Berikut Alasan Utama Mengapa Perut Kita Keroncongan Saat Lapar




Sahabat Saya Sekalian | Lapar adalah sensasi fisik sebagai pertanda tubuh kita membutuhkan asupan makanan. Memikirkan makanan, kurang konsentrasi hingga mudah marah adalah gejala seseorang merasa lapar. Lapar bisa kembali dirasakan, setelah tiga hingga empat jam setelah makan, dan rasa lapar akan meningkat, seiring bertambahnya waktu.

Selain itu, ketika perut kita lapar, biasanya perut kita juga berbunyi, yang menandakan bahwa ia ingin segera diisi kembali. Yah, bunyi perut tersebut dikenal juga, dengan istilah keroncongan. Apakah perut kita benar-benar memainkan musik keroncong, sehingga membuat bunyi tersebut disebut keroncongan?, tentu saja tidak sahabat.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, sebenarnya apa sih yang menyebabkan perut kita berbunyi, tatkala merasa lapar?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai alasan utama mengapa perut kita berbunyi saat kosong.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai alasan apakah yang membuat perut kita keroncongan, saat ia dalam keadaan kosong?. Berikut ini ulasannya :

Berikut Alasan Uatma Mengapa Perut Kita Keroncongan Saat Lapar

Perut berbunyi atau keroncongan ini terjadi, dikarenakan dinding saluran pencernaan manusia, sebagian besarnya terbentuk dari lapisan-lapisan otot halus. Dan ketika terjadi gerakan, dan gesekan pada proses pencernaan, hal tersebut akan menghasilkan suara. Suara tersebut dihasilkan dari gas, cairan, dan juga udara, yang terdorong dalam proses pencernaan makanan.

Sebenarnya perut kita ini, secara terus-menerus bersuara. Hanya saja bila dalam keadaan kenyang atau terisi makanan, suara tersebut tidak terdengar, disebabkan adanya makanan yang dicerna. Sehingga ruang bagi udara, cairan, dan juga gas, yang ada di dalam saluran pencernaan, jauh lebih kecil.

Lalu dalam perut yang kosong, suara ini pun semakin terdengar keras dan jelas, setiap kali perut berbunyi. Lambung akan mengirimkan sinyal ke otak, agar otot pencernaan bekerja mencerna kembali. 

Dan kontraksi otot halus dalam dalam manusia, yang menghasilka suara ini, dapat berlangsung dalam jangka waktu 10 hingga 20 menit. Dan akan terus berulang, setiap satu hingga dua jam, sampai perut kita terisi makanan kembali. Proses ini juga berfungsi, untuk membersihkan sisa-sisa makanan, yang tidak tercerna sebelumnya.

Baca Juga : Berikut Enam Makanan Yang Tak Baik Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Itulah ulasan mengenai alasan mengapa perut kita keroncongan saat lapar, sahabat sekalian. Jadi, sebenarnya itu bukanlah suatu perkara yang memalukan, ketika perut kita berbunyi. Justru itu merupakan pertanda, bahwa perut kamu telah kosong, dan ingin diisi saat itu juga. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: