Inilah Enam Tokoh Superhero Yang Berasal Dari Komik Indonesia




Sahabat Saya Sekalian | Meskipun jarang sekali terdengar, namun ternyata Indonesia juga memiliki tokoh superhero. Komik asli Indonesia, memang sempat berjaya pada tahun 1969, hingga kisaran tahun 1980-an. Saat itu kemunculan komik superhero 'Gundala Putra Petir', dan juga 'Godam Manusia Besi' laris manis dipasaran, sehingga menyebabkan komikus lain terinspirasi, untuk membuat karya serupa.

Namun seiring berjalannya waktu, karya-karya tersebut kini semakin jarang diminati, dan komik Indonesia bisa dinyatakan benar-benar lenyap, setelah tahun 1988. Hingga pada akhirnya, posisi komik asli indonesia, tergeser oleh manga asal Jepang serta komik-komik Marvel, sejak awal tahun 1990-an hingga saat ini.

Nah untuk mengenang kembali kejayaan komik asli Indonesia dahulu, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tokoh superhero Indonesia, yang berasal dari komik-komik asli Indonesia zaman dahulu.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai karakter superhero seperti apakah, yang berasal dari komik-komik asli Indonesia zaman dahulu tersebut?. Berikut ini ulasannya :

- Gundala Putera Petir

Inilah Enam Tokoh Superhero Yang Berasal Dari Komik Indonesia

Gundala mesupakan tokoh komik ciptaan Hasmi, yang muncul pertama kali dalam komik 'Gundala Putra Petir', pada tahun 1969 yang lalu. Jelas sekali, nampak pengaruh komik superhero Amerika, pada desain karakter maupun jenis kekuatan yang dimilikinya, meskipun tetap alur ceritanya bergaya Indonesia. Lokasi cerita sering digambarkan berada di kota Yogyakarta, namun dalam filmnya yang dibuat pada tahun 1982, setting lokasinya berada di Jakarta.

Kisahnya berawal, dari seorang peneliti jenius bernama Sancaka, yang menemukan serum anti petir. Tenggelam dalam ambisinya sebagai seorang ilmuwan, ia melupakan hari ulang tahun Minarti, yang merupakan kekasih Sancaka, dan berakibat pada putusnya hubungan mereka. Sancaka yang patah hati, berlari dengan perasaan yang sangat galau, di tengah hujan yang cukup deras.

Tiba-tiba sebuah petir menyambarnya. Dalam keadaan tak sadarkan diri, Sancaka ditarik oleh suatu kekuatan dari planet lain, dan diangkat anak oleh raja Kerajaan Petir, yang bergelar Kaisar Kronz. Selain diangkat anak. Sancaka juga diberkati kemampuan super, yaitu mam;pu memancarkan geledek dari telapak tangannya. Dan Raja Taifun dari kerajaan Bayu, memberinya kekuatan lari secepat angin.

Sejak saat itulah, pada waktu-waktu tertentu, ia tampil sebagai jagoan penumpas kejahatan, berpakaian hitam pekat, sepatu, dan juga cawat berwarna merah. Wajahnya tertutup topeng, hanya tampak mata dan mulutnya saja. Dan di sisi topengnya terdapat hiasan menyerupai sayap burung.

- Godam Manusia Besi

Inilah Enam Tokoh Superhero Yang Berasal Dari Komik Indonesia

Godam merupakan tokoh komik ciptaan Wid NS. Karakter ini muncul untuk pertama kalinya, dalam komik berjudul 'Memburu Doktor Setan', pada tahun 1969 yang lalu. Godam berasal dari dimensi lain, dimana terdapat negeri yang bernama Godam.

Dikarenakan perlawanannya terhadap kekejaman Ratu Candalani, Godam yang masih bayi dan merupakan putra bangsawan negeri Godam, menjadi buronan sebagaimana kedua orang tuanya, yang dianggap memberontak terhadap kekuasaan Candalani.

- Aquanus

Inilah Enam Tokoh Superhero Yang Berasal Dari Komik Indonesia

Aquanus merupakan tokoh komik ciptaan Wid NS. Karakter ini muncul untuk pertama kalinya, dalam komik berjudul 'Aquanus di Planet Vibhy', pada tahun 1968 yang lalu. Ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat Raja Sving yang masih bayi, dilarikan ke luar angkasa dengan menggunakan roket.

Roket itupun jatuh ke lautan di planet bumi. Keluarga pemburu paus memelihara anak yang bernama Dhanus itu. Bangsa Zyba sendiri, ialah bangsa yang mampu hidup di darat maupun di air, sehingga Dhanus dapat dengan mudah bermain-main ke dasar lautan.

Suatu ketika pada saat menyelam ke dasar laut, seseorang yang mengaku berasal dari planet Zyba, menolongnya dari serangan gurita raksasa. Ia memberikan sabuk sinar pelangi kepada Dhanus, dan menjadi senjata pamungkas dari Aquanus. Nama Aquanus sendiri, berasal dari Aqua yang berarti air, dan Nus dari Dhanus.

- Caroq

Inilah Enam Tokoh Superhero Yang Berasal Dari Komik Indonesia

Caroq merupakan tokoh komik ciptaan Ahmad Thoriq. Caroq sendiri diciptakan pada tahun 1992. Nama aslinya ialah Ongko yang berprofesi sebagai sopir taksi. Ia memiliki kekuatan magis, untuk mengubah dirinya, menjadi seorang superhero. Senjata pamungkasnya, ialah dua bilah celurit sakti yang panjang. Musuh bebuyutan dari Caroq, adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis.

- Zantoro

Inilah Enam Tokoh Superhero Yang Berasal Dari Komik IndonesiaZantoro berasal dari keluarga yang kurang harmonis, adiknya yang bernama Mantoro tinggal bersama sang ibu, sedangkan Zantoro tinggal bersama sang ayah. Sang ayah merupakan seorang pedagang, dan ahli dalam pembuatan senjata tajam. Zantoro pun, mewarisi kemampuan sang ayah dalam membuat senjata tajam. serta ahli juga dalam memainkannya.

Zantoro sangat benci dengan kejahatan, ia akan merasa sangat marah, tatkala melihat tindak kejahatan di hadapannya. Tak sedikit penjahat, mulai dari penjahat kelas teri hingga penjahat kelas kakap, yang berhasil diringkus oleh Zantoro.

- Merpati

Inilah Enam Tokoh Superhero Yang Berasal Dari Komik Indonesia

Sedhah adalah seorang wartawati, yang sedang mencoba menolong ayahnya, yang diculik. Namun, ia terjatuh ke dalam sebuah jurang, dan ditolong oleh segerombolan merpati, yang kemudian membawanya menghadap Ratu Merpati. Ratu Merpati memasukkan Sedhah, kedalam suatu ramuan ajaib yang membuat Sedhah memiliki kekuatan super, sehingga ia dikenal dengan sebutan 'Merpati'.

Itulah ulasan mengenai enam karakter superhero yang berasal dari komik Indonesia, sahabat sekalian. Meskipun penampilan serta karakteristik kekuatannya, tidak jauh berbeda dengan tokok superhero dari luar sana, namun tetap kita harus berbangga, karena cerita dari komik superhero asal Indonesia ini tidak kalah menarik. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: