Inilah Enam Fakta Seputar Otak Manusia Yang Sebaiknya Kamu Tahu




Sahabat Saya Sekalian | Pikiran manusia merupakan sebuah misteri. Kita masih belum tahun banyak, mengenai bagaimana sebenarnya cara kerja, dari pikiran manusia tersebut. Mempelajari tentang otak manusia, menjadi sebuah perkara yang sangat diminati oleh para ilmuan, karena hal tersebut dapat membuat kita mengetahui, mengapa kita melakukan suatu tindakan tertentu.

Seperti yang kita ketahui, bahwasannya seluruh tubuh manusia, dikontrol oleh otak manusia itu sendiri. Dan fakta yang paling mengejutkan ialah, bahwasannya kita dapat mengingat siapa diri kita dan juga latar belakang diri kita, hanya jika otak kita bekerja dengan baik. Dan bila otak kita terganggu, kemungkinan kita tidak akan bisa mengingat tentang jati diri kita sendiri.

Selain fakta yang telah kita ungkap tersebut, ternyata ada beberapa fakta menarik lain tentang otak kita, yang sebaiknya kamu tahu sahabat. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta seputar otak manusia yang jarang diketahui.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai fakta-fakta menarik apa sajakah yang ada di balik otak manusia, dan jarang diketahui tersebut. Berikut ini ulasannya :

Inilah Enam Fakta Seputar Otak Manusia Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Baca Juga : Enam Perkara Yang Memiliki Dampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

- Fenomena Ketindihan

Pastinya kita semua tahu apa itu ketindihan bukan?. Yah, ketikdihan merupakan suatu kondisi dimana, kita tidak dapat menggerakan tangan dan kaki kita. Kondisi ini seringkali terjadi tatkala secara tiba-tiba kita terbangun dari tidur. 

Dan hal ini dapat terjadi, akibat otak kita masih belum sepenuhnya terbangun, dari keadaan REM Sleeping Mode. Dalam kesempatan yang jarang terjadi tersebut, otak kita tidak berfungsi secara maksimal, dan membutuhkan beberapa waktu untuk dapat kembali normal.

- Rasional Dan Emosional

Seorang pria mungkin seringkali bertanya-tanya dalam benaknya mengapa sang pacar begitu emosional, namun di sisi lain sang wanita juga justru berpikir tentang mengapa pacarnya begitu tak punya hati. 

Hal tersebut terjadi, karena mayoritas wanita lahir dengan sistem limbik, yang lebih besar di otaknya dibandingkan pria, Sistem limbik merupakan sistem yang bertanggung jawab atas emosi. Sedangkan pria umumnya memiliki lobus inferior parietal, yang lebih besar di otaknya dibandingkan wanita, sehingga membuat mereka lebih rasiona.

- Cara Memperoses Data Yang Masuk Dalam Otak

Seorang pria, pada umumnya menggunakan otak bagian kiri mereka, dalam memproses informasi yang masuk kedalam otaknya. Sedangkan wanita, pada umumnya menggunakan kedua bagian otaknya, dalam memproses setiap informasi yang masuk kedalam otaknya.

- Otak Dibagi Menjadi Tifa Bagian

Otak kita dibagi menjadi tiga bagian berbeda. Otak bagian belakang berfungsi untuk mengontrol indra dan koordinasi kita, otak bagian tengah mengontrol kesadaran dan juga refleks kita, sedangkan otak bagian depan bertanggung jawab dalam mengontrol akal, pikiran, emosi, fungsi motorik, dan juga rasa lapar. Kerusakan yang terjadi pada salah satu bagian dari otak kita ini, dapat mengganggu fungsi otak kita secara dramatis, bahkan bisa juga menyebabkan kematian.

- Kemampuan Analitis Dan Kreatifitas

Kreatifitas seseorang berasal dari otak kanannya, sedangkan kemampuan analitis seseorang berasal dari otak kirinya. Jadi ketika kamu tidak memiliki nilai yang baik dalam matematika, tak usah khawatir karena mungkin saja otak kananmu lebih aktif, dibandingkan dengan otak kirimu. Cobalah untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan kreativitas.

- Oksigen

Tatkala kamu menghirup oksigen saat bernapas, kamu juga memasukan oksigen tersebut, kedalam sistem dalam tubuhmu. Dan 20% dari oksigen yang kamu hirup tersebut, tidak lain diperhunakan oleh otak kita.

Baca Juga : Tujuh Macam Makanan Yang Baik Tuk Perkembangan Otak Anak

Itulah ulasan mengenai enam fakta menarik seputar otak kita, yang mungkin perlu kamu tahu, sahabat sekalian. Otak merupakan bagian terpenting dalam diri manusia, jadi sudah sepantasnya kita menjaga otak kita dengan baik, agar seluruh sistem dalam tubuh kita tetap terjaga dengan baik pula. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat manambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: