Inilah Empat Fakta Unik Seputar Ondel-Ondel Yang Jarang Diketahui




Sahabat Saya Sekalian | Pastinya, kita semua tahu apa itu Ondel-Ondel, bukan?. Ya, kesenian Ondel-Ondel merupakan salah satu warisan kesenian budaya Betawi, yang seringkali ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Sosok Ondel-Ondel cukup unik, dan bisa di bilang ia merupakan maskot, dari ibu kota negara Indonesia yakni Jakarta.

Meskipun perkembangan zaman kini telah modern, namun sosok Ondel-Ondel ini seakan tak pernah lekang oleh waktu, setiap warga Jakarta pasti tahu kesenian satu ini. Nampaknya, Ondel-Ondel ialah bentuk representasi dari leluhur atau nenek moyang, yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu daerah tertentu.

Nah selain fakta-fakta tersebut, ternyata ada juga beberapa fakta menarik seputar Ondel-Ondel, yang jarang sekalia kita ketahui. Apa saja ya itu?. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta unik dari kesenian Ondel-Ondel yang sebaiknya kita tahu.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai fakta-fakta menarik apa sajakah yang ada di balik kesenian khaw orang Betawi tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Inilah Empat Fakta Unik Seputar Ondel-Ondel Yang Jarang Diketahui

Baca Juga : Inilah Lima Fakta Unik Seputar Barongsai Yang Jarang Diketahui

- Awalnya Sebutan Untuk Ondel-Ondel Adalah Barongan

Kesenian berupa boneka raksasa, yang sering diarak keliling kampung oleh warga Betawi ini, ternyata awalnya disebut sebagai Barongan. Namun tak ada yang tahu pasti arti dari kata Barongan tersebut. Mungkin saja itu berasal dari kata 'Barengan', yang berarti bareng-bareng atau bersama-sama. Sebutan itu datang dari kalimat ajakan dalam logat Betawi yang berbunyi 'Yok, kita ngarak bareng-bareng'.

- Nama Ondel-Ondel Dipopulerkan Oleh Benyamin Sueb

Almarhum Benyamin Sueb, yang merupakan seorang penyanyi legendaris asal Betawi, menyebut kesenian satu ini dengan sebutan Ondel-ondel, dalam salah satu lagunya yang berjudul 'Ondel-Ondel'. Almarhum tentunya tak bermaksud, untuk mengubah sebutan boneka asal Betawi ini. Namun, pengaruh besar dari sosok seorang Benyamin Sueb ini, membuat sebutan Ondel-Ondel untuk boneka raksasa ini lebih terkenal.

- Bahan Pembuat Ondel-Ondel

Bahan untuk membuat Ondel-Ondel sangatlah sederhana. Biasanya wajah dari Ondel-Ondel terbuat dari kayu, sedangkan kerangka badannya terbuat dari bambu, yang diikat menggunakan kawat beton. Rambutnya sendiri dibuat dari ijuk, sementara untuk penghiasnya terbuat dari kertas minyak atau kertas kado, yang mengandung plastic sehingga tahan air.

Sebenarnya kerangka badan Ondel-Ondel terbuat dari rotan agar kuat. Namun, karena saat ini rotan terbilang cukup mahal, maka digantilah dengan bambu. Dalam sekali tampil, biasanya Ondel-Ondel dibuat satu pasang, yaitu Ondel-Ondel pria dan wanita.

Ondel-Ondel pria ditandai dengan wajah yang berwarna merah, sedangkan Ondel-Ondel wanita memiliki wajah yang berwarna putih, dengan bentuk wajah yang sederhana. Untuk ukuran Ondel-Ondel yang standar, tinggi bisa mencapai tiga meter.

- Ondel-Ondel Dipercaya Sebagai Pengusir Bala

Mitosnya dahulu Ondel-Ondel selalu meminta madat, dalam setiap penampilannya. Namun karena madat atau ganja dilarang, sebagai gantinya Ondel-Ondel diberi rokok lisong, dengan cara ditempelkan di mulutnya.

Selain itu, Ondel-Ondel juga dipercaya dapat digunakan, untuk mengusir bala ataupun roh jahat. Menurut cerita yang berkembang, ada sebuah kampung yang mengalami wabah cacar, namun akhirnya warga kampung tersebut dapat disembuhkan, setelah orang-orang di sana mengarak Ondel-Ondel mengelilingi kampung.

Baca Juga : Lima Fakta Unik Seputar Tukang Cukur Di Indonesia Yang Jarang Diketahui

Itulah ulasan mengenai empat fakta seputar Ondel-Ondel yang sebaiknya kita tahu, sahabat sekalian. Ondel-Ondel merupakan sebuah kesenian yang sangat unik dan perlu untuk dilestarikan, jadi baik kamu merupakan warga Jakarta asli ataupun warga dari luar Jakarta, kita sebagai warga negara Indonesia harus selalu mendukung, pelestarian kesenian Ondel-Ondel ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.apakabardunia.com/2012/03/ondel-ondel-ada-karena-benyamin-s.html

Subscribe to receive free email updates: