Alasan Ilmiah Mengapa Mencuci Piring Berguna Untuk Meredakan Stres




Sahabat Saya Sekalian | Stres merupakan sebuah bentuk ketegangan fisik, psikis, emosi, maupun mental. Bentuk ketegangan ini, dapat mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan masalah stres ini, dapat mengakibatkan produktivitas seseorang menurun, rasa sakit, serta gangguan-gangguan mental lainnya.

Padatnya rutinitas kita sehari-hari, seringkali berimbas pada rentannya kita mengalami stres. Namun jangan khawatir, karena dengan mengerjakan pekerjaan rumah seperti halnya mencuci piring, ternyata diketahui dapat meredakan stres. 

Mengapa bisa demikian ya?, lalu adakah alasan ilmiah di balik hilangnya stres, dengan cara mencuci piring ini?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai alasan utama di balik mencuci piring, dapat berguna untuk menghilangkan stres.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai apakah yang menjadi alasan ilmiah di balik kegiatan mencuci piring, yang berimbas pada hilangnya stres?. Berikut ini ulasannya :

Alasan Ilmiah Mengapa Mencuci Piring Berguna Untuk Meredakan Stres

Baca Juga : Lima Tips Ampuh Cegah Pikiran Ingin Bunuh Diri Saat Alami Depresi

Sebuah penelitian, yang dilakukan oleh Florida State University menemukan fakta, bahwa ketika orang mencuci piring dengan serius serta fokus pada apa yang ia kerjakan, hal tersebut dapat membuat tingkat stres dan kegelisahannya lebih rendah. Para peneliti itu juga merekomendasikan, cuci piring sebagai salah satu terapi, untuk meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Penelitian tersebut melibatkan sedikitnya 51 partisipan, dimana masing-masing diantara mereka, diminta untuk mencuci sedikitnya 18 piring hingga bersih. Mereka yang mencuci piring dengan penuh kesadaran dan fokus, serta merasakan suhu air dilaporkan mengalami peningkatan, dalam berpikir secara positif. Rasa gugupnya berkurang hingga 27%, dan pemikiran inspiratif meningkat hingga 25 persen.

Beberapa gerakan tangan, aroma sabun, serta banyaknya busa sabun yang tersentuh tangan saat mencuci piring, secara tidak langsung dapat menurunkan tekanan dan beban dalam pikiran dan membuat stres menjadi hilang." Tutur peneliti bernama Adam Hanley.

Dalam laporannya, para peneliti mengungkapkan bahwa fokus saat mencuci piring, akan membuat pikiran kita lebih tenang, meningkatkan apek-aspek positif, mengurangi pemikiran-prmikiran negatif, serta yang pasti membuat proses cuci piring tidak terlalu melelahkan. Dan agar hasilnya semakin optimal, Adam pun menyarankan, agar mencuci piring dengan perlahan, dan tidak lupa untuk mengatur nafas.

Baca Juga : Enam Cara Berikut Ampuh Ringankan Stres Di Masa Sibuk Kerja

Itulah ulasan mengenai alasan ilmiah di balik mencuci piring yang berguna untuk meredakan stres, sahabat sekalian. Ternyata hal sedernaha, yang seringkali kita malas melakukannya seperti mencuci piring ini, memiliki manfaat yang tak terduga. Jadi kamu tidak boleh malas-malasan lagi buat mengerjakannya ya. Semiga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: