Enam Tips Berikut Dapat Secara Ampuh Atasi Gigi Kuning




Sahabat Saya Sekalian | Pernahkah kamu mengalami masalah gigi kuning?. Bagi sebagian orang, mungkin masalah gigi kuning ini sering terjadi, bahkan setelah mereka rutin melakukan sikat gigi, sebanyak dua kali dalam sehari. Masalah ini, pasti memberikan efek kurang percaya diri, serta kurang nyaman. Adapun masalah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

- Faktor alami

Beberapa orang, memang diciptakan dengan gigi berwarna kuning. Namun hal ini bukanlah sebuah kelainan. Sebenarnya, sebagian besar dari permukaan terluar gigi yang dinamakan email, memang berwarna putih. Tetapi, lapisan di bawahnya yang disebut dentin, secara alami memang berwarna kuning. 

Dalam beberapa kondisi, lapisan email yg tidak mengalami mineralisasi dengan baik, akan menyebabkan warna dentin yang kuning menjadi terlihat lebih jelas. Sehingga menyebabkan gigi tersebut tampak berwarna kuning.

- Kurang Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

Ketika kamu kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulu, hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor penyebab, gigi kamu berwarna kuning. 

- Menyikat Gigi Setelah Makan Yang Manis

Biasanya orang-orang yang takut gignya rusak, cenderung langsung menyikat gigi mereka setelah memakan makanan yang manis, mungkin kamu juga termasuk orang yang seperti itu. 

Hal ini ternyata kurang tepat, karena setelah proses pengunyahan makanan, maka mulut akan bersifat asam. Sehingga gigi akan mengeluarkan enamel, yang berguna untuk melindungi gigi, dan menetralisir keadaan mulut kamu. Sebaiknya, kamu menyikat gigi kurang lebih satu jam, setelah kamu makan makanan yang manis-manis.

- Merokok

Rokok juga dapat membuat gigi kamu berwarna kuning. Kandungan nikotin dalam rokok, dapat menyebabkan ruang dalam mulut, menjadi asam. Akhirnya, nikotin-nikotin tersebut melekat, pada dinding-dinding gigi.

- Membuka Kemasan Dengan Gigi

Biasanya ketika kamu ingin membuka sesuatu, tetapi saat itu kamu tidak menemukan gunting atau alat pembuka lainnya, maka kamu akan menggunakan gigi kamu bukan?. Namun hal ini ternyata salah, karena tindakan ini menjadi salah satu penyebab, gigi kamu menjadi rapuh dan lemah. Karena gigi yang rapuh, otomatis warna gigi pun akan menjadi tidak sehat, dan cenderung berwarna kuning.

Setelah kita mengetahui mengenai faktor-faktor, yang menyebabkan warna kuning pada gigi. Pada kesempatan kali ini juga, kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips yang berguna tuk atasi gigi kuning yang mengganggu. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :
- Mengunakan Siwak

Dalam merawat gigi, kamu dapat menggunakan Siwak atau Miswak. Siwak sendiri merupakan dahan atau akar pohon, yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan mulut, gusi dan gigi. Semua dahan atau akar pohon dapat digunakan untuk bersiwak. Akan tetapi, harus memenuhi syarat yaitu lembut dan bersih. Cara ini sudah dipakai oleh umat muslim, sejak lama untuk menjaga agar gigi, tetap bersih dan kuat.

- Menggunakan Biji Buah Pinang

Masyarakat zaman dahulu percaya, bahwa biji buah pinang dapat membantu, untuk memutihkan gigi yang kuning. Caranya cukup mudah, kamu tinggal membakarnya hingga hangsu, lalu haluskan hingga lembut. Gunakan itu, untuk menggosok gigi kamu, dengan menggunakan serabut pinang atau kain katun. Lakukan dalam kurun waktu dua minggu sekali. Cara ini juga dipercaya dapat memperkuat gigi.

- Menggunakan Pasta Gigi Alami

Untuk membuat pasta gigi alami, kamu dapat mencoba cara berikut. Sediakan daun salam serta kulit jeruk, kemudian jemur hingga kering. Tumbuk hingga halus bahan yang sudah kering tadi, lalu tambahkan air dan aduk hingga menyerupai pasta. Ramuan ini ampuh untuk membuat gigi kamu terlihat lebih putih.

- Menggunakan Lemon Dan Garam

Selain dengan daun salam dan kulit jeruk, kamu juga bisa membuat pasta gigi alami, menggunakan jus Lemon dan sedikit Garam. Pasta gigi alami ini, dipercaya dapat memutihkan gigi kamu. Namun tetap tidak boleh digunakan secara berlebihan, karena garam juga dapat merusak lapisan pada gigi.

- Menggunakan Arang Kayu

Mungkin kamu tidak akan percaya, bahwa arang kayu bisa dipakai untuk memutihkan gigi. Namun ternyata, cara ini memang benar adanya. Meski terbilang cara yang cukup tradisional, akan tetapi sangat ampuh, untuk menghilangkan warna gigi yang kuning. Tetapi tetap saja tidak boleh dilakukan secara berlebihan, karena dapat merusak email gigi.

- Berhenti Merokok

Bagi kamu yang merupakan perokok berat, jika kamu ingin menghilangkan masalah gigi kuning, ada baiknya kamu juga menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Selain dapat memutihkan gigi, dengan kamu berhenti merokok, maka hidup kamu pun akan lebih sehat.

Baca Juga : Lima Cara Alami Berikut Ampuh Atasi Masalah Rambut Rontok

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai enam cara terbaik tuk atasi masalah gigi kuning, yang sangat mengganggu. Jadi ketika kamu memiliki masalah serupa, ada baiknya kamu mencoba tips-tips tersebut, sehingga masalahmu dapat teratasi dengan baik dan kepercayaan dirimu juga akan meningkat. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: