Inilah Enam Faktor Yang Dapat Menyebabkan Rambutmu Beruban




Sahabat Saya Sekalian | Saat ini, uban atau rambut berwarna abu-abu ataupun putih, menjadi pemandangan yang umum kita jumpai. Tidak ada batasan usia bagi seseorang, untuk memiliki rambut beruban, usia berapapun dapat memiliki uban. Dan kini uban menjadi suatu hal yang umum, karena berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Oleh karena itulah, kita perlu untuk lebih memahami tentang fakta-fakta, di balik rambut beruban ini. Ada sebagian orang di dunia ini yang justru senang memiliki rambut uban, namun tidak sedikit pula yang merasa khawatir akan rambut tersebut, karena itu merupakan salah satu tanda bahwa dirinya sudah mulai menua.

Untuk menutupi rambut ubannya, kebanyakan dari kita mencoba menggunakan segala trik, yang memungkinkan untuk menyamarkannya. Seperti halnya menggunakan cat rambut, atau produk buatan lainnya. Namun bisa jadi produk-produk tersebut, justru dapat menyebabkan kerusakan rambut, yang lebih parah lagi.

Namun, tahukah kamu bahwa rambut uban ini, tidak hanya dapat disebabkan oleh penuaan saja?. Karena ternyata ada beberapa faktor lain, yang dapat menjadi penyebab rambut kita beruban. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa faktor penyebab munculnya rambut uban.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai apa sajakah faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab, munculnya rambut uban tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Inilah Enam Faktor Yang Dapat Menyebabkan Rambutmu Beruban

Baca Juga : Jangan Menikah Dengan Pria Tanpa Persetujuan Orang Tuanya, Ini Alasannya

- Faktor Penuaan

Sama halnya seperti perubahan yang terjadi pada kulit, rambut kita juga mulai mengalami perubahan tekstur, saat kita semakin beranjak tua. Umumnya, kita akan mulai memiliki rambut uban ini, di usai yang menginjak 45 hingga 50 tahun. Dan ini merupakan salah satu fakta tentang rambut uban.

- Faktor Stres

Stres juga dapat memainkan peran dalam pertumbuhan uban. Penelitian telah mengungkapkan fakta, bahwa selama kamu mengalami stres dan sakit, rambut dan juga kulitmu sangatlah terpengaruh dengan itu. Biasanya ketika kamu mengalami stres, kamu juga akan mengalami rambut rontok. Oleh sebab itulah, ada baiknya kamu berusaha, untuk menghindari stres.

- Faktor Ras

Penelitian telah mengungkapkan, bahwa ras juga dapat memainkan peran penting, dalam timbuhnya rambut uban ini. Orang Kaukasia cenderung memiliki rambut uban, pada usia yang lebih muda atau usia dini, bila dibandingkan dengan orang Asia dan Afrika.

- Faktor Rokok

Merokok berhubungan erat dengan rambut beruban di usia dini. Ini merupakan salah satu penyebab utama, dari rambut beruban di usia relatif muda. Dan untuk mengatasi atau menundanya, ialah dengan berhenti merokok.

- Perubahan Warna Rambut Karena Masalah

Penelitian telah mengungkapkan, bahwa rambut beruban juga dapat terjadi, akibat adanya penumpukan Hidrogen Peroksida pada rambut. Hal tersebut menyebabkan rambutmu pun beruban. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu memastikan bahwa rambutmu, ternutrisi dengan sangat baik.

- Mencabut Uban Dapat Memicu Pertumbuhan Uban Lainnya

Ini merupakan mitos belaka, bahwa mencabut sehelai rambut beruban, akan memicu pertumbuhan uban lainnya. Hanya saja, hal tersebut dapat menyebabkan kulit kepala menjadi rusak, dan pertumbuhan rambut pun akan terhenti.

Baca Juga : Enam Fakta Seputar Depresi Pada Orang Tua Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Itulah ulasan mengenai beberapa faktor yang menyebabkan rambut kita beruban, sahabat sekalian. Jadi buat kamu yang masih muda namun sudah beruban, tidak perlu merasa heran akan hal tersebut, karena pastinya ada penjelasan tentang ini. Yang perlu kamu lakukan ialah mencari penyebabnya, kemudian temukan solusi yang tepat untuk masalahmu itu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: