Enam Masalah Kesehatan Berikut Dapat Kamu Alami Bila Melewatkan Sarapan




Sahabat Saya Sekalian | Sarapan merupakan makan dan minum di pagi hari. Untuk lebih jelasnya lagi, sarapan ialah kegiatan makan dan minum yang dilakukan sebelum jam sembilan pagi, untuk memenuhi 15 hingga 30% kebutuhan gizi harian, sebagai bagian dari gizi penyeimbang untuk dapat hidup secara sehat, bugar, aktif, dan cerdas.

Lalu apakah kamu termasuk orang yang seringkali melewatkan sarapan di pagi hari?. Jika memang benar, maka kamu sebaiknya membaca artikel ini hingga habis. Ternyata melewatkan waktu sarapan, memiliki efek-efek mengejutkan, yang tidak kita sadari. Jelas saja, efek-efek yang dimaksud di sini, merupakan efek yang negatif. 

Memang hal tersebut, terdengar cukup sepele bagi kita, karena hanya sebatas meninggalkan sarapan. Sebab kita masih bisa mengisi perut saat siang harinya tiba. Akan tetapi justru itu yang berbahaya. Kemudian timbul pertanyaan, memangnya bahaya apa saja yang dapat terjadi pada tubuh kita, bila meninggalkan sarapan di pagi hari?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa perkara yang dapat terjadi bila kita melewatkan sarapan. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai perkara-perkara negatif apa sajakah yang dimaksud?. Berikut ini ulasannya :

Enam Masalah Kesehatan Berikut Dapat Kamu Alami Bila Melewatkan Sarapan


- Memburuknya Kesehatan Jantung

Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa jika seseorang melewatkan sarapan, maka orang tersebut akan berada pada risiko yang lebih tinggi, mengembangkan penyakit kardiovaskuler. Hal ini disebabkan oleh perubahan metabolik tertentu pada tubuh kita. Untuk itu, sarapan sebaiknya dibiasakan setiap hari, agar kesehatan jantung kita tetap terjaga.

- Meningkatnya Risiko Diabetes

Tidak sarapan di pagi hari secara teratur, dapat membuat tubuh kita, lebih rentan terhadap penyakit Diabetes. Hal ini disebabkan oleh, kadar glukosa dalam tubuh kita yang terganggu, sementara perut kosong dalam kurun waktu yang relatif lama.

- Metabolisme Tubuh Melambat

Sekali lagi, melewatkan waktu sarapan jelaslah tidak sehat. Jika dilakukan secara teratur, maka hal tersebut dapat memperlambat tingkat metabolisme tubuh, hingga batas tertentu. Yang dapat berakibat pada risiko, memudahkan masalah lain, menyerang tubuh kita.

- Menurunkan Fungsi Otak

Ketika kamu melewatkan sarapan di pagi hari, maka oksigen dan darah yang masuk dalam otakmu, menjadi lebih sedikit. Hal tersebut dapat mengakibatkan, terganggunya berbagai fungsi kognitif. Maka benar, bahwa orang tua dulu selalu mengharuskan anaknya untuk sarapan, sebalum berangkat sekolah dengan rayuan agar lebih pintar di kelas.

- Dapat Memperburuk Suasana Hati

Jika kamu melewatkan sarapan, maka ada kemungkinan moodmu di hari itu, akan memburuk. Atau cenderung tidak menentu. Dan itu semua bisa jadi benar, karena seperti yang kita tahu, bahwa orang yang sedang lapar, dapat mengalami perubahan mood yang tidak terduga.

- Berisiko Mengalami Radang Perut

Mengalami kekosongan perut selama beberapa jam, dengan melewatkan sarapan di pagi hari, dapat menyebabkan akumulasi gas di dalam perut. Sehingga hal tersebut dapat berakhir pada gastritis, atau yang biasa dikenal dengan radang perut. Bisa juga menimbulkan risiko penyakit asam lambung.

Baca Juga : Enam Perkara Yang Memiliki Dampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

Itulah ulasan mengenai enam hal yang dapat terjadi akibat melewatkan sarapan di pagi hari, sahabat sekalian. Jadi buat kamu yang keseringan meninggalkan sarapan pagi, dengan beragam alasan apapun itu, sebaiknya kamu mengubah kebiasaan tersebut. Agar kamu tidak mengalami berbagai masalah, yang sudah kita bahas di Atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.boldsky.com

www.merdeka.com/sehat/7-hal-mencengangkan-yang-akan-terjadi-jika-kamu-tidak-sarapan.html

Subscribe to receive free email updates: