Jaga Kesehatan Indera Pendengaranmu Dengan Empat Perkara Berikut




Sahabat Saya Sekalian | Telinga kita merupakan sebuah indera, yang berfungsi untuk mendengar. Setiap harinya, kita mendengarkan bermacam-macam suara menggunakan telinga, namun tidak semua suara dapat kita dengar. Telinga hanya mampu mendengar, suara yang memiliki frekuensi, antara 20-20.000 getaran per detik (Hertz/Hz).

Dan tahukah kamu sahabat, bahwa ternyata ada beberapa perkara, yang dapat berisiko terhadap rusaknya pengdengaran kita. Hal tersebut tidaklah salah, karena ternyata ada beberapa faktor, baik itu yang berasal dari kegiatan kita sehari-hari ataupun lingkungan tertentu, yang dapat berakibat pada rusaknya indera pendengaran kita.

Kemudian timbul pertanyaan, jika begitu hal apa yang perlu kita lakukan, untuk dapat menjaga kesehatan pendengaran kita?. Sehingga risiko rusaknya pendengaran, dapat kita minimalisir atau bahkan kita hindari. 

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa cara yang efektif tuk menjaga kesehatan pendengaran kita. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai cara apa sajakah yang perlu kita lakukan, tuk menjaga pendengaran kita tetap baik?. Berikut ini ulasannya :

Jaga Kesehatan Indera Pendengaranmu Dengan Empat Perkara Berikut

Baca Juga : Berikut Empat Jenis Demensia Yang Sebaiknya Kita Tahu

- Jangan Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Kamu mungkin tidak menyadari hal tersebut, namun faktanya ternyata dengan mendengarkan musik yang terlalu keras, dapat berisiko merusak pendengaran kita secara permanen. Orang kebanyakan memiliki kecenderungan, untuk menaikan volume suara musik yang mereka dengarkan, terutama ketika mereka menggunakan earphone. Dan itu dapat berdampak buruk pada kesehatan pendengaran.

Jadi jika kamu ingin menjaga kesehatan pendengaranmu, sebaiknya kamu selalu menyetel volume suara yang rendah, ketika mendengarkan musik kesukaanmu. Karena jika tidak, bersiaplah untuk menghadapi kenyataan bahwa di usia lima puluhan kelah, kamu sudah mulai kehilangan kemampuan pendengaranmu.

- Mewaspadai Tekanan Darah Tinggi Dan Tinggi Gula Darah

Ditemukan fakta bahwa mereka yang menderita tekanan darah tinggi, tinggi gula darah, kolesterol tinggi, serta kondisi kronis lainnya, memiliki risiko yang cukup tinggi kehilangan kemampuan pendengarannya. Jadi menjaga kondisi-kondisi tersebut di bawah kendali, merupakan salah satu cara paling tepat, guna melindungi indera pendengaran kita.

- Membersihkan Kotoran Telinga

Kotoran telinga dapat menyebabkan kita kehilangan kemampuan mendengar. Apabila, kotoran sudah terlalu menumpuk di dalam telinga kita, maka harus dibersihkan dengan bantuan orang yang ahli. Jangn coba-coba membersihkan telinga, menggunakan benda seperti pensil atau penjepit. Karena hal tersebut, hanya akan meningkatkan risiko pecahnya gendang telinga, yang berakhir pada munculnya beragam kerusakan telinga.

- Menghindari Lingkungan-Lingkungan Yang Bising

Suara-suara yang dihasilkan oleh lingkungan tertentu, juga dapat menjadi penyebab, hilangnya kemampuan pendengaran kita. Bahkan suara dari mixer, pengering rambut, coffe grinder, daln lain sebagainya bila kita dengarkan setiap hari, juga secara perlahan dapat menyebabkan, gangguan pada indera pendengaran kita. Jadi pastikan kamu melindungi telingamu, menggunakan penyumbat telinga, saat menggunakan barang-barang tersebut.

Baca Juga : Bersihkan Telinga Dengan Lima Metode Paling Baik Berikut

Itulah ulasan mengenai empat perkara yang berguna untuk melindungi indera pendengaran kita, sahabat sekalian. Jadi apabila kamu tidak ingin menghadapi masalah pendengaran, baik itu saat ini atau bahkan di hari tua nanti, sebaiknya kamu mengikuti hal-hal yang baru aja kita baha di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: