Berikut Tujuh Sungai Paling Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia




Sahabat Saya Sekalian | Sungai, dapat menjadi salah satu tujuan favorit bagi para wisatawan, terutama untuk mereka yang ingin menyatu dengan alam. Dari seluruh sungai yang ada di dunia ini, setidaknya ada beberapa sungai yang tak biasa. Mulai dari sungai yang paling panjang, hingga sungai yang paling pendek di dunia.

Selain itu, sungai-sungai paling unik di dunia ini, juga memiliki kesan yang sulit untuk dilupakan, ketika kamu mengunjunginya secara langsung. Kamu bisa melihat keindahan aliran sungai yang mengalir, diiringi dengan udara sejuk, serta suara air yang mengalir. Suara air yang mengalir tersebut, dapat membuat otak kita terasa jernih, dan sejenak melupakan urusan-urusan seperti tugas kuliah atau kantor, yang sedang berkecamuk dalam pikirkanmu.

Kemudian timbul pertanyaan, sungai apa sajakah di dunia ini, yang memiliki keunikan yang lain daripada sungai lain di dunia ini?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa sungai paling unik di dunia, yang mungkin dapat menarik perhatianmu untuk mengunjunginya.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai seperti apakah keunikan sungai-sungai yang akan kita bahas tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Berikut Enam Bencana Banjir Bandang Terbesar Yang Pernah Tercatat

- Sungai Gangga, Sungai Paling Kramat Di Dunia

Berikut Tujuh Sungai Paling Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia

Masyarakat Hindu percaya, bahwa sungai Gangga merupakan sungai paling keramat, di seluruh dunia. Titik awal sungai ini berada di selatan Pegunungan Himalaya, yang mengalir sepanjang 2.510km menyusuri China, India, Nepal, dan Bangladesh, sebelum bermuara di Samudera Hindia. Masyarakat Hindu yang tinggal di 52 kota, dan 48 desa di bantaran Sungai Gangga ini, percaya atas kemampuan sungai tersebut untuk menghilangkan dosa.

Setiap tahunnya, ratusan ribu peziarah yang beragam Hindu mendatangi bantaran Sungai Gangga, untuk mandi dan juga berdoa. Sungai Gangga juga digunakan oleh masyarakat Hindu, untuk membuang abu jenazah. Mereka percaya, bahwa sungai Gangga ini akan mengantar arwah orang yang meninggal, langsung menuju ke nirwana.

- Sungai Rio Negro, Sungai Paling Hitam Di Dunia

Berikut Tujuh Sungai Paling Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia

Amerika Selatan, memiliki sungai yang sama ikoniknya, dengan sungai Amazon. Yakni sungai Rio Negro, yang mengalir di perbatasan Kolombia, dan Venezuela. Uniknya, sungai ini berwarna hitam pekat. Warna ini dihasilkan oleh senyawa yang dikeluarkan oleh vegetasi di sekitarnya. 

- Sungai Cano Cristales, Sungai Paling Berwarna Di Dunia

Berikut Tujuh Sungai Paling Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai Cano Cristales, merupakan sungai yang berada di negara Kolombia, yang terletak di Serranía de la Macarena, provinsi Meta. Sungai ini biasa disebut 'Sungai Lima Warna', 'The Rainbow Liquid', atau bahkan 'Sungai Terindah di Dunia'. Hal tersebut dikarenakan, adanya ganggang yang menghasilkan warna-warna, seperti merah, kuning, hijau, dan biru, yang hidup di bagian bawah sungai tersebut. Sehingga memberikan penampilan yang sangat unik.

- Sungai Nil, Sungai Terpanjang Di Dunia

Berikut Tujuh Sungai Paling Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai Nil yang berada di Afrika, merupakan sungai terpanjang di dunia ini. Sungai Nil mengalir sepanjang 6,650km atau 4,132mil, dan mengalir melalui sembilan negara, yakni Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan, dan tentu saja Mesir. Sungai satu ini, memiliki peran yang sangat penting dalam peradaban serta sejarah bangsa Mesir, sejak ribuan tahun yang lalu.

Salah satu peran penting dari sungai Nil, ialah kemampuannya untuk menghasilkan tanah yang subur, sebagai akibat dari sedimentasi di sepanjang alirannya. Dengan adanya tanah yang subur ini, menjadikan penduduk Mesir dapat mengembangkan pertanian, dan peradaban bangsa Mesir pun berkembang sejak ribuan tahun lalu.

- Sungai Kongo, Sungai Terdalam Di Dunia

Berikut Tujuh Sungai Paling Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai Kongo merupakan sebuah sungai di Afrika, dan merupakan sungai terdalam di dunia, dengan kedalaman lebih dari 230m atau 750 kaki. Ini merupakan sungai terbesar ketiga di dunia dalam ukuran volume air, meskipun hanya memiliki seperlima, dari volume sungai terbesar di dunia yaitu Amazon. Selain itu, panjang keseluruhan daru sungai Kongo mencapai 4.700km atau 2.920mil, membuat sungai ini menjadi sungai terpanjang kesembilan.

- Sungai Rio de la Plata, Sungai Terlebar Di Dunia

Berikut Tujuh Sungai Paling Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia

Banyak orang percaya, bahwa sungai Amazon merupakan sungai terlebar di dunia, yang ternyata sama sekali salah. Sungai Amazon pada dasarnya, merupakan sungai sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil di Afrika, karena panjangnya yang mencapai 6.400km atau 4.000mil. Sementara itu sungai terlebar yang ada di dunia, ialah sungai Rio de la Plata, yang ada di Amerika Selatan.

Sungai Rio de la Plata memiliki lebar maksimum mencapai 140mil atau 225km. Rio de la Plata terbentuk sebagai hasil dari pertemuan dua sungai, yakni sungai Uruguay dan juga sungai Paraná, yang ada di Amerika Selatan. Meski merupakan sebuah sungai, namun Rio de la Plata berperilaku lebih menyerupai sebuah muara, yang biasanya ditandai dengan campuran air tawar dan air laut.

- Sungai Reprua, Sungai Terpendek Di Dunia

Berikut Tujuh Sungai Paling Unik Yang Ada Di Seluruh Dunia

Sungai Reprua, merupakan sungai terpendek di seluruh dunia, yang memiliki panjang hanya 18 meter saja. Sungai satu ini terletak di Distrik Gagra, Abkhazia, republik separatis di Georgia. Sungai Raprua ini, berhulu di mata air yang ada di Karst Gua Voronya, dan bermuara di Laut Hitam. Kemungkinan sungai ini, merupakan sungai terpendek di dunia, yang memiliki nama.

Baca Juga : Inilah Enam Tempat Di Dunia Dengan Tingkat Polusi Paling Tinggi

Itulah ulasan mengenai tujuh sungai terunik di seluruh dunia, sahabat sekalian. Berberapa perkara yang dimiliki sungai-sungai tersebut, menjadikannya sebagai sungai-sungai terunik di dunia, sehingga membuat mereka banyak dikenal masyarakat dunia. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

kumpulan-berita-unik.blogspot.co.id/2014/03/Sungai-Paling-Unik-Di-Dunia.html

terselubung.in/2-sungai-indonesia-masuk-daftar-8-sungai-ter-di-dunia-ini/

Subscribe to receive free email updates: