Berikut Enam Taman Nasional Paling Indah Yang Ada Di Indonesia




Sahabat Saya Sekalian | Taman nasional merupakan sebuah kawasan pelestarian alam, yang mempunyai ekosistem asli, serta dikelola dengan sistem zonasi. Taman nasional sendiri, seringkali dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, serta rekreasi.

Bagi para pecinta alam, taman nasional merupakan salah satu tempat, paling indah yang wajib dijelajahi. Suasana liar yang ditawarkan oleh taman nasional, menjadi sebuah panggilan alam, yang senantiasa mengusik jiwa-jiwa para petualang.

Dan sebagai sebuah negara tropis serta kepulauan, negeri kita Indonesia ini, memiliki banyak sekali taman nasional. Jika dihitung-hitung, mungkin ada sekitar 50 taman nasional, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kesemua taman nasional yang ada di Indonesia tersebut, menawarkan pesona alam yang sungguh menakjubkan.

Namun dari sekian banyak taman nasional yang ada di Indonesia, taman mana sajakah yang memiliki keindahan luar biasa, sehingga banyak wisatawan yang bersedia mengunjunginya?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa taman nasional paling indah yang ada di Indonesia.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai taman nasional apa sajakah di Indonesia, yang disebut-sebut sebagai taman nasional paling indah?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Inilah Penampakan Enam Taman Nasional Paling Indah Di Seluruh Dunia

- Taman Nasional Bromo

Berikut Enam Taman Nasional Paling Indah Yang Ada Di Indonesia

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia, yang memiliki keunikan berupa lautan pasir seluas kurang lebih 5.250 hektar. Lautan pasir tersebut, berada pada ketinggian kurang lebih 2.100 meter, dari permukaan laut. Suku Tengger yang berada di sekitar taman nasional ini, merupakan suku asli Bromo yang beragama Hindu.

Menurut legendanya, asal-usul suku tersebut ialah dari Kerajaan Majapahit, yang mengasingkan diri. Uniknya, warga Suku Tengger ini tampak tidak merasa takut sedikit pun, meskipun mereka tahu bahwa Gunung Bromo ini berbahaya. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini, ramai sekali dikunjungi wisatawan, terutama pada saat pelaksanaan Upacara Kasodo.
- Taman Laut Nasional Bunaken

Berikut Enam Taman Nasional Paling Indah Yang Ada Di Indonesia

Taman Nasional Bunaken, merupakan perwakilan dari seluruh ekosistem perairan tropis Indonesia, yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, serta ekosistem daratan atau pesisirnya.

- Taman Nasional Lorentz

Berikut Enam Taman Nasional Paling Indah Yang Ada Di Indonesia

Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan, dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati, yang ada di Asia Tenggara dan Pasifik. Kawasan ini juga merupakan salah satu, diantara tiga kawasan di dunia, yang memiliki gletser di daerah tropis. Membentang dari puncak gunung yang diselimuti salju, hingga membujur ke perairan pesisir pantai, dengan hutan bakau dan batas tepi perairan Laut Arafura.

Taman Nasional Pulau Komodo

Berikut Enam Taman Nasional Paling Indah Yang Ada Di Indonesia

Taman Nasional Pulau Komodo, merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau, serta wilayah perairan. Pulau-pulau tersebut, merupakan habitat dari satwa Komodo, yang memiliki nama latin Varanus Komodoensis. Yakni reptil purba kala yang tersisa di bumi. Kondisi alamnya cukup unik, dimana terdapat padang savana, yang luas dengan pohon lontarnya.

- Taman Nasional Ujung Kulon

Berikut Enam Taman Nasional Paling Indah Yang Ada Di Indonesia

Taman Nasional Ujung Kulon, terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan taman nasional ini, juga meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya, seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Taman Nasional Ujung Kulon ini, menjadi taman nasional pertama, yang diresmikan di Indonesia.

Selain itu taman nasional satu ini, juga sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia, yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1992 lalu. Hal itu dapat terjadi, karena wilayah dari Taman Nasional Ujung Kulon ini, mencakup hutan lindung yang sangat luas.

Taman Nasional Way Kambas

Berikut Enam Taman Nasional Paling Indah Yang Ada Di Indonesia

Lokasi dari Taman Nasional Way Kambas ini, membentang sepanjang dua kabupaten, yaitu lampung tengah dan lampung timur. Diperkenalkan pertama kali oleh pemerintah, pada tahun 1982 sebagai rujukan pusat konservasi bagi satwa, dan merupakan cikal bakal terbentuknya, pusat pelatihan gajah pada saat itu,

Tujuh tahun kemudian tepatnya pada tahun 1989, melalui surat keputusan menteri kehutanan, Taman Nasional Way Kambas ditetapkan seluas 1.300 km2. Fungsi taman nasional ini sendiri, sebagai perlindungan dan pusat konservasi bagi flora dan fauna, khususnya untuk satwa-satwa langka.

Seperti halnya gajah sumatera, harimau sumatera, badak sumatera, tapir, dan siamang, Pada tahun 1999 taman nasional ini mengalami perubahan, dimana luasnya berkurang menjadi 1.250 km2. Suguhan bertema ekowisata, menjadi andalah pusat pelatihan gajah di lampung ini. Pusat konservasi ini pun, terbilang cukup ramai dikunjungi, dan menjadi salah satu tempat favorit, sebagai tujuan wisata di lampung timur.

Baca Juga : Akibat Perubahan Iklim Lima Situs Warisan Dunia Ini Terancam Rusak

Itulah ulasan mengenai enam taman nasional terindah di Indonesia, sahabat sekalian. Buat kamu yang suka sekali traveling, ke temapat-tempat yang bernuansa alam, pastikan kamu pergi kesemua taman nasional, yang sudah kita bahas di atas, Namun ingat, untuk selalu menjaga kebersihan, keindahan, serta kelestarian, taman-taman nasional tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari : 

www.awalinfo.blogspot.co.id/2013/05/10-taman-nasional-terindah-di-indonesia.html

www.gustidirgaalfakhri.blogspot.co.id/2014/07/10-taman-nasional-terindah-di-indonesia.html

www.yukpiknik.com/top-10/taman-nasional-di-indonesia/

Subscribe to receive free email updates: