Tujuh Fakta Menarik Seputar Kleptomania Yang Sebaiknya Kamu Tahu




Sahabat Saya Sekalian | Coba bayangkan ketika kamu pergi kesebuah toko pakaian, kemudian kamu menemukan sebuah pakaian yang sangat indah, akan tetapi harga pakaian itu sangatlah mahal, apa yang akan kamu lakukan?. Apakah kamu akan mencurinya?, tentu saja tidak, bukan begitu?. Namun, orang-orang yang mengidap Kleptomania, mungkin akan melakukannya.

Sebagai manusia pastinya kita memiliki banyak sekali keinginan yang bersifat materialistis, akan tetapi kita harus menyadari bahwa tidak semua hal yang kita ingin dapat kita miliki, sehingga rata-rata orang akan mencoba untuk lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki. Tapi ceritanya akan berbeda, bila terjadi pada orang yang mengidap Kleptomania.

Ketika keinginan untuk memiliki suatu barang, hinggap pada diri orang-orang yang mengidap penyakit mental Kleptomania ini, mereka tidak dapat mengendalikan dorongan untuk memilikinya. Sehingga mereka cenderung akan mencuri barang tersebut, karena ketidak mampuan diri mereka, untuk mengendalikan keinginannya tersebut.

Benar sekali, Kleptomania merupakan sebuah gangguan kontrol impuls, yang terbilang cukup serius. Gangguan ini dapat menyebabkan seseorang, mengalami tekanan emosional yang cukup berat, dan bahkan dapat memiliki konsekuensi hukum, apabila gangguan mental ini tidak ditangani secepat mungkin.

Ada perbedaan diantara pencuri dan mereka yang menderita Kleptomania. Pencuri memiliki kontrol penuh, atas perbuatan yang mereka lakukan, sementara orang-orang yang menderita Kleptomania tidak memiliki kontrol, atas desakan untuk mengambil hal-hal secara ilegal.

Dan ternyata ada beberapa fakta, seputar gangguan kontrol impuls Kleptomania, yang mungkin belum pernah kamu tahu. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta menarik seputar Kleptomania, yang sebainya kamu ketahui.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai fakta-fakta apa sajakah yang ada di balik gangguan mental Kleptomania tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Tujuh Fakta Menarik Seputar Kleptomania Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Baca Juga : Ini Dia Tanda Serta Fakta Mengerikan Dari Penyakit Alzheimer Yang Perlu Diketahui

- Fakta #1

Kleptomania merupakan sebuah gangguan mental, dimana seseorang mengalami dorongan atau desakan kuat, untuk mencuri barang-barang atau bisa dibilang mengutil, tanpa memikirkan konsekuensi yang dapat ia terima.

- Fakta #2

Mereka yang menderita Kleptomania, tetap tidak dapat mengendalikan dorongan atau desakan dalam dirinya untuk mencuri, bahkan meski mereka menyadari bahwa hal itu memiliki konsekuensi yang berbahaya.

- Fakta #3

Fakta lain tentang Kleptomania, ialah bahwa mereka yang menderitanya, sering kali mencuri hal-hal yang bahkan tak mereka perlukan. Hal tersebut mereka lakukan, hanya karena untuk dapat memenuhi, hasrat atau impuls yang muncul sesegera mungkin.

- Fakta #4

Faktor motivasi bagi mereka yang menderita Kleptomania, untuk mencuri barang-barang yang ada disekitarnya, ialah perasaan bahagia yang muncul sesaat setelah mereka mencuri.

- Fakta #5

Menurut sebuah penelitian, lebih banyak kaum wanita yang mengidap Kleptomania, bila dibandingkan dengan kaum pria.

- Fakta #6

Salah satu gejala dari Kleptomania, ialah menderita kecemasan dan ketegangan yang ekstrim, hingga pencurian berhasil dilakukan. Gejala lain yang dari para penderita Kleptomania, ialah perasaan malu, penyesalan, dan self-hate yang teramat sangat, dan telat muncul yakni setelah pencurian dilakukan.

- Fakta #7

Meskipun penyakit Kleptomania ini, tidak dapat disembuhkan secara menyeluruh, namun psikoterapi dapat membantu para penderitanya, untuk menekan desakan untuk mencuri hingga batas tertentu.

Baca Juga : Inilah Fakta-Fakta Seputar Skizofrenia Pada Anak Yang Perlu Orang Tua Tahu

Itulah ulasan mengenai tujuh fakta seputar Kleptomania yang jarang diketahui, sahabat sekalian. Jadi bila kamu seringkali memiliki kecenderungan, untuk mengambil atau mencuri barang yang kamu inginkan, sebaiknya sesegera mungkin kamu berkonsultasi dengan dokter ataupun psikiater. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: