Enam Manfaat Konsumsi Ubi Ungu Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui




Sahabat Saya Sekalian | Ubi merupakan jenis tanaman merambat, yang menyimpan cadangan makanannya, pada bagian akar tumbuhan tersebut. Seperti halnya tanaman singkong. Ubi memiliki beberapa jenis, yang dibedakan berdasarkan warnanya, salah satunya adalah Ubi Ungu. Ubi Ungu merupakan jenis Ubi, yang juga banyak diolah sebagai produk makanan, seperti keripik Ubi Ungu.

Selain itu, daun Ubi Ungu juga banyak dimanfaatkan untuk dimasak tumis, dengan bumbu saus tiram ataupun bumbu lainnya. Banyak masyarakat yang berspekulasi, bahwa mengkonsumsi Ubi Ungu, hanya dapat memicu timbulnya penyakit Diabetes, kencing manis, dan Obesitas.

Sebenarnya, hal tersebut memang dapat terjadi, bila mengonsumsinya secara berlebih. Karena kandungan karbohidrat di dalamnya sangat tinggi. Sedangkan, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, Ubi Ungu tidak akan memicu timbulnya penyakit-penyakit, seperti halnya Obesitas dan Diabetes.

Setelah sebelumnya, kita membahas tentang manfaat-manfaat kesehatan, dari mengonsumsi Ubi Jalar. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat kesehatan konsumsi Ubi Ungu yang perlu kamu tahu.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat apa sajakah yang dapat kita peroleh, dari rajin mengonsumsi Ubi Ungu tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Enam Manfaat Konsumsi Ubi Ungu Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Baca Juga : Enam Manfaat Kesehatan Konsumsi Ubi Jalar Yang Jarang Diketahui

- Melancarkan Peredaran Darah

Yang berperan dalam melancarkan peredaran darah di tubuh, ialah pigmen warna ungu yang terkandung, di dalam Ubi Ungu tersebut. Pigmen warna ungu, yang memberi warna pada daging Ubi Ungu ini, dinamakan dengan Antosianin. Antosianin sendiri, berfungsi sebagai Antioksidan yang berguna, untuk menyerap polusi udara. Jadi pembekuan darah pun tidak akan terjadi, dan peredaran darah dalam tubuh kita, menjadi lancar.

- Baik Untuk Penderita Diabetes

Seperti yang kita ketahui, bahwa penderita Diabetes harus menjaga asupan makanan, menghindari makanan yang manis, termasuk juga membatasi konsumsi nasi. Dan sebagai penggantinya, para penderita Diabetes, dapat memanfaatkan Ubi Ungu ini. Rasa yang agak manis, tetap enak sebagai pengganti nasi. Ubi Ungu maupun kuning, baik untuk penderita Diabetes.

Hal tersebut dikarenakan, Ubi mempunyai tingkat Glycemic Index atau GI, yang lebih sedikit dari roti dan nasi. Angka GI menunjukkan cepat atau lambatnya, suatu makanan dalam menaikkan konsentrasi, dari gula dalam darah di tubuh. Karena dampaknya pada gula darah yang cukup kecil, maka Ubi Ungu ini adalah pilihan yang terbaik, bagi orang-orang yang menderita penyakit Diabetes.

Pada suatu penelitian yang dilakukan oleh University of Vienna, Austria, menunjukkan bahwa penderita Diabetes Mellitus tipe 2 yang mengonsumsi Ubi secara rutin, menunjukkan pengurangan paling besar resistensi insulinnya.

- Berguna Mengatasi Asma

Penyakit Asma memang tak bisa sembuh secara total, akan tetapi kita dapat mencegah Asam yang sering kambuh, dengan rutin mengkonsumsi Ubi Ungu. Asma terjadi karena organ paru-paru, yang susah mengembang. Dengan makan Ubi Ungu secara teratur, maka Asma tidak akan sering kambuh lagi.

- Antikanker

Ubi Ungu memiliki aktivitas antioksidan 2,5 kali lebih tinggi, dibandingkan dengan beragam jenis Blueberry. Dengan begitu, tentu saja dapat mengendalikan sel kanker, yang ada dalam tubuh kita. Selain itu, kandungan zat Selenium dan Iodine dalam Ubi Ungu tersebut, 20 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis Ubi lainnya. Jadi dapat bermanfaat sebagai Antikanker pula.

- Berguna Untuk Menyehatkan Jantung

Ubi Ungu mengandung zat Antosianin, yang berguna sebagai Antioksidan, serta melindungi tubuh kita dari kerusakan hati. Selain itu, dapat juga menghindarkan kita, dari risiko terkena serangan jantung, dan stroke.

Baca Juga : Delapan Manfaat Konsumsi Akar Bit Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Itulah ulasan mengenai enam manfaat luar biasa Ubi Ungu untuk kesehatan, sahabat sekalian. Seperti yang telah kita bahas di atas, bahwa Ubi Ungu ini merupakan jenis Ubi, yang juga banyak diolah sebagai produk makanan, seperti halnya keripik Ubi Ungu. Jadi kalau kamu bosan dengan olahan Ubi Ungu yang itu-itu saja, kamu dapat menggantinya dengan olahan Ubi Ungu yang lain. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari : 

www.kesehatanpedia.com/2014/12/6-manfaat-ubi-ungu-untuk-kesehatan-tubuh.html

www.manfaat.co.id/manfaat-ubi-ungu
loading...

Subscribe to receive free email updates: