Enam Hal Berikut Sebaiknya Tak Kamu Katakan Pada Penderita Depresi




Sahabat Saya Sekalian | Apakah saat ini ada temanmu yang mengalami depresi?. Jika benar, maka sebaiknya kamu mengetahui bagaimana sulitnya, mereka berjuang melawan hal tersebut, bukan begitu?. Yah, belakangan ini jumlah orang yang mengalami Depresi terus meningkat, sebagai hasil dari gaya hidup penuh tekanan yang mereka jalani.

Kerap kali, kita merasa bahwa Depresi bukanlah sebuah gangguan yang serius, karena penyakit satu ini biasanya tidak menunjukan gejala fisik yang banyak. Namun saat ini, orang-orang mulai bisa menyadari, bahwa terdapat konsekuensi yang lebih serius dari Depresi. Meskipun tidak sedikit yang masih menganggap, bahwa depresi tidak lebih dari sekedar 'merasa rendah diri'.

Depresi dapat digambarkan, sebagai sebuah kondisi dimana terdapat beberapa perubahan hormon dan kimiawi, yang terjadi di dalam otak kita. Hal tersebut dapat menyebabkan serangkaian gejala, yang tidak kita inginkan, bahkan bisa juga yang membahayakan kehidupan kita sehari-hari.

Adapun beberapa gejala yang biasanya timbul saat seseorang mengalami Depresi, antara lain keputusasaan yang mendalam, kesepian, mudah marah, agresi, serta kecenderungan untuk melakukan bunuh diri. Lalu bagaimana kita harus menghadapi orang-orang yang mengalami Depresi?. Ternyata ada beberapa hal, yang tidak boleh kita katakan, terhadap seseorang yang mengalami Depresi.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa perkara yang sebaiknya tidak kita katakan terhadap mereka yang mengalami Depresi. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai perkara apa sajakah yang dimaksud?. Berikut ini ulasannya :

Enam Hal Berikut Sebaiknya Tak Kamu Katakan Pada Penderita Depresi

Baca Juga : Lima Tips Ampuh Cegah Pikiran Ingin Bunuh Diri Saat Alami Depresi

- "Bergembiralah"

Meski kamu mengatakn hal tersebut, tetap saja mereka yang mengalami Depresi, akan sulit untuk menghilangkan perasaan 'rendah dirinya'. Hal tersebut dikarenakan, terjadinya perubahan-perubahan kimia di dalam otak mereka, yang tak bisa mereka kendalika.

- "Itu Semua Hanya Ada Dalam Pikiranmu"

Depresi merupakan sebuah kondisi yang tak terbayangkan. Jadi bila kamu mengatakan hal tersebut, pada mereka yang sedang mengalami depresi, hal tersebut seperti halnya kamu sedang menganggap remeh penyakit serius ini.

- "Di Luar Sana Banyak Orang Yang Mengalami Hal Yang Lebih Buruk"

Jika kamu membandingkan masalah yang dialami seseorang dengan orang lain, sambil mengatakan bahwa banyak orang yang memiliki masalah lebih berat, hal tersebut tidak akan membantu sedikitpun, sebenarnya. Karena seseorang akan selalu menganggap berat masalah-masalah yang mereka hadapi.

- "Sudahlah Lupakan Masalahmu"

Depresi merupakan suatu kondisi kesehatan, dimana terjadinya perubahan kimiawi, dalam otak seseorang. Jadi, kita tidak bisa begitu saja mengatakan 'sudah lupakan semuanya', namun mereka harus mendapatkan perawatan, yang mungkin akan memakan waktu cukup lama.

- "Kamu Hanya Sedang Mencari Perhatian"

Ini merupakan sebuah perkataan yang kasar, terlebih bila kamu mengatakannya, kapada orang yang sedang mengalami Depresi. Depresi, dapat menimbulkan sejumlah besar rasa sakit dan konflik dalam benak penderitanya, yang tak memungkinkan siapapun untuk berpura-pura akan hal itu, terutama hanya untuk mendapat perhatian.

- "Kamu Hanya Bersikap Dan Berpikir Negatif"

Orang-orang yang menderita Depresi, tidak membuat-buat gejala yang timbul, atau pun perasaan yang mereka rasakan. Jadi kritikan seperti itu, hanya akan membuat perasaan dan keadaan mereka, semakin memburuk.

Baca Juga : Berikut Enam Gejala Fisik Yang Dapat Timbul Akibat Mengalami Depresi

Itulah ulasan mengenai enam hal yang sebaiknya tak kamu katakan pada orang yang alami Depresi, sahabat sekalian. Jadi sedikit banyak kita sudah tahu, bagaimana untuk berurusan dengan mereka yang mengalami Depresi, bukan begitu?. Yang perlu ditekankan disini adalah, hati-hati dalam berbicara dengan mereka yang menderita Depresi, jangan sampai perkataanmu justru memperburuk keadaan. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: