Terlalu Sering Mandi Air Panas Buruk Untuk Kulit? Ini Dia Penjelasannya




Sahabat Saya Sekalian | Mandi ialah mencuci tubuh menggunakan air, dengan cara menyiramkan air tersebut ke seluruh tubuh, ataupun merendam tubuh kita baik di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi. Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, dan sel-sel kulit yang sudah mati, yang menempel di tubuh.

Biasanya, kita menggunakan air dingin untuk mandi, namun ketika air terlalu dingin ataupun udara yang terasa dingin, kita juga dapat menggunakan air panas untuk mandi. Air panas yang kita pakai untuk mandi, bisa berasal dari sumber air panas alami, atau juga kita memasaknya terlebih dahulu, yang nantinya kita pakai untuk mandi.

Mandi air panas juga, dipercaya dapat membantu tubuh dan pikiran kita, agar bisa lebih rileks. Namun tahukah kamu, bahwa terlalu sering mandi menggunakan air panas dengan suhu tinggi, justru berbahaya bagi kesehatan kulit kita?. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai alasan utama mengapa mandi air panas dapat membahayakan kulit.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai alasan apakah yang mendasari mandi air panas, dapat membahayakan untuk kulit kita?. Berikut ini ulasannya :

Terlalu Sering Mandi Air Panas Buruk Untuk Kulit? Ini Dia Penjelasannya

Baca Juga : Inilah Enam Perbedaan Manfaat Mandi Air Dingin Dan Air Panas

Seorang dokter spesial kulit bernama Saijal Shah mengatakan, bahwa temperatur air hyang ideal untuk dipakai mandi, adalah di bawah 43 derajat celcius. Dan dilansir dari Womens Health Mag, bahwa air panas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit, yang dapat memicu timbulnya kekeringan, kulit gatal, hingga eksim.

Selain itu, menurut dermatologist yang berbasis di New York ini, mandi menggunakan air panas, juga dapat merusak kesehatan rambut kita. Minyak alami, yang ada pada akar rambut dan juga kulit kepala, akan terus terkikis. Hingga dapat membuat rambut kita menjadi kering. 

Dan bagi kamu yang mengecat rambutmu, terlalu sering mandi menggunakan air panas, juga dapat membuat warna rambutmu tersebut cepat pudar. Sebenarnya, mandi menggunakan air panas merupakan perkara yang baik, terutama untuk sirkulasi darah. Namun hal ini dapat menjadi berbahaya ketika suhu airnya terlalu tinggi atau panas.

Baca Juga : Enam Manfaat Luar Biasa Mandi Malam Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Itulah ulasan mengenai alasan utama sering mandi air panas dengan suhu tinggi berbahaya, sahabat sekalian. Jadi buat kamu yang seringkali mandi menggunakan air panas, ada baiknya memperhatikan suhu air yang kamu gunakan, sehingga mandi air panas tersebut tidak berisiko bagi kulitmu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian. 
loading...

Subscribe to receive free email updates: