Berikut Tujuh Ciri Lelaki Soleh Yang Baiknya Para Wanita Tahu




Sahabat Saya Sekalian | Pastinya hampir setiap wanita muslimah, ketika ditanya mengenai kriteria calon suami idaman, akan menjawab ingin ingin calon suami yang soleh. Akan tetapi yang menjadi pertanyan, apakah masih ada lelaki beriman yang sejati, di zaman yang seperti sekarang ini?. Mungkin kamu akan berpikir, bahwa itu perkara yang sulit, untuk menemukannya.

Namun ternyata, lelaki soleh atau yang memiliki keimanan sejati, ternyata masih banyak di dunia ini. Kamu hanya perlu mengetahui ciri-cirinya. Kemudian timbul pertanyaan, bila memang lelaki soleh memiliki ciri-ciri yang dapat diamati, ciri-ciri apa sajakah yang dimaksud?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa ciri yang tunjukan bahwa seorang lelaki merupakan lelaki soleh. Dengan mengetahui ciri-ciri yang akan kita jelaskan ini, pastinya akan mempermudah dirimu untuk mencari lelaki yang baik, terutama untuk dijadikan calon pendamping.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenaki ciri-ciri apa sajakah yang menunjukan, bahwa seorang lelaki merupakan lelaki yang soleh?. Berikut ini ulasannya :

Berikut Tujuh Ciri Lelaki Soleh Yang Baiknya Para Wanita Tahu

Baca Juga : Tiga Ciri Berikut Tunjukan Bahwa Seseorang Miliki Sifat Penyabar

- Lelaki Soleh Akan Selalu Ingat Dengan Allah

Keimananya yang kuat dan teguh, bisa mengikat hatinya agar selalu tunduk hanya kepada Allah, dan tidak pernah meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim. Lelaki seperti ini, cenderung tidak akan menyimpang dari ajaran agamanya, bahkan akan selalu mengajarkanmu dalam hal kebaikan.

Selain itu, lelaki seperti ini juga tidak akan menjerumuskan istrinya, ke dalam perbuatan yang tidak baik. Dia akan selalu mengingatkanmu untuk melaksanakan shalat, serta akan membimbingmu ke arah yang benar menurut islam. Dan semua itu ia lakukan semata-mata karena Allah.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi ALLAH tuhan semesta alam” (QS. Al-An’aam [6]:162).

- Lelaki Soleh Selalu Menghindari Perbuatan Dan Perkataan Yang Kotor

Akhlak yang mulia, bisa mencegah seseorang dari perkataan, serta perbuatan yang tidak menyenangkan. Selain itu, orang yang memiliki akhlak mulia cenderung, selalu menjaga hubungan baik terhadap seseorang, maupun kepada sang Maha Penciptanya. Jadi tidak aneh jika orang yang memiliki akhlak mulia, selalu disegani oleh orang lain, bahkan akan selalu lembut dan berusaha untuk membahagiakan pasangannya.

Yang paling sempurna imannya di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada istri-istrinya.” (HR. Turmudzi)

- Lelaki Soleh Mampu Mengendalikan Hawa Nafsu

Pada dasarnya, manusia memiliki sifat baik dan juga buruk, sehingga penting sekali bagi seorang muslim, untuk memiliki kepribadian yang mampu menahan hawa nafsunya. Selain itu, orang yang mampu mengendalikan hawa nafsunya, sangat mudah untuk tetap bersabar, tidak mudah emosi, dan akan selalu beristighfar, tatkala hawa nafsu mulai mengendalikannya. Tentunya lelaki dengan ciri seperti ini, akan sangat bijak dalam memutuskan sesuatu perkara, yang terbilang penting.

Tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (HR. Hakim)

- Lelaki Soleh Tidak Akan Menyia-Nyiakan Waktu Dan Selalu Menepati Janji

Sifat ini merupakan sifat yang penting untuk dimiliki para lelaki muslim sejati. Dia akan selalu memanfaatkan waktunya untuk hal yang bermanfaat, serta cenderunng selalu menepati janjinya terhadap siapapun. Waktu merupakan hal yang sangat penting dalam islam, sehingga Rasulullah sendiri pernah menyinggunggya hidup sebelum mati, muda sebelum tua, sehat sebelum datang sakit, senggang sebelum sibuk dan kaya sebelum miskin.

- Lelaki Soleh Selalu Menundukan Pandangan

Lelaki yang soleh, akan selalu menundukkan pandangannya saat melihat wanita, yang bukan muhrimnya. Selain karena keimanan, hal ini juga bertujuan agar dirinya dapat terhindar, dari hawa nafsu.

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman : “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” An-Nur ayat 30:

- Lelaki Soleh Itu Dapat Bermanfaat Bagi Keluarga Serta Orang Lain

Lelaki muslim sejati, selain bermanfaat untuk keluarganya, ia juga harus dapat bermanfaat bagi orang lain. Yang dimaksud bermanfaat disini, tentunya manfaat-manfaat yang bersifat kebaikan, di manapun ia berada. Sehingga lelaki seperti ini, akan selalu berfikir bagaimana caranya untuk membantu orang lain, yang sedang kesusahan dan meringankan beban mereka.

Bahkan dia akan berusaha semaksimal mungkin, agar dirinya dapat membantu, dan bermanfaat bagi orang lain. Dengan orang lain saja sangat peduli, bagaimana dengan pasangannya?. Tentu dia akan berusaha keras, untuk membahagiakan pasangannya tersebut.

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Qudhy dari Jabir)

- Lelaki Soleh Akan Mengajak Menikah Bukan Pacaran

Sebenernya, lelaki yang gentle itu yang berani ngajak kamu menikah, bukannya yang nembak kamu dengan cara romantis untuk jadi pacarnya. Jika dia hanya mengajak kamu pacaran, itu pertanda dia bukan mulsim sejati. Karena selain membuang waktu, pacaran hanya akan mendekatkan dirimu, dengan kemaksiatan.

Pastinya kamu tahu sendiri, bagaimana pergaulan anak-anak zaman sekarang, terlebih dalam segi pacaran?. Yang awalnya cuma pegang-pegangan, kemudian peluk-pelukan, bahkan hingga melakukan perkara, yang seharusnya hanya dilakukan oleh suami istri, dapat terjadi tatkala kamu berpacaran.

Janganlah seorang laki-laki berdua-duaan dengan wanita kecuali bersama mahramnya. (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Baca Juga : Berikut Delapan Sifat Wanita Yang Mampu Hantarkan Pasangannya Raih Kesuksesan

Itulah ulasan mengenai tujuh sifat yang dimiliki oleh seorang lelaki yang soleh, sahabat sekalian. Jadi perbanyaklah berdo'a, agar kelak lelaki yang datang untuk melamarmu, merupakan lelaki yang memiliki sifat atau ciri-ciri yang telah kita bahas di atas. Karena pastinya, dia akan bisa membimbingmu kearah yang lebih baik, serta dapat membahagiakanmu pula. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.rislah.com/cewek-wajib-tahu-nih-ciri-pria-sejati-menurut-islam-yang-cocok-buat-calon-suami
loading...

Subscribe to receive free email updates: