia Saat Kurang Beristirahat




Sahabat Saya Sekalian | Ketika kamu kekurangan tidur di malam hari, emosi kamu akan mudah memuncak, serta kamu juga akan kesulitan untuk mengerjakan tugas-tugas harianmu, di keesokan harinya. Selain itu ada juga efek samping yang lebih serius akibat kurang tidur. Yaitu akan mempengaruhi segala hal mulai dari daya ingat, berat badan, hingga kesehatan tubuhmu.

Penelitian menunjukan bahwa, individu yang memiliki rutinitas tidur tidak teratur atau bahkan kurang tidur, memiliki risiko kematian lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur dengan cukup setiap harinya. Terlebih mereka yang setiap harinya kurang beristirahat, secara dramatis tampaknya lebih berisiko terkena penyakit tertentu.

Cedera serius, sering kali dikaitkan dengan pola tidur yang kurang baik, serta kelelahan. Penelitian juga menunjukan, bahwa mengemudi dalam keadaan kurang tidur sangatlah berbahaya, sama berbahayanya dengan mengemudi pada saat mabuk. Hal tersebut dikarenakan, mengemudi saat mengantuk ataupun mabuk, akan berpengaruh besar pada responmu.

Bahaya lain yang dapat muncul ketika kamu kurang beristirahat, ialah meningkatnya risiko penyakit kronis. Kurang tidur, dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit tekanan darah tinggi dan darah rendah, Fluktuasi pada Glukosa dalam darah, serta penyakit Jantung. Hal tersebut, juga dapat menyerang sistem kekebalan tubuh, serta menyebabkan kenaikan berat badan.

Inilah Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Manusia Saat Kurang Beristirahat

Kurangnya tidur juga sering dikaitkan dengan depresi. Menurut jajak pendapat, mereka yang menderita kecemasan serta depresi, hampir semuanya merupakan orang-orang, yang rata-rata tidurnya kurang dari enam jam di malam hari.

Tidur merupakan hal yang sangat penting, guna berfungsinya proses kognitif, yang berkaitan dengan pembelajaran. Kurang tidur, juga berpengaruh pada menurunnya tingkat kewaspadaan serta perhatian, sehingga akan membuat kamu kesulitan dalam memproses informasi.

Kurangnya perhatian, akan membatasi kemampuan seseorang, untuk memecahkan sebuah persoalan secara efisien. Yang artinya, mereka yang mengalami kelelahan atau kekurangan tidur, tidak akan bisa mempelajari sesuatu dengan efisien.

Kamu akan kesulitan untuk mengingat apa yang telah kamu pelajari, apablia kamu kekurangan istirahat di malam hari. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya kemungkinan untuk tubuh kamu, menyimpan apa yang telah kamu pelajari, dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan, ketika kamu sudah mempersiapkan diri, untuk mempelajarinya.

Jadi setiap kali kamu kekurangan istirahat, hal tersebut dapat membatasi kemampuan kamu, untuk menafsirkan secara akurat hal-hal yang terjadi disekitar kamu. Sehingga dapat membuat kamu kesulitan, untuk merespon dengan benar atau membuat keputusan yang serdas dan efektif, terhadap situasi yang kamu alami.


Itulah ulasan mengenai hal yang terjadi pada tubuh saat kurang tidur, sahabat sekalian. Oleh karenanya, sebaiknya kamu membiasakan untuk tidur dengan cukup dan teratur, setiap harinya. guna menjaga tubuh kamu tetap dalam keadaan sehat dan prima. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.boldsky.com

www.katasaya.net
loading...

Subscribe to receive free email updates: