Tiga Ciri Berikut Tunjukan Bahwa Seseorang Miliki Sifat Penyabar




Sahabat Saya Sekalian | Sabar mungkin sebuah ungkapan, yang sangat mudah untuk kita ucapkan, namun sulit dalam penerapannya. Hal tersebut dikarenakan, untuk dapat menjadi orang yang sabar, ketenangan batin amat sangat diperlukan. Segala masalah, harus dapat kita hadapi, dengan kepala dingin dan penuh rasa ikhlas. Akan tetapi, seperti yang kita ketahui bersama, bahwasannya setiap diri manusia memiliki hawa nafsu, yang seringkali menguasai diri kita. 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam QS. Al Imran ayat 146, yang artinya Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintiai orang-orang yang sabar,

Terjemahan QS Al Imran ayat 146 tersebut, menjadi tamparan bagi kita yang mudah naik darah, dan juga marah-marah.  Betapa tidak, zaman dahulu Nabi dan para pengikutnya, diuji dengan berbagai cobaan berat, tatkala ingin menunaikan ibadah. Sedangkan kita yang telah diberi kemudahan, justru seringkali mengeluhkan berbagai hal, dan selalu meminta untuk lebih dimudahkan lagi.

Karenanya, patutlah kita terus belajar untuk dapat lebih bersabar, seperti mereka yang selalu bersabar dalam menghadapi segala tantangan kehidupan. Meski ujian yang terasa begitu berat, menghadang jalan kita, yakinlah selalu bahwa Allah akan mempermudahnya.

Kemudian timbul pertanyaan, untuk dapat menjadi seorang penyabar, langkah apa saja yang harus kita tempuh?. Sebenarnya ada beberapa ciri dari seorang penyabar, yang mungkin dapat kita biasakan dalam kehidupan kita, sehingga kita juga dapat termasuk dalam golongan orang penyabar.

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa ciri yang menunjukan bahwa seseorang memiliki sifat penyabar. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai ciri-ciri apa sajakah yang dimaksud?. Berikut ini ulasannya :

Tiga Ciri Berikut Tunjukan Bahwa Seseorang Miliki Sifat Penyabar

- Orang Sabar Tidak Mudah Mengeluh

Seberat apa pun musibah yang kita hadapi, orang yang memiliki sifat penyabar, tidak akan mudah untuk mengeluh. Ia akan selalu ingat, bahwa dirinya masih memiliki Allah untuk bersandar, dan mengadukan segala keluh kesah yang dihadapinya. 

Dia akan selalu yakin, bahwa semua solusi yang Allah berikan, pastinya merupakan solusi terbaik, yang dibutuhkannya sebagai seorang hamba. Tidak mudah mengeluh juga, dapat menjadi sebuah pembelajaran bagi kita, untuk terus berusaha hingga batas kemampuan yang kita miliki.

- Orang Sabar Pantang Menyerah

Orang yang memiliki sifat penyabar, takkan pernah menyerah, dengan rintangan yang dihadapinya. Sesulit dan seterjal apa pun medan yang akan ia tempuh, sedikit pun ia tak akan pernah mengeluh, terlebih lagi sampai menyerah dan kalah.

- Orang Sabar Tidak Menampilkan Kesedihannya Muka Umum

Orang yang memiliki sifat penyabar, enggan menampilkan segala kesedihan, dan kegundahan yang ia rasakan di depan umum. Orang seperti ini, bukan berarti mereka tidak ingin berbagi cerita, tapi mereka lebih memilih menyimpan kesedihan dan kegundahannya sendiri, dengan dalih tidak ingin menyulitkan saudaranya.

Baca Juga : Apa Sih Perbedaan Ta'aruf Dengan Pacaran?

Itulah ulasan mengenai tiga ciri orang yang memiliki sifat penyabar, sahabat sekalian. Beruntunglah bagi kamu, apabila memiliki ciri-ciri sifat seperti yang telah kita bahas di atas, karena bisa dipastikan kamu merupakan orang, yang memiliki sifat penyabar. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.islampos.com/penyabar-miliki-3-ciri-ini-320794/
loading...

Subscribe to receive free email updates: