Berikut Delapan Mitos Dan Fakta menakjubkan Seputaran Fenomena Petir




Sahabat Saya Sekalian | Ketika sedang hujan lebat, tiba-tiba kamu melihat sekelebat cahaya dilangit, yang disusul dengan suara gemuruh yang sangat keras. Apa yang biasanya kamu lakukan?. Mungkin kebanyakan dari kamu, akan menutup telinga dengan kedua tangan serta memejamkan mata, atau mungkin juga kamu akan berlari sekencang mungkin menuju rumahmu bukan begitu?. 

Petir atau bisa juga disebut halilintar, adalah sebuah gejala alam yang biasanya muncul, pada musim hujan ketika hujan lebat. Yang mana di langit muncul kilatan cahaya sesaat, yang menyilaukan dan biasa disebut kilat. Kemudian disusul dengan suara gemuruh, yang menggelegar dan biasanya disebut geledek.

Perbedaan waktu kemunculan antara kilat dengan geledek ini, disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara, dan kecepatan cahaya. Sering juga, kita mendengar tentang mitos-mitos yang berkembang, seputaran fenomena petir ini. Apakah mitos-mitos tersebut benar adanya?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta unik seputar fenomena petir. Tetapi sebelum itu, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu petir. Adapun hal-hal unik tersebut ialah mitos serta fakta seputar fenomena petir, yang berkembang di dunia.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang fakta-fakta unik apa sajakah yang ada di balik feno mena petir tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Berikut Delapan Mitos Dan Fakta menakjubkan Seputaran Fenomena Petir

Baca Juga : Enam Fakta Seputaran Fenomena Gempa Bumi Yang Jarang Diketahui

- Petir Tidak Akan Menyambar Di Tempat Yang Sama Dua Kali

Kebanyakan orang beranggapan, bahwa petir tidak pernah menyambar di tempat yang sama, untuk kedua kalinya. Padahal kenyataanya, petir justru sering kali menyambar di tempat yang sama bahkan sampai berulang kali, terutama di tempat-tempat yang sangat tinggi. Seperti halnya Gedung Empire State, yang pernah disambar petir sebanyak 100 kali, dalam kurun waktu satu tahun.

- Rumah Merupakan Tempat Paling Aman Dari Sambaran Petir

Ketika sedang hujan yang disertai petir, rumah dianggap sebagai tempat yang paling aman, dan memungkinkan kamu terhindar dari sambaran petir. Hal tersebut memang benar adanya, jika kamu mematikan seluruh peralatan listrik, yang ada di dalam rumahmu.

- Petir Hanya Menyambar Daerah Yang Mendung Dan Hujan Deras

Bila kamu berpikir seperti itu maka kamu salah, karena petir sering kali menyambar daerah yang jaraknya lebih dari 4 km, dari pusat badai petir. Bahkan petir dapat menyambar, ke tempat yang sama sekali tidak turun hujan, atau pun berawan mendung. Tercatat, ada juga petir yang menyambar ke tempat, yang jaraknya lebih dari 15 km dari pusat petir tersebut muncul.

- Telungkup Di Tanah Ketika Petir Menyambar

Ada orang yang percaya, bahwa menelungkupkan badan di tanah, akan menghindarkan kita dari sambaran petir. Tetapi sebenarnya, berdasarkan pendapat sejumlah ahli, di daerah terbuka tidak ada tempat yang aman, saat petir sedang menyambar. Karena tanah dapat menjadi penghantar listrik yang sangat baik.

- Aksesoris Berbahan Metal Dapat Menghantarkan Petir

Kamu tidak perlu melepaskan aksesoris, yang berbahan metal pada saat petir menyambar, karena benda-benda tersebut tidaklah berbahaya. Justru pada saat petir menyambar, yang harus kamu perhatikan ialah penggunaan payung terlebih di daerah terbuka, karena payung akan membuat kamu semakin tinggi.

- Ban Kendaraan Yang Berbahan Karet Dapat Melindungi Dari Sambaran Petir

Sebenarnya bukan ban karet yang membuat aman, melainkan atap serta bagian samping mobil, yang berbahan dasar metal. Sambaran petir akan dialirkan ke tanah, melalui bahan metal kendaraan. Maka ketika petir menyambar pada kendaraanmu, jangan pernah bersandar atau menempelkan badanmu, di bagian metal kendaraanmu tersebut.

- Tubuh Orang Yang tersambar Petir Mengandung Listrik

Ada beberapa orang yang beranggapan, bahwa orang yang tersambar petir dalam tubuhnya mengandung listrik, yang akan mengalir juga ke tubuh orang yang menyentuhnya. Namun sebenarnya, sangat aman untuk menyentuh dan memberikan pertolongan pertama, pada korban sambaran Petir.

- Disambar Petir Belum Tentu Mati

Anggapan orang-orang, mengenai seseorang yang tersambar petir sudah pasti akan menemui ajalnya, ternyata tidak selalu benar. Karena ternyata, ada beberapa kasus sambaran petir pada manusia, yang tidak menyebabkan kematian pada korban sambarannya. Bahkan yang lebih ajaibnya, ada pula yang tidak mendapatkan luka sedikit pun, setelah tersambar petir.

Baca Juga : Lima Letusan Gunung Api Indonesia Terdahsyat Yang Pernah Tercatat

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai delapan fakta unik seputaran fenomena petir, yang berkembang di masyarakat. Ternyata tidak semua anggapan, mengenai fenemona petir yang berkembang di masyarakat, merupakan hal yang benar. Jadi, kita perlu lebih bijak lagi dalam menanggapi, semua informasi yang kita terima. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: