Inilah Tips-Tips Memelihara Kura-Kura Brazil Dengan Baik Dan Benar




Sahabat Saya Sekalian | Kura-kura Brazil atau dalam bahasa latin disebut Trachemys Scripta Elegans, merupakan spesies kura-kura, yang berasal dari Amerika Serikat bagian Selatan. Warna kura-kura jenis ini, biasanya perpaduan antara warna kuning, dan warna hijau. Kura-kura ini berkembang biak dengan cara bertelur, dimana dalam sekali bertelur, kura-kura Brazil dapat menghasilkan 20 hingga 45 butir telur. 

Umur kura-kura Brazil dapat mencapai 20 tahun, serta panjang tubuhnya dapat mencapai ukuran 30cm. Daya tahan tubuh kura-kura Brazil pun tergolong cukup kuat, sehingga dia dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Oleh sebab itu pula, kura-kura jenis ini lebih mudah untuk di pelihara.

Karena kura-kura jenis ini cukup mudah untuk dipelihara, maka buat kamu yang ingin mencoba untuk memelihara kura-kura, tetapi tidak tahu ingin memelihara kura-kura jenis apa. Mungkin kura-kura Brazil ini, menjadi rekomendasi utama untukmu.

Nah buat kamu yang ingin memeliharanya, tetapi belum tahu cara merawat hewan ini, sebaiknya kamu membaca tulisan ini hingga habis. Karena pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips mudah memelihara Kura-kura Brazil, yang mungkin ingin kamu ketahui. Berikut ulasannya :


Inilah Tips-Tips Memelihara Kura-Kura Brazil Dengan Baik Dan Benar

Dalam memelihara kura-kura Brazil ini, diperlukan beberapa peralatan, yang berguna untuk mendukung proses pemeliharaannya. Diantaranya :

- Akuarium

Sebenarnya, kamu dapat juga memelihara Kura-kura Brazil, dalam kolam di luar rumah yang kamu buat sendiri. Akan tetapi, guna mempermudah proses pemeliharaan, sehingga kamu dapat memperhatikan dengan baik kura-kura yang kamu pelihara, sebaiknya kamu mempergunakan akuarium saja.

- Pijakan

Pijakan disini dapat berupa batu, yang permukaannya mencuat diatas permukaan air. Pijakan tersebut, berguna sebagai pijakan kura-kura, ketika ingin keluar dari air. Hal ini diperlukan, karena kura-kura Brazil bukanlah makhluk air murni, sehingga dia tetap harus keluar dari air sekali-kali.

- Pakan

Karena kura-kura Brazil merupakan hewan omnivora, yang berarti hewan ini pemakan segala, baik itu daging maupun tumbuhan. Maka sebaiknya, kamu mempersiapkan pakan berupa ikan kecil, sayuran, ataupun pelet.

Setelah kamu yakin bahwa peralatan yang diperlukan, sudah kamu persiapkan dengan baik. Kamu juga harus mengetahui, tentang beberapa tips memelihara kura-kura Brazil. Diantaranya ialah sebagai berikut :

- Gunakanlah akuarium yang sesuai dengan ukuran kura kura kamu. Hal ini bertujuan agar kura-kura kamu, dapat merasa nyaman berada dalam akuarium tersebut, sehingga tidak mudah terkena stres.

- Usahakan akuarium yang berisi kura­kura, tidak berada di dalam ruangan yang ber­AC. Karena suhu air yang baik untuk hewan ini, adalah 20 hingga 28 derajat Celcius.

- Berilah pakan yang bervariasi untuk kura­kura peliharaan kamu. Seperti halnya ikan kecil, wortel, cacing tanah dan lain-lain, agar Kura-kura tidak bosan.

- Berilah pakan secukupnya, dalam sehari biasanya kura-kura cukup diberi makan, dua kali saja.

- Berilah suplemen yang khusus untuk kura­kura. Suplemen tersebut, berfungi untuk meningkatkan, kekebalan tubuh kura­kura peliharaan kamu.

- Jagalah kebersihan air dalam akuarium. Kamu harus mengganti air di dalam akuarium tersebut secara rutin.

- Sikat cangkang kura­kura dengan perlahan, secara rutin minimal satu minggu sekali, untuk menghilangkan kotoran yang menempel serta sulit dihilangkan. 

- Tempatkanlah kura­-kura, ditempat yang dapat membuat kura-kura kamu terkena sinar matahari. Jika tidak, kamu bisa menjemur kura-kura kamu, setiap pagi di bawah sinar matahari. Karena kura-kura memerlukan asupan sinar UVA dan UVB. Sinar UV,  berguna untuk membantu proses pencernaan makanan, dan juga membantu menghangatkan tubuh kura­kura. 

- Berikan batu atau semacamnya di dalam akuarium. Hal tersebut, berfungsi sebagai tempat kura­kura berpijak, untuk keluar dari air

- Pastikan dekorasi akuarium yang kamu letakan dalam akuarium, bukanlah benda-benda yang dapat membahayakan, bagi kura-kura yang kamu pelihara

- Pastikan gizi pakan yang kamu berikan, serta jaga kebersihan akuarium. Suhu dalam akuarium juga harus kamu perhatikan. 

- Jangan terlalu sering memegang kura-kura.

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai tips-tips memelihara Kura-kura Brazil, yang mungkin berguna untuk kamu yang berminat memeliharanya. Perlu kamu ingat, bahwa hewan peliharaan yang kamu pelihara, merupakan maklhluk hidup juga. Jadi, pastikan kamu memperlakukannya dengan baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: