Berikut Enam Fakta Menyeramkan Seputar Fobia Terhadap Kegelapan




Sahabat Saya Sekalian | Sebagai manusia pastinya kita memiliki sejumlah emosi, dan faktanya tidak mungkin ada seorangpun, yang tidak memiliki emosi. Dan emosi ini juga yang membedakan kita dengan spesies hewan. Cinta, rasa nyaman, kesedihan, rasa suka dan tidak suka, nafsu, rasa jijik, rasa takut, dan lain sebagainya, merupakan bentuk emosi paling umum, yang biasanya dirasakan manusia.

Namun ketika berbicara tentang emosi, rasa takut merupakan salah satu bentuk emosi, yang paling sering dialami oleh manusia. Dan berbicara tentang rasa takut, setiap manusia pastilah memiliki rasa takut yang berbeda, serta dalam intensitas yang bervariasi pula. Sesuatu yang ditakuti seseorang, bisa saja justru tidak menakutkan sama sekali bagi orang lain, dan begitupun sebaliknya.

Sebagai contohnya ialah ketika kamu memiliki rasa takut terhadap ketinggian, mungkin kamu akan merasa enggan untuk mengunjungi, tempat-tempat yang terbilang cukup tinggi. Sedangkan teman-temanmu, mungkin tidak akan merasa takut sama sekali, ketika berada di tempat yang tinggi. Dan ketika ketakutan tersebut, bersifat tidak rasional atau bahkan ekstrim, maka itu dapat disebut dengan 'Fobia'.

Fobia biasanya dapat menghambat seseorang dalam menikmati hidupnya, jadi perlu penanganan tertentu untuk mengatasi fobia tersebut. Dan Nyctophobia merupakan salah satu jenis dari fobia, dimana penderitanya memiliki ketakutan yang cukup ekstrim, terhadap tempat yang gelap atau bahkan pada malam hari.

Dan ketika berbicara tentang Nyctophobia, ternyata ada beberapa fakta menarik, seputar fobia satu ini. Fakta menarik seperti apa ya yang dimaksud disini?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta seputar Nyictophobia yang perlu kamu ketahui.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai fakta-fakta seperti apakah yang ada di balik rasa takut terhadap kegelapan tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Berikut Enam Fakta Menyeramkan Seputar Fobia Terhadap Kegelapan

Baca Juga : Berikut Delapan Fakta Unik Seputaran Fobia Terhadap Wanita

- Fakta #1

Nyctophobia merupakan salah satu jenis fobia, dimana penderitanya memiliki rasa takut yang tak rasional, terhadap tempat gelap ataupun pada malam hari. Fobia jenis ini dapat dengan sangat, mempengaruhi kehidupan penderitanya.

- Fakta #2

Nyctophobia merupakan sebuah gangguan psikologis yang serius, dan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang.

- Fakta #3

Otak mereka yang mengidap Nyctophobia, memiliki persepsi yang menyimpang dan selalu membayangkan hal-hal yang buruk, di tempat yang gelap atau bersama dengan datangnya malam hari.

- Fakta #4

Meskipun penyebabnya timbulnya Nyctophobia ini belum diketahui dengan pasti, namun para psikolog sering kali menghubungkan antara Nyctophobia ini, dengan peristiwa bersifat traumatis yang menimpa para penderitanya, tatkala berada di tempat gelap ataupun saat malam hari.

- Fakta #5

Adapun gejala dari Nyctophobia ini, seperti halnya tidak mau berpergiaan di malam hari, tidak mau sendirian di malam hari, mengalami kegelisahan dan sulit tidur di malam hari (dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan), mengalami kepanikan saat malam tiba atau saat berada di tempat yang gelap, dan gejala lainnya.

- Fakta #6

Nyctophobia tidak boleh dianggap remeh, dan upaya penyembuhan yang cepat dan tepat, harus sesegera mungkin dilakukan.

Baca Juga : Inilah Enam Jenis Fobia Yang Terbilang Cukup Lucu

Itulah ulasan mengenai enam fakta seputar Nyctophobia yang mungkin belum kamu tahu, sahabat sekalian. Nah setelah kamu mengetahui fakta-fakta tersebut, bila temanmu ataupun dirimu memiliki ketakutan yang ekstrim terhadap gelap, jangan remehkan hal tersebut dan pastikan bahwa dirimu atau temanmu berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: