Berikut Asal Muasal Istilah Pedagang Kaki Lima




Sahabat Saya Sekalian | Tahukah kamu bahwa istilah pedagang kaki lima atau PKL, yang telah melekat ditelinga masyarakat Indonesia, ternyata bukanlah berasal dari kedua kaki pedagang ditambah dengan tiga roda gerobak, yang mereka gunakan untuk berjualan.

Mungkin hal tersebut, akan menimbulkan pertanyaan dalam benakmu. Jika bukan dari kedua kaki ditambah dengan tiga roda gerobak, lalu dari manakah asal mula sebenarnya nama kaki lima tersebut?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai asal muasal istilah pedagang kaki lima. 

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang darimana sebenarnya asal istilah pedagang kaki lima, disematkan bagi para pedagang di jalanan yang menggunakan gerobak?. Berikut ini ulasannya :


Berdasarkan sejarahnya sendiri, istilah pedagang kaki lima ini, ternyata berasal di zaman pemerintahan bangsa Belanda. Kala itu, gubernur jendral Indonesia yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles, menginstruksikan sebuah sistem lalu lintas, di sebelah kiri jalan raya. 

Selain menginstruksikan sistem tersebut, beliau juga mengeluarkan aturan bahwa di tepi jalan raya, harus disediakan Trotoar yang diperuntukan bagi para pejalan kaki. Dengan begitu, para pejalan kaki ini dapat berjalan dengan aman, di pinggir jalan raya. Trotoar yang dibuat, memiliki tinggi kurang lebih 31cm, dengan lebar kurang lebih 150cm atau sama dengan five feet (lima kaki). 

Istilah five feet ini, dikalangan para pedagang yang menjajakan barang dagangannya di trotoar, kemudian dikenal dengan sebutan 'kaki lima'. Dan dari sanalah, istilah pedagang kaki lima pun kemudian disematkan, bagi mereka yang berjualan di atas Trotoar, terutama yang menggunakan gerobak.

Itulah ulasan mengenai asal muasal istilah pedagang kaki lima, sahabat sekalian. Ternyata istilah tersebut, tidak serta merta disematkan begitu saja kepada para pedagang, melainkan memiliki sejarah yang begitu unik, bahkan berasal dari zaman pemerintahan Belanda dahulu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: