Enam Hal Berikut Jadi Pertanda Tubuh Kekurangan Cairan




Sahabat Saya Sekalian | Mungkin kamu masih bisa bertahan hidup tanpa makanan dalam sehari, akan tetapi hidup tanpa air meski hanya sehari, pastinya itu benar-benar hal yang menyulitkan, bukan begitu?. Air merupakan komponen yang amat penting bagi tubuh kita. Hal tersebut dikarenakan, sekitar 70% dari tubuh kita terdiri dari air.

Darah, Otot, dan bahkan Tulang yang ada dalam tubuh manusia mengandung air. Selain itu air juga bertanggung jawab untuk menjaga metabolisme tubuh kita. Setiap harinya, air yang ada dalam tubuh kita dikeluarkan, dalam bentuk urine dan juga keringat.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi delapan gelas air setiap harinya, guna mengganti semua air yang telah dikeluarkan. Selain itu, dengan mengonsumsi minimal delapan gelas air setiap harinya, dapat memenuhi kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tubuh kita. 

Terlebih lagi ketika musim panas tiba, dimana kita cenderung mengeluarkan keringat yang sangat banyak, sehingga pasokan air yang harus kita konsumsi pun sebaiknya juga meningkat guna menggantinya.

Selain fungsi-fungsi tersebut diatas, air juga diperlukan oleh tubuh manusia, guna mencegah timbulnya beberapa penyakit. Ketika kamu kurang minum air, itu dapat menimbulkan risiko penyakit ginjal, infeksi saluran kemih, serta dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan. Selain mengonsumsi air, kamu juga dapat mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan sup, untuk memenuhi kebutuhan air harian agar tubuh tetap sehat. 

Kemudian timbul pertanyaan, dampak apa sajakah yang dapat timbul, bila kita kurang minum air?. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa masalah kesehatan yang timbul akibat tubuh kekurangan cauran. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :
- Dehidrasi

Kamu pasti akan mengalami dehidrasi, ketika kamu kekurangan cairan dalam tubuh. Berawal dari dehidrasi, lama-kelamaan jika dehidrasi di biarkan, akan muncul masalah-masalah kesehatan lainnya.

- Suhu Tubuh Yang Meningkat

Ketika tubuh kamu kekurangan cairan, hal tersebut cenderung dapat meningkatkan suhu tubuh kamu. Dengan terpenuhinya kebutuhan air setiap harinya untuk tubuh, dapat menjaga suhu tubuh tetap dingin.

Tekanan Darah Rendah

Air merupakan komponen utama dari darah. Dengan begitu, apabila kebutuhan air untuk tubuh kita tidak tercukupi, hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya masalah tekanan darah rendah. 

- Nyeri Sendi

Tulang rawan yang terdapat pada persendian kita, 80% komponennya ialah air. Ketika tubuh kita kekurangan air terlebih pada bagian persendian, dapat menimbulkan masalah kesehatan berupa peradangan, serta nyeri sendi.

Sembelit

Ketika tubuh kamu kekurangan cairan, hal tersebut dapat menyebabkan kamu mengalami Sembelit. Untuk memperlancar buang air besar, sebaiknya kamu mencukupi kebutuhan air untuk tubuh kamu, setiap harinya.

- Masalah Pencernaan

Air merupakan komponen utama dalam tubuh, yang berguna untuk mendorong sisa makanan melewati usus, dan membuat sistem pencernaan menjadi bersih. Jadi, ketika tubuh kita kekurangan cairan, hal tersebut dapat menimbulkan masalah pada pencernaan.

- Kelelahan Dan Pusing

Ketika tubuh kita kekurangan air, jaringan serta sel-sel tubuh kita juga tidak menerima cukup air. Oleh karenanya, enzim-enzim pun akhirnya mengalami kegagalan, untuk menghasilkan energi yang cukup. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa pusing serta rasa lelah yang sangat.

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Delapan Hingga Dua Belas Gelas Air Putih Setiap Hari

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai enam kondisi tubuh akibat kurang minum. Air memang merupakan komponen, yang sangat penting bagi tubuh kita, sehingga tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.boldsky.com

www.katasaya.net
loading...

Subscribe to receive free email updates: