Inilah Enam Bahasa Yang Diyakini Sebagai Bahasa Tertua Di Dunia




Lorongperihal.id | Sejarah telah mengisahkan tentang berbagai hal di masa lalu, penemuan-penemuan baru yang sangat penting, serta berbagai tempat yang diketahui hilang dari permukaan Bumi. Dan itu pastinya merupakan hal yang menarik, ketika kita mencoba untuk menggali dan mengetahui, seputar fakta-fakta dari sejarah tersebut.

Bahkan mempelajari sesuatu hal yang kecil, semisal tentang bahasa tertua di dunia ini, dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa bahasa yang diyakini sebagai bahasa paling tua di dunia.

Bahasa sendiri dapat diartikan sebagai, kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya, menggunakan tanda semisal kata dan gerakan. Dan bahasa-bahasa yang akan kita bahas kali ini, merupakan bahasa yang telah digunakan sejak zaman dahulu kala, yang hampir tak ada perubahan dalam penggunaannya hingga kini.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai bahasa-bahasa apa sajakah yang termasuk bahasa tertua di dunia?, yang bahkan masih dipakai hingga saat kini. Berikut ini ulasannya :

Inilah Enam Bahasa Yang Diyakini Sebagai Bahasa Tertua Di Dunia- Bahasa Tamil

Awal mula perkembangan bahasa ini, dapat ditelusuri sejak tahun 300 SM, namun awal mula adanya bahasa Tamil ini, diyakini sudah ada sejak tahun 5000 SM atau bahkan sebelumnya. Sekarang ini di seluruh dunia, ada kurang lebih 78 juta orang, yang menggunakan bahasa Tamil ini.Ini merupakan salah satu fakta, yang menunjukan bahwa bahasa Tamil, sebagai bahasa tertua di dunia ini.

- Bahasa Sansekerta

Banyak peneliti yang percaya, bahwa bahasa Sansekerta yang tergabung dalam rumpun bahasa Tamil, dan bahasa ini banyak mempengaruhi bahasa-bahasa di Eropa. Ini merupakan salah satu bahasa klasik di India, yang diketahui berasal dari tahun 3000 SM.

- Bahasa Mesir

Ini merupakan salah satu bahasa tertua di seluruh dunia yang tergabung dalam rumpun Afro-Asia. Bahasa Mesir ini diyakini, merupakan bahasa yang berasal dari tahun 2600-2000 SM. Ada cukup banyak dan beragam sastra dalam bahasa Mesir.

- Bahasa Yunani

Bahasa ini digunakan oleh bangsa Yunani Kuno, dan berasal dari tahun 1500 SM. Bahasa satu ini memiliki banyak dialek, seperti halnya Attic, Ionic, dan juga Doric. Ada berbagai jenis puisi, dari Iliad dan juga Odyssey, yang ditulis menggunakan bahasa satu ini.

- Bahasa Cina

Bahasa Cina diketahui berasal dari tahun 1250 SM. Selama bertahun-tahun lamanya, bahasa satu ini terus terus mengalami perkembangan, dan sekitar 1,2 miliar orang di dunia menggunakannya, sebagai bahasa pertama mereka. Dan bahasa ini termasuk sebagai bahasa tertua di seluruh dunia.

- Bahasa Aram

Bahasa Aram dianggap sebagai salah satu bahasa tertua di dunia, karena diyakini berasal dari tahun 900-700 SM. Itu merupakan bahasa dari kekaisaran Assyrian. Diketahui ada beberapa buku Alkitab, yang ditulis menggunakan bahasa Aram ini. Hal tersebut diamini oleh orang Kristen, Yahudi, dan juga ras etnis Mandean.

Itulah ulasan mengenai enam bahasa yang dianggap paling tua di dunia ini, sahabat sekalian. Unik sekali bukan, mengetahui tentang bahasa-bahasa yang diyakini sebagai bahasa tertua di dunia ini, namun keyakina tersebut didasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan. Tapi kenyataannya siapa yang tahu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: