Enam Jenis Penyakit Berikut Diketahui Dapat Menyerang Darah




Sahabat Saya Sekalian | Setiap masalah yang berkaitan dengan darah, lebih dikenal dengan sebutan penyakit darah. Sebenarnya, terdapat berbagai jenis kelainan yang berkaitan dengan darah, dan para dokter telah mengelompokannya berdasarkan tipe, dari masalah yang menyerang darah tersebut. Namun, sebelum lebih lanjut mengenai jenis-jenis penyakit darah, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu komponen-komponen pada darah itu sendiri.

Adapun komponen utama yang ada dalam darah, ialah sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, Plasma, dan Trombosit. Sel darah merah sendiri, berguna untuk menyalurkan oksigen, keseluruh jaringan tubuh. Sementara itu, sel darah putih berguna untuk melawan infeksi. Dan Trombosit, berguna untuk proses pembekuan darah, sehingga dapat menghentikan pendarahan saat terjadi cedera.

Setiap masalah yang menyerang komponen-komponen darah, dapat berakibat fatal pada tubuh kita. Beberapa jenis masalah pada darah, memang tidak berpotensi menyebabkan Kanker, namun beberapa masalah lainnya justru berpotensi mengakibatkan Kanker.

Jika masalah pada darah ini telah terdeteksi sejak awal, para pasien yang menderita masalah tersebut, tidak perlu masuk pada tahap Transplantasi sel Punca. Adapun gejala-gejala yang menunjukan adanya masalah pada darahmu, seperti halnya mudah kelelahan, otot yang lemas, tidak cukup oksigen dalam otak, detak jantung yang cepat, sesak napas, dan lain sebagainya.

Setelah kita mengetahui hal-hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas juga buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa penyakit yang dapat menyerang darah. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang penyakit-penyakit apa sajakah itu?. Berikut ini ulasannya :

Enam Jenis Penyakit Berikut Diketahui Dapat Menyerang Darah- Anemia

Ini merupakan salah satu gangguan pada darah, yang paling umum terjadi, dan menyerang sel darah merah. Hal yang mungkin dialami tubuh kita saat mengidap Anemia yang cukup parah, ialah seperti halnya nyeri-nyeri pada tubuh, rasa lelah yang berlebih, kulit pucat, dan juga sesak napas.

- Leukemia

Ini merupakan salah satu gangguan pada darah yang sangat berbahaya. Leukemia sendiri, dapat terjadi akibat sel-sel darah putih yang mengganas, serta meningkatnya produksi sel-sel darah putih tersebut, pada sumsum tulang belakangmu.

Leukemia Akut merupakan sebuah kondisi yang sangat serius, dan memiliki perkembangan yang cepat. Sementara Leukemia Kronik berkembang secara perlahan. Dan metode utama pengobatan penyakit ganas satu ini, ialah melalui Kempoterapi dan Transplantasi sel Punca.

- Immune Thrombocytopenic Purpura (ITP)

Penyakit darah satu ini, diketahui menyerang Trombosit darah. Apabila jumlah Trombosit dalam darahmu menurun, kemudian terjadi pendarahan berupa bintik-bintik merah pada kulit, atau munculnya ruam kebiruan pada kulit, itu artinya kamu menderita penyakit satu ini.

- Myelodysplasia

Merupakan salah satu jenis penyakit Kanker yang menyerang darah. Penyakit ini ditandai dengan terjadinya disfungsional pada sumsum tulang, yang mengakibatkan terhambatnya produksi sel-sel darah merah. Myelodysplasia dapat berkembang menjadi Leukemia. Adapun cara mengobati penyakit satu ini, ialah melalui Transplantasi sel Punca, Transfusi darah, dan Kemoterapi. 

- Sepsis

Sepsis merupakan sebuah kondisi medis yang cukup serius, di mana terjadi peradangan di seluruh tubuhmu, yang disebabkan oleh adanya infeksi yang menyebar melalui darah.

- Malaria

Malaria merupakan sebuah penyakit, yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Ini merupakan salah satu jenis dari kelainan darah, yang menyerang sel darah merah. Sel darah yang pecah, dapat menyebabkan demam yang tinggi, kerusakan organ dalam tubuh, dan panas dingin. Harus diambil tindakan sesegera mungkin, ketika seseorang terjangkit penyakit Malaria, karena penyakit satu ini juga diketahui dapat mengaklibatkan kematian.

Baca Juga : Delapan Fakta Seputaran Penyakit Leukimia Yang Patut Kamu Tahu

Itulah ulasan mengenai enam jenis kelainan yang dapat menyerang darah, sahabat sekalian. Apabila kamu mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya, ada baiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter, untuk memastikan kamu tidak terserang penyakit-penyakit tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.katasaya.net
loading...

Subscribe to receive free email updates: