Enam Fakta Seputar Depresi Pada Orang Tua Yang Sebaiknya Kamu Tahu




Sahabbat Saya Sekalian | Tahukan kamu apa itu Depresi Klinis?, Depresi Klinis merupakan suatu perkara, yang benar-benar bisa merenggut kebahagiaan dalam kehidupan seseorang. Terlebih lagi, apabila Depresi Klinis ini dialami oleh orang yang sudah tua, hal tersebut bisa jadi lebih berbeahaya, karena sulitnya untuk diidentifikasi.

Depresi pada kaum muda mungkin dapat dengan cepat teridentifikasi oleh anggota keluarganya, namun pada kasus Depresi yang menimpa orang lanjut usia, gejala yang ditimbulkan bisa berbeda-beda. Bahkan dalam beberapa kasus, gejala-gejala yang ditimbulkan justru membuat orang disekitarnya kebingungan, karena sering kali diikuti oleh masalah kesehatan lainnya.

Jika tidak ditangani dengan benar, Depresi bisa saja meningkatkan risiko masalah-masalah kesehatan, yang berkaitan dengan jantung. Dan pada kenyataannya, statistik menunjukan bahwa Depresi dapat meningkatkan ingin bunuh diri, sebagai akibat dari terus berkurangnya rasa bahagia, yang diperoleh para orang tua yang menderita Depresi.

Itulah sebabnya, mengapa sangat penting bagi kita untuk selalu berada di sisi orang tua kita, terutama yang sudah berusia lanjut. Guna memberikan dukungan moral dan emosional. Dan selain fakta-fakta yang telah kita ungkat tersebut, ternyata ada juga fakta-fakta lain dibalik Depresi pada orang lanjut usia, yang sebaiknya kita ketahui.

Nan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta seputar Depresi pada orang tua yang jarang diketahui. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai fakta-fakta seperti apa sajakah yang dimaksud?. Berikut ini ulasannya :

Enam Fakta Seputar Depresi Pada Orang Tua Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Baca Juga : Enam Hal Berikut Sebaiknya Tak Kamu Katakan Pada Penderita Depresi

- Fakta #1

Isolasi sosial atau perasaan kesepian dapat menjadi penyebab pertama dari Depresi yang menyerang orang tua. Umumnya, anak yang telah tumbuh dewasa akan pindah ke tempat lain, baik untuk kepentingan sekolah ataupun pekerjaan. Hal tersebut dapat menyebabkan, timbulnya rasa kesepian mendalam yang dirasakan oleh orang tua, sehingga meningkatkan risiko Depresi.

- Fakta #2

Dalam beberapa kasus, Insomnia juga dapat menjadi baik itu gejala ataupun akibat, dari Depresi terutama pada orang tua. Namun penggunaan obat tidur, justru dapat mempengaruhi kesehatan lebih lanjut.

- Fakta #3

Peristiwa yang menyebabkan stres, kurangnya dukungan secara moral dan emosional, kesepian, kehilangan orang tercinta, perceraian, kondisi kesehatan yang lemah, serta faktor lainnya, dapat memicu risiko timbulnya Depresi pada orang tua.

- Fakta #4

Kondisi kesehatan seperti Hipertensi, Stroke, Demensia, Kanker, Diabetes, juga dapat meningkatkan risiko menderita Depresi, pada orang-orang lanjut usia.

- Fakta #5

Alkohol tergolong sebagai salah satu jenis depresan. Dengan demikian, orang-orang yang sering mengonsumsi alkohol setiap harinya sampai usia tua, mereka sangat rentan mengalami Depresi di usia tuanya kelak.

- Fakta #6

Terdapat banyak sekali jenis terapi dan pengobatan, yang ampuh untuk mengatasi masalah Depresi, yang diderita oleh orang lanjut usia. Jadi, pastikan orang-orang lanjut usia dalam keluarga kita, memperoleh lebih banyak perhatian baik secara medis, kasih sayang, dan juga perawatan.

Baca Juga : Berikut Enam Gejala Fisik Yang Dapat Timbul Akibat Mengalami Depresi

Itulah ulasan mengenai enam fakta seputar Depresi pada orang lanjut usia yang jarang diketahui, sahabat sekalian. Bagi kamu yang memiliki orang lanjut usia di keluargamu, pastikan untuk membuatnya merasa bahagia dan terhindar dari rasa kesepian, agar mereka tidak mengalami Depresi. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: