Inilah Alasan Mengapa Seseorang Bisa Mengigau Saat Tidur




Sahabat Saya Sekalian | Pernahkah kamu mengigau, atau melihat seseorang yang mengigau, tatkala ia tidur?. Semua orang yang mengigau saat tidurnya, tidak pernah menyadari perilaku mereka tersebut, hingga ada orang yang memberitahukannya.

Mengigau atau dalam bahasa medisnya disebut parasomnia sendiri, merupakan sebuah gangguan tidur yang ditandai dengan, vokalisasi yang dapat berupa gumaman, dan kata-kata yang kurang jelas yang tidak disadari. Selain mengigau, ada juga beberapa gangguan tidur lain, seperti halnya berjalan sambil tidur, gigi yang menggiling pada saat tidur, sindrom kaki gelisah, serta anggota badan yang bergerak secara berkala pada saat tidur.

Kemudian timbul pertanyaan, apa sebenarnya yang menyebabkan, kita mengigau saat tidur?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai alasan utama mengapa kita bisa mengigau saat tidur

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar ingin mengetahui, mengenai apa sebenarnya yang menjadi alasan, kita bisa mengigau tatkala sedang tidur?. Berikut ini ulasannya :

Inilah Alasan Mengapa Seseorang Bisa Mengigau Saat Tidur

Baca Juga : Berikut Tujuh Jenis Gangguan Tidur Yang Dapat Menjangkiti Manusia

Berbicara saat tidur atau yang umum disebut mengigau, merupakan sebuah fenomena umum, yang biasanya dialami oleh anak-anak. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga, memiliki kebiasaan mengigau. Tahukah kamu, bahwa lima persen dari orang dewasa, memiliki kebiasaan mengigau. Akan tetapi kebiasaan ini, lebih sering terjadi pada laki-laki.

Meskipun tidak berbahaya, namun mengigau bisa menjadi tanda gangguan tidur, yang lebih serius. Misalnya sleep apnea, night terrors, gangguan perilaku REM (Rapid Eye Movement), atau mimpi yang melibatkan fungsi indra.

Menurut dokter spesialis, mengigau merupakan sebuah gangguan tidur, yang dapat terjadi dalam setiap tahap tidur. Isi igauan biasanya, merupakan dialog yang rumit, atau monolog, dan bahkan sekedar berguman. Berbicara saat tidur ini, dapat terjadi ketika seseorang mengalami demam, kurang tidur, depresi, stress, atau mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan sebelum tidur. 

Mengigau juga akan mengacaukan kualitas tidurmu, serta orang yang tidur di dekatmu. Apalagi jika suara igauan tersebut, cukup keras dan juga sering. Orang yang sedang mengigau, sebenarnya bisa dibangungkan. Hal itu akan membuat mereka berhenti untuk sementara, akan tetapi ketika mereka tidur kembali, kemungkinan ia akan mengigau kembali pula.

Baca Juga : Inilah Lima Perkara Yang Sebabkan Tidur Anak Kurang Berkualitas

Itulah ulasan mengenai hal yang dapat menyebabkan seseorang mengigau saat tidur, sahabat sekalian. Jadi, ketika ada seseorang yang memberitahumu bahwa dirimu mengigau saat tidur, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Guna mengetahui dengan pasti, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: