Inilah Lima Manfaat Fidgeting Untuk Kesehatan Yang Sebaiknya Kamu Tahu




Sahabat Saya Sekalian | Tahukah kamu apa itu Fidgeting?. Fidgeting merupakan tindakan bergerak secara tidak sadar, yang diakibatkan oleh kegelisahan, kebosanan, atau kombinasi dari hal-hal tersebut. Fidgeting sering kali dilakukan dengan jari yang melibatkan rambut, barang yang berada disekitarnya, pakaian, ataupun juga melibatkan pergerakan kaki yang berulang kali.

Kegiatan Fidgeting ini, biasanya dianggap oleh banyak orang, sebagai sebuah tidakan yang kurang sopan. Semenjak kita kecil dahulu, seringkali kita diberi tahu untuk tidak melakukan Fidgeting ini, terutama saat berada pada sebuah acara-acara yang dihadiri banyak orang.

Namun gaya hidup di masa modern seperti saat ini, seringkali memaksa diri kita untuk duduk diam dalam waktu yang cukup lama, baik itu di tempat kerja atau bahkan di rumah masing-masing. Gaya hidup seperti ini, justru dapat membuat kita menderita beragam jenis masalah kesehatan, bahkan di usia yang masih terbilang muda.

Dan Fidgeting ternyata dapat menjadi salah satu solusi sederhana dan banyak disukai untuk hal hal tersebut di atas. Meskipun Fidgeting bukanlah alternatif olahraga yang terbilang lengkap, namun sedikit banyak itu dapat memberikan manfaat yang terbilang cukup baik. 

Jadi bisa dibilang ini merupakan berita baik, terutama bagi mereka yang seringkali bergerak kesana-kemari, sekedar menggerakan badannya, tangannya, atau bahkan jarinya di tempat mereka berdiam diri, yang mana hal itulah yang disebut Fidgeting. Karena ternyata perkara tersebut, bukan lagi merupakan sebuah kebiasaan buruk, tetapi telah menjadi sebuah kebiasaan, yang justru dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Kemudian timbul pertanyaan, memangnya dengan melakukan Fidgeting ini, manfaat apa saja yang dapat tubuh kita rasakan?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat kesehatan dari tindakan Fidgeting ini. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :

Inilah Lima Manfaat Fidgeting Untuk Kesehatan Yang Sebaiknya Kamu Tahu

- Fidgeting Membuat Tubuh Kita Lebih Aktif

Rata-rata orang saat ini, menghabiskan sekitar sembilang hingga sepuluh jam sehari, dalam keadaan duduk diam di suatu tempat. Seperti halnya ketika melakukan pekerjaan di kantor. Hal tersebut dapat memperlambat laju metabolisme tubuh kita. 

Dengan melambatnya metabolisme tubuh kita, hal tersebut juga dapat menurunkan kapasitas energi dalam tubuh, karena proses pembakaran lemak menjadi energi dalam tubuh juga melambat, yang akhirnya menyebabkan kegemukan. Dan Fidgeting dapat benar-benar membantu, dalam mengurangi efek samping pada metabolisme tubuh kita, dari tidak aktifnya tubuh dalam beberapa jam tersebut,  

- Fidgeting Dapat Meningkatkan Perhatian Kita Saat Berada Dalam Senuah Pertemuan

Sebuah studi juga telah menemukan, bahwasannya ada hubungan antara Fidgeting, dengan tingkat perhatian yang dimiliki seseorang. Dinyatakan bahwa gerakan-gerakan kecil, yang terlihah tidak penting atau bahkan kurang sopan dalam sebuah pertemuan ini, benar-benar dapat membantu meningkatkan perhatian mereka.

- Fidgeting Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak Untuk Lebih Cepat Menyelesaikan Tugas Yang Monoton

Fidgeting diketahui dapat membangtu otak kita, untuk berfungsi lebih optimal saat bekerja. Hasil dari Fidgeting sendiri, ialah mampu meningkat kemampuan otak kita untuk lebih cepat, dalam menyelesaikan tugas kita di tempat kerja yang monoton.

Fidgeting Diyakini Dapat Menghindarkan Diri Kita Dari Kematian Di Usia Muda

Bahkan kegiatan sederhana seperti peregangan, sering bergeser, sering mengubah posisi duduk, kaki yang gemetar, serta kebiasaan Fidgeting lainnya, diyakini dapat menghindarkan dirimu dari kematian di usia dini atau di usia muda.

- Fidgeting Diketahui Bermanfaat Bagi Anak Yang Menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD

Fidgeting tidak hanya memiliki manfaat bagi orang dewasa, namun juga memiliki manfaat bagi anak yang menderita ADHD. Perilaku hiperaktif seperti halnya Fidgeting ini, dapat memabantu untuk memudahkan mereka menyimpan informasi diotaknya, serta meningkatkan memori kerja mereka. Dan benar saja bahwa anak yang menderita ADHD, cenderung seringkali terlihat melakukan tindakan Fidgeting, ketika mereka mencoba memecahkan persoalan yang diberikan.

Baca Juga : Enam Tips Tak Biasa Untuk Lebih Cepat Membakar Kalori Dalam Tubuh

Itulah ulasan mengenai lima manfaat Fidgeting yang sebaiknya kamu tahu, sahabat sekalian. Jadi bila kamu menemukan seseorang yang sering melakukan Fidgeting, jangan larang mereka untuk melakukannya, bahkan jika bisa kamu pun harus lebih sering melakukannya, terlebih bila kamu meruapakan orang yang sibuk di tempat kerja. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: