Inilah Enam Manfaat Konsumsi Singkong Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui




Sahabat Saya Sekalian | Singkong merupakan salah satu tanaman umbi-umbian, yang memiliki beberapa nama lain, seperti halnya ketela pohon, dan umbi kayu. Singkong juga dikenal, sebagai alternatif makanan pokok sumber karbohidrat pengganti nasi. Daun Singkong juga, biasanya dijadikan sayuran, ataupun lalapan. Selain sebagai sumber karbohidrat, Singkong juga memilki kandungan serat yang tinggi.

Pada masa Hindia Belanda, Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia, pada sekitar tahun 1810. Sebelumnya, tanaman ini diperkenalkan pertama kali pada abad ke-16 dari Brasil ke Nusantara, oleh orang-orang Portugis. Singkong ini dapat diolah, menjadi berbagai olahan makanan, seperti halnya keripik, tape, dan bahkan juga roti.

Selain itu, tanaman Singkong ini juga memiliki beragam manfaat, sehingga membuat Singkong ini baik untuk dikonsumsi. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat Singkong yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat untuk kesehatan apa sajakah, yang dimiliki oleh Singkong sehingga membuatnya baik untuk dikonsumsi?. Berikut ini ulasannya :
- Tinggi Kandungan Serat

Singkong diketahui dapat menurunkan kadar Trigliserida, serta menjadi sumber serat yang cukup bagus. Hal itu membuat Singkong, dapat menurunkan risiko penyakit Stroke, jantung, kanker usus besar, serta membantu mengendalikan penyakit Diabetes. Manfaat Singkong ini, dapat diperoleh melalui cara memasaknya, yaitu dengan dikukus ataupun direbus.

- Sebagai Sumber Karbohidrat

Singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak, bila dibandingkan dengan jumlah kalori pada Kentang. Jadi tidak salah bila Singkong, menjadi salah satu jenis makanan pokok, sebagai sumber karbohidrat. Di dalam 100 gram Singkong, terkandung sedikitnya 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

- Kaya Akan Vitamin K

Singkong mengandung vitamin K, yang berfungsi dalam membangun masa tulang. Vitamin K juga dapat berperan penting, dalam pengobatan para penderita Alzheimer, dengan cara membatasi kerusakan saraf di otak.

- Kaya Akan Vitamin B kompleks

Tanaman yang satu ini, juga merupakan sumber dari vitamin B kompleks, serta kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin atau vitamin B-6, dan juga asam pantotenat. Riboflavin dapat berguna untuk membantu, dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah, untuk mengurangi Anemia.

- Banyak Mengandung Mineral Penting

Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, seperti halnya magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium yang terdapat pada Singkong, dapat bermanfaat sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh, serta mengatur tekanan darah.

- Berguna Untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan Insoluble Fiber atau Serat pada Singkong, tidak larut dalam Air. Serat jenis ini, dapat berguna untuk membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.

Baca Juga : Enam Manfaat Kesehatan Konsumsi Ubi Jalar Yang Jarang Diketahui

Itulah ulasan mengenai enam manfaat kesehatan dari mengonsumsi Singkong, sahabat sekalian. Untuk itu buat kamu yang kurang suka dengan makanan satu ini, mungkin setelah membaca artikel di atas hingga habis, ada baiknya untuk mencoba mengonsumsi Singkong. Agar manfaat-manfaat tersebut, dapat kamu peroleh. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.7manfaat.com/manfaat-singkong-bagi-kesehatan.html

www.manfaat.co/7-manfaat-singkong.html

Subscribe to receive free email updates: