Enam Manfaat Konsumsi Bengkoang Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui




Sahabat Saya Sekalian | Bengkoang atau Bengkuang merupakan tumbuhan, yang berasal dari Amerika Tropis, dan masuk ke dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, Bengkoang dikenal sebagai Xicama atau Jícama. Namun orang-orang Jawa menyebut Bengkoang sebagai Besusu.

Bengkoang mengandung air yang cukup banyak, sehingga baik untuk membantu suplai cairan, dalam tubuh kita. Kandungan cairan yang tinggi dalam Bengkoang, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama bagi penderita Diabetes, ataupun yang sedang menjalani program diet. 

Umbi yang memiliki nama ilmiah Pachyrhizus Erosus ini, mempunyai rasa yang cukup segar dan juga manis. Rasa manis dalam Bengkoang ini, berasal dari oligokasarida yang disebut inulin. Manfaat Bengkoang juga diperoleh, dari kandungan gizi yang cukup beragam, yang ada di dalamnya. 

Adapun kandungan gizi tersebut, antara lain energi, protein, lemak, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, vitamin B1, dan vitamin C. Kemudian timbul pertanyaan, dengan kandungan gizi yang cukup banyak tersebut, manfaat apa yang bisa kita peroleh dari makan Bengkoang?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dari mengonsumsi Bengkoang. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat apa sajakah yang ditawarkan Bengkoang, untuk kesehatan tubuh kita?. Berikut ini ulasannya :

Enam Manfaat Konsumsi Bengkoang Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Baca Juga : Inilah Enam Manfaat Konsumsi Singkong Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

- Baik Dikonsumsi Bagi Para Penderita Diabetes Dan Kencing Manis

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa Bengkoang memiliki rasa yang cukup manis, yang berasal dari inulin. Inulin sendiri tidak bisa dicerna oleh enzim dalam usus manusia, sehingga dapat menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil, meskipun rasanya manis. Karena sifat yang tidak tercerna tersebut, membuat inulin baik untuk dikonsumsi para penderita Diabetes. Namin biasanya Bengkoang bagi penderita Diabetes diambil sarinya saja.

- Bengkoang Dapat Melancarkan Pencernaan

Inulin dalam Bengkoang memiliki sifat sebagai serat makanan juga. Sifat ini dapat berpengaruh pada fungsi usus, serta perbaikan parameter dalam darah. Sehingga Bengkoang memiliki manfaat dalam melancarkan pencernaan.

- Mengobati Beri-Beri

Beri-beri merupakan sebuah penyakit, yang timbul akibat tubuh kita, yang kekurangan Vitamin B1. Bengkoang mengandung Vitamin B1 yang cukup banyak, sehingga menjadikannya sebagai obat alami, tuk pengakit Beri-beri ini.

- Mengobati Wasir

Kandungan serat dalam Bengkoang, sangat baik bagi penderita wasir. Minum jus Bengkoang setiap pagi setelah bangun tidur, sangat baik bagi para penderita wasir, sehingga dapat memperlancar proses BAB.

- Mengatasi Masalah Asam Lambung

Sifat Alkali yang ada pada Bengkoang, berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung, yang dapat bekerja dengan cepat. Asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan penyakit Mag, sehingga ada baiknya bila kamu mengonsumsi Bengkoang, secara rutin setiap hari.

- Bengkoang Dapat Mengatasi Sariawan Dan Sebagai Antioksidan Alami

Kandungan Vitamin C dalam Bengkoang, sangat baik sebagai Antioksidan alami, serta sebagai obat bagi Sariawan. Selain itu, Bengkoang juga diketahui mampu menyeimbangkan kadar kolesterol, yang terdapat dalam darah kita.

Baca Juga : Enam Manfaat Konsumsi Ubi Ungu Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Itulah ulasan mengenai enam manfaat kesehatan konsumsi Bengkoang secara rutin, sahabat sekalian. Jadi buat kamu yang memang kurang menyukai makan Bengkoang, mungkin setelah kamu mengetahui banyaknya manfaat yang bisa diperoleh darinya, sebaiknya memikirkan kembali untuk mulai mengonsumsinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.buahan-sehat.blogspot.co.id/2014/02/khasiat-bengkoang-bagi-kesehatan.html

www.7manfaat.com/manfaat-bengkoang-bagi-kesehatan.html
loading...

Subscribe to receive free email updates: