Enam Manfaat Kesehatan Konsumsi Ubi Jalar Yang Jarang Diketahui




Sahabat Saya Sekalian | Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran berbagai jenis, telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko, berbagai kondisi kesehatan yang merugikan. Banyak penelitian telah menunjukkan, bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti halnya Ubi Jalar, dapat mengurangi risiko Obesitas, Diabetes, dan penyakit jantung secara keseluruhan

Ubi Jalar sendiri, sering kita temui sebagai makanan, yanag dikonsumsi layaknya cemilan. Ubi Jalar juga, mudah sekali ditemukan dipasar-pasar tradisonal ataupun pasar moderen, Ubi ini karena tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan. Ubi jalar memang makanan, yang menjadi sumber kalori seperti halnya kentang, singkong, dan juga jagung, yang layak menjadi makanan pokok.

Di Indonesia sendiri, belum banyak yang menggunakan Ubi Jalar, sebagai makanan pokok. Tapi pada kenyataannya, Ubi Jalar mengandung beragam nutrisi, yang berguna bagi tubuh kita. Namun meski sejumlah nutrisi dalam Ubi Jalan ini baik untuk tubuh kita, tetap saja kita harus waspada terhadap risiko kesehatan, yang mungkin ditimbulkannya bila dikonsumsi secara berlebih.

Kemudian timbul pertanyaan, jika memang Ubi Jalan ini memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh, manfaat kesehatan apa saja yang dapat kita peroleh dari mengonsumsinya?. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat kesehatan konsumsi Ubi Jalar yang sebaiknya kamu tahu.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat apa sajakah yang dapat diperoleh dari mengonsumsi Ubi Jalar tersebut?. Berikut ini ulasannya :



Baca Juga : Delapan Manfaat Konsumsi Akar Bit Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

- Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Magnesium yang terdapat dalam Ubi Jalar, diketahui dapat membantu kamu, dalam upaya mengontrol kadar gula dalam darah. Hal tersebut sesuai dengan sebuah penelitian, yang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet tinggi magnesium, memiliki persentase sangat kecil terkena Diabetes tipe 2.

- Menstabilkan Tekanan Darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah, sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya. Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, kurang dari 2% orang dewasa di Amerika Serikat, memenuhi rekomendasi harian kalium yaitu 4.700 mg. Dan satu buah Ubi Jalar, menyediakan sekitar 542 mg. Asupan kalium yang tinggi, dapat dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian, akibat tekanan darah tinggi.

- Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Ubi Jalar lainnya ialah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan, Ubi Jalar mengandung vitamin B6, sebagai salah satu kandungannya. Vitamin B6 yang dimiliki Ubi Jalar sendiri, dapat memenuhi hingga 27% AKG. Vitamin B6 sendiri, berfungsi untuk mencegah penumpukan homosistein, di dalam darah. Jika tingkat homosistein dalam darah tinggi, hal tersebut dapat memicu meningkatnya, risiko penyakit jantung serta stroke.

- Menjaga Kesehatan Mata

Menurut dokter mata Jill Koury, MD, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan, segmen luar Fotoreseptor mata memburuk, serta dapat merusak penglihatan. Memperbaiki kekurangan vitamin A, dengan makanan tinggi beta karoten, akan mengembalikan kemampuan penglihatan. Dan dari berbagai catatan,  vitamin C dan E dalam Ubi Jalar, telah terbukti mendukung kesehatan mata, dan mencegah kerusakan degeneratif. 

- Melawan Stres

Ternyata Ubi Jalar dapat mengatasi stres yang kamu rasakan. Kandungan vitamin B berupa asam pantotenat yang dimiliki Ubi Jalar, dapat membantu produksi hormon stres, sehingga tubuh tidak kekurangan hormon tersebut, yang digunakan saat tubuh merasa stres.

- Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada Ubi Jalar, dapat membantu mencegah sembelit, serta mempromosikan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat.

Baca Juga : Enam Manfaat Luar Biasa Konsumsi Jus Bawang Merah Untuk Kesehatan

Itulah ulasan mengenai enam manfat konsumsi Ubi Jalar untuk kesehatan tubuhmu, sahabat sekalian. Jadi bagi kamu yang tidak suka mengonsumsi Ubi Jalar ini, mungkin sebaiknya kamu mempertimbangkan kembali, untuk mulai mengonsumsinya. Sehingga manfaat-manfaat tersebut dapat kamu rasakan nantinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari : 

www.manfaat.co.id/manfaat-ubi-jalar

www.sikeke.com/manfaat-ubi-jalar.html
loading...

Subscribe to receive free email updates: