Inilah Keutamaan-Keutamaan Hari Jum'at Bagi Umat Islam




Sahabat Saya Sekalian | Islam ternyata memiliki hari yang istimewa, dalam deretan tujuh hari dalam satu minggu, yang kita kenal saat ini. Hari tersebut ialah hari Jum’at. Hari Jum’at memang hari yang istimewa bagi kita yang beragama Islam, namun tetap saja kita tidak boleh berlebihan, dalam menanggapi hal tersebut.

Dalam artian, kita tidak boleh mengkhususkan ibadah-ibadah tertentu, semisal puasa tertentu khusus hari Jum’at, atau mengkhususkan bacaan dzikir, do’a, dan surat-surat tertentu pada malam dan hari Jum’at. Terkecuali apabila perkara-perkara tersebut memang sudah disyari’atkan.

Kemudian timbul pertanyaan, memangnya apa sih keutamaan-keutamaan hari Jum'at, bagi umat Islam?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai keutamaan-keutamaan hari Jum'at bagu umat Islam.

Semoga, dengan kita memahami keutamaan-keutamaan dari hari Jum'at tersebut, kita bisa lebih bersemangat untuk memaksimalkan, dalam melaksanakan amalan-amalan yang telah disyari’atkan pada hari itu. Sehingga keutamaan-keutamaan yang telah dijanjikan tersebut, bisa kita raih dengan semaksimal mungkin.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai keutamaan apa saja yang melekat pada hari Jum'at, bagi umat Islam tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Inilah Keutamaan-Keutamaan Hari Jum'at Bagi Umat Islam

Baca Juga : Berikut Enam Tips Tuk Meredam Amarah Sesuai Anjuran Rasulullah

- Hari Terbaik

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : "Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya." (HR. Muslim).

- Terdapat Waktu Yang Mustajab Untuk Berdo'a

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : "Sesungguhnya pada hari Jum'at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu (H. Muttafaqun Alaih)

Setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu, Ibnu Qayyim Al Jauziah mengatakan : "Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah Ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi." (Zadul Ma'ad Jilid I/389-390).

- Sedekah Pada Hari Jum'at Lebih Utama Dibanding Sedekah Pada Hari-Hari Lainnya

Ibnu Qayyim Al Jauzah berkata : "Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya." Hadits dari Ka'ab z menjelaskan : "Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya".(Mauquf Shahih)

- Hari Besar Yang Berulang Setiap Pekan

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : "Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi ummat Islam, maka siapa yang hendak menghadiri shalat Jum'at hendaklah mandi terlebih dahulu." (HR. Ibnu Majah)

- Hari Dihapuskannya Dosa-Dosa

Salman Al Farisi radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : "Siapa yang mandi pada hari Jum'at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum'at." (HR. Bukhari).

- Terjadinya Beberapa Peristiwa Yang Besar 

Terdapat beberapa peristiwa yang terjadi pada hari Jum’at tersebut, Diantaranya ialah :

- Allah SWT menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya pada hari itu.
- Hari dimana Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga.
- Hari dimana Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju dunia.
- Hari dimana terjadinya kiamat.

Baca Juga : Inilah Keutamaan Menyantuni Anak Yatim Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Itulah ulasan mengenai enam keutamaan hari Jum'at bagi umat Islam, sahabat sekalian. Namun seperti yang telah kita katakan di atas, kita tetap tidak boleh berlebihan dalam menanggapi hari tersebut, yang perlu kita lakukan ialah mengamalkan apa-apa yang telah disyari’atkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: