Tujuh Tanda Yang Ditunjukan Tubuh Saat Ginjal Kita Berada Dalam Masalah




Sahabat Saya Sekalian | Ginjal sendiri merupakan organ-organ dalam tubuh manusia, yang memiliki bentuk menyerupai kacang. Fungsi utama ginjal sendiri, ialah untuk menyaring sisa-sisa pembuangan yang ada dalam darah, serta menghilangkan racun dari dalam tubuh. Ginjal juga berguna untuk menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh.

Ginjal dapat dikatakan, sebagai salah satu organ dalam tubuh manusia, yang paling penting. Dan saat ginjal berhenti bekerja seperti biasanya, hal tersebut dapat menyebabkan seseorang, menderita beragam masalah kesehatan. 

Kerusakan yang terjadi pada salah satu ginjal kita, dapat berpengaruh besar pada fungsi tubuh kita secara keseluruhan. Apabila kerusakan ginjal ini, dapat kita diagnosa sejak awal, maka penyakit gagal ginjal dapat kita cegah. Namun bagaimana kita melakukannya?.

Ternyata, ada beberapa pertanda tanda dan juga gejala yang ditunjukan oleh tubuh kita, saat ginjal berada dalam bahaya atau berisiko mengalami gagal ginjal. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa pertanda yang menunjukan bahwa ginjal kita berada dalam bahaya.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai tanda serta gejala apa sajakah, yang dapat menunjukan bahwa ginjal kita berada dalam bahaya?. Berikut ini ulasannya :

Tujuh Tanda Yang Ditunjukan Tubuh Saat Ginjal Kita Berada Dalam Masalah

Baca Juga : Lima Masalah Kesehatan Berikut Dapat Menjadi Gejala Penyakit Kanker Ginjal

- Sakit Punggung

Rasa nyeri, terutama yang terjadi di daerah punggung bagian atas, perlu kamu waspadai. Ini merupakan titik, yang merupakan tempat ginjal kita berada. Jadi ketika ginjal kita memiliki masalah, hal tersebut dapat menyebabkan sakit punggung.

- Mudah Kelelahan

Ginjal memiliki tanggung jawab, untuk memproduksi sebuah hormon yang bernama Eritropoietin, yang memiliki fungsi memproduksi sel darah merah. Salah satu fungsi dari sel darah merah sendiri, ialah untuk menyalurkan oksigen, keseluruh tubuh kita. Jadi ketika ginjal kita mengalami kerusakan, dan tak bisa memproduksi hormon Eritropoietin ini, hal tersebut daapt menyebabkan tubuh mudah lelah.

- Sesak Napas

Ketika cairan dan sisa-sisa pembuangan terakumulasi dalam paru-paru, pasokan oksigen keseluruh tubuh pun akan terpengaruh, dan itu semua terjadi akibat gagal ginjal. Perkara ini juga, dapat menyebabkan sesak napas.

- Masalah Dalam Urin

Ketika ginjal kita mengalami masalah, hal tersebut dapat menyebabkan, pengeluaran urin kita pun bermasalah. Selain itu kamu juga harus waspada terhadap warna urin kita. Jika urinmu memiliki warna lebih gelap atau pucat, serta mengeluarkan busa yang cukup banyak, bisa jadi itu merupakan tanda ginjalmu bermasalah.

- Hilangnya Nafsu Makan

Ketika ginjal kita tidak mampu, untuk menyaring sisa-sisa pembuangan dalam tubuhmu, kamu cenderung kehilangan nafsu makan. Selain itu, dapat juga menyebabkan mulutmu terasa tidak enak.

- Kulit Kering Dan Iritasi

Ketika ginjal kita tidak mampu, untuk menyaring cairan dan sisa-sisa pembuangan dalam darah, hal tersebut dapat menyebabkan kulit kering, gatal, serta iritasi. Dan ini dapat menjadi salah satui tanda dari gagal ginjal.

- Pembengkakan Di Tangan Dan Kaki

Karena ginjal tak mampu menyaring cairan dalam tubuh, cairan-cairan tersebut dapat terakumulasi dalam tubuh kita, dan dapat menyebabkan pembengkakan di bagian tangan dan kaki. Namun bisa juga pembengkakan tersebut berjadi di bagian lain dalam tubuh kita.

Baca Juga : Enam Hal Yang Terjadi Pada Tubuhmu Akibat Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama

Itulah ulasan mengenai tujuh tanda dan gejala dari ginjal yang bermasalah, sahabat sekalian. Jadi, apabila kamu mengalami beberapa perkara yang telah kita bahas di atas, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena bisa jadi itu merupakan tanda ginjal yang bermasalah. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: