Inilah Lima Manfaat Tak Terduga Biasakan Diri Tidur Tepat Waktu Secara Rutin




Sahabat Saya Sekalian | Ternyata tidur tepat waktu secara teratur, bisa membantmu dalam meningkatkan metabolisme, serta menjaga keseahtan tubuhmu. Sehingga, kamu akan selalu merasa bugar dan cepat dalam berpikir. Di sini kita akan mengulas buat kamu sekalian, mengenai beberapa waktu tidur, serta akibat yang dapat ditimbulkannya :

- Pada Pukul 11 Hingga Pukul 1 Dini Hari 

Merupakan waktu dimana proses Detoksasi pada bagian hati. Proses Detoksasi sendiri ialah pengeluaran racun. Proses ini terjadi, pada saat kamu dalam keadaan tertidur pulas, karena pada saat tertidur pulas pikiran kamu dalam keadaan relax.

- Pada Pukul 1 Hingga Pukul 3 Dini Hari 

Merupakan waktu terjadinya proses Detoksasi di bagian empedu. Proses ini pun, terjadi apabila kamu dalam keadaan tertidur pulas.

- Pada Pukul 3 Hingga Pukul 5 Pagi 

Merupakan waktu terjadinya proses Detoksasi dibagian paru-paru. Hal ini akan menghindarkan kamu, dari penyakit yang menyerang paru-paru. Proses ini, juga terjadi pada saat kamu dalam keadaan tertidur pulas.

Setelah kita mengetahui beberapa fakta tersebut, kemudian timbul pertanyaan, apa sih manfaat dari tidur tepat waktu secara teratur?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa menfaat membiasakan diri tidur tepat waktu. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :
- Mencegah Stres

Kurang tidur, akan menyebabkan produksi Serotonin menurun, hal tersebut dapat memicu terjadinya stres. Hormon kortisol penyebab stres akan meningkat, sehingga pikiran menjadi tegang dan tertekan. Tidur yang berkualitas, secara tepat waktu dan teratur dapat meningkatkan suasana baik pada hati, serta mengontrol emosi kamu.

- Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh memproduksi hormon melatonin sebelum pagi hari. Hormon ini juga diproduksi dengan maksimal, ketika lampu dimatikan. Hormon ini adalah antioksidan alami, yang sangat kuat dalam melawan radikal bebas, dan serangan penyakit. Aktivitas melatonin, menyebabkan tubuh mampu melakukan detoksifikasi, sehingga kekebalan tubuh meningkat.

- Meningkatkan Kemampuan Otak

Hormon yang terkait dengan konsentrasi, adalah serotonin dan noradrenalin. Keduanya akan pulih dengan istirahat yang cukup. Oleh sebab itu, dengan tidur tepat waktu secara teratur, kamu dapat meningkatkan kemampuan otak kamu.

- Menjaga Berat Badan

Kebiasaan begadang akan meningkatkan ghrelin, serta menurunkan leptin. Hormon ghrelin, berperan dalam merangsang rasa lapar. Sedangkan leptin, menyebabkan kekenyangan lebih lama. Para peneliti di University of Chicago, menemukan bahwa orang yang melakukan diet dengan waktu istirahat yang tepat dan teratur, lebih cepat kehilangan berat badan mereka. Sebaliknya dengan mereka yang kurang tidur, justru lebih lama dalam menurunkan berat badan.

- Lebih Berenergik Dan Bugar

Dengan istirahat yang cukup, tubuh kamu akan lebih siap untuk bekerja dengan baik keesokan harinya, karena rasa malas tidak akan menghampiri.

Baca Juga : Inilah Lima Perkara Yang Sebabkan Tidur Anak Kurang Berkualitas

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai lima manfaat biasakan diri tidur tepat waktu, secara teratur. Dengan mengetahui semua manfaat tersebut, pastinya sudah tidak ada lagi alasan bagi kamu, untuk bergadang atau tidur larut malam. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.boldsky.com

www.katasaya.net

Subscribe to receive free email updates: