Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Cina




Sahabat Saya Sekalian | Makhluk mitologi merupakan makhluk yang keberadaanya, dituturkan dalam kisah-kisah mitologi, legenda, maupun fabel. Makhluk-makhluk tersebut juga, terkait dengan folklor suatu suku. Makhluk mitologi pada umumnya bersifat fantastis, baik dari segi bentuk, maupun kemampuannya.

Republik Rakyat Cina atau lebih dikenal dengan Cina, merupakan sebuah negara yang memiliki banyak cerita-cerita rakyat, tentang makhluk-makhluk mitologi ini. Dan hal tersebut, justru menjadi nilai tambah bagi Negeri Tirai Bambu ini, yang menjadikannya banyak dikenal oleh masyarakat dunia, karena penasaran dengan kisah makhluk-makhluk tersebut.

Kemudian timbul pertanyaan, makhluk-makhluk mitologi paling terkenal seperti apa sih, yang ada dalam cerita-cerita rakyat yang berkembang di Cina?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa makhluk mitologi yang berkembang dalam cerita rakyat Cina.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai makhluk-makhluk mitologi apa sajakah, yang paling terkenal dalam cerita-cerita rakyat Cina?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Yunani

- Naga Tiongkok

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Cina

Siapa yang tidak kenal dengan naga versi Tiongkok?. Di Tiongkok sendiri, seekor naga memiliki bentuk tubuh, yang panjang menyerupai seekor ular, dan memiliki empat kaki. Naga Tiongkok, terkenal karena kekuatannya yang hebat, dalam mengatur air dan juga turunnya hujan, Berbeda dengan naga-naga dari Barat, yang identik dengan kekejaman dan kekuatannya yang merusak, naga Tiongkok justru menjadi simbol keberuntungan dan kekuatan yang besar.

- Pixiu

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Cina

Pixiu atau Bixie merupakan makhluk mitologi, yang menyerupai singa namun memiliki sepasang sayap. Pixiu sendiri memiliki dua versi, yaitu versi tanah dan versi air, namun sama-sama sebagai simbol kekayaan. Pixiu diceritakan, sebagai makhluk yang dapat menelan segala sesuatu, tanpa membiarkan satu pun yang lewat.

Inilah yang menjadikan Pixiu, sebagai simbol kekayaan yang bisa datang, dari arah mana saja. Selain itu, Pixiu juga dapat mengusir iblis, serta dapat membawa keberuntungan. Hingga hari ini, Pixiu seringkali dijadikan desain jimat dari batu permata.

- Zhu Que

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Cina

Sering disamakan dengan Feng Huang, Zhu Que merupakan salah satu, dari empat simbol mata angin Tiongkok. Zhu Que melambangkan elemen api, arah selatan, dan juga musim panas. Zhu Que sangat berbeda dengan Feng Huang. Feng Huang merupakan burung legendaris, yang menjadi pemimpin dan dijadikan simbol, dari seorang ratu Tiongkok. Sedangkan Zhe Que sendiri, merupakan makhluk roh yang ada, dalam arah mata angin Tiongkok.

- Qilin

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Cina

Qilin merupakan makhluk mitos Tiongkok, yang sangat terkenal di seluruh penjuru Asia Timur. Bentuk seekor Qilin menyerupai seekor naga, yang diselimuti sisik, namun memiliki badan menyerupai seekor sapi atau kuda. Hewan ini sering dikatakan sebagai Unicorn-nya Tiongkok, pasalnya hewan ini juga memiliki tanduk di kepalanya.

Namun tak seperti Unicorn, Qilin digambarkan dengan berbagai jumlah tanduk, terkadang satu terkadang juga dua. Makhluk satu ini kerap kali muncul, ketika seorang pendeta besar atau seorang kaisar yang bijaksana, meninggal dunia. Qilin dapat mengeluarkan nafas api, untuk menghukum orang-orang jahat.

- Xing Tian

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Cina

Xing Tian bersaing dengan Wang Di, untuk mendapatkan mahkota dan menjadi Dewa penguasa, namun ia kalah dengan kepala terpenggal. Xing Tian merupakan sosok raksasa besar, dengan tameng dan juga kapak, sebagai perlengkapan perangnya. 

- Sun Go Kong

Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Cina

Sun Go Kong merupakan tokoh utama, dalam legenda perjalanan ke Barat untuk mengambil kitab suci, guna menemani biksu Tong dalam perjalanannya. Sun Go Kong amat gagah, senang sekali mengangkat tongkat sakti Ruyi Jingu Bang-nya, yang memiliki berat mencapai 13.500 kati atau 8.100kg.

Sun Go Kong merupakan seorang pejuang mahir, yang mampu melawan panglima-panglima hebat, yang berasal dari Kayangan. Dia juga menghafal berbagai mantra untuk menghembuskan angin, membelah air, dan membuat lingkaran pelindung dari ancaman siluman.

Di dalam legendanya, Sun Go Kong menggelari dirinya sendiri sebagai Měi Hóuwáng, atau Raja Kera Gagah. Ia memantapkan kedudukannya sebagai salah satu siluman, yang paling berkuasa dan berpengaruh. Sun Go Kong, kemudian dikurniai dengan Kebudhaan, atas dedikasi kesetiaan serta kekuatannya.

Baca Juga : Berikut Enam Makhluk Mitologi Dalam Cerita Rakyat Yang Berkembang Di Jepang

Itulah ulasan mengenai enam makhluk mitologi yang berasal dari cerita rakyat Cina, sahabat sekalian. Makhluk-makhluk mitologi tersebut, mungkin bukanlah makhluk-makhluk nyata yang pernah hidup di dunia, namun mereka menjadi saksi bagimana Cinajuga, memiliki cerita-cerita rakyat yang cukup terkenal di dunia. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.akusenang.com/tag/hewan-mitos-china/

www.jurukunci.net/2012/05/10-makhluk-penghuni-akhirat-dalam.html
loading...

Subscribe to receive free email updates: